Lewati ke konten utama

Pan­duan Prak­tik Kli­nis

Ter­wu­jud­nya kon­disi ke­se­hatan ma­sya­ra­kat yang baik ada­lah tu­gas dan tang­gung ja­wab dari ne­gara se­ba­gai ben­tuk ama­nah Undang-​Undang Da­sar Ne­gara Re­pub­lik In­do­ne­sia Ta­hun 1945. Da­lam pe­lak­sa­na­an­nya ne­gara ber­ke­wa­jiban men­jaga mutu pe­la­yanan ke­se­hatan ter­ha­dap ma­sya­ra­kat. Mutu pe­la­yanan ke­se­hatan sa­ngat di­ten­tukan oleh fa­si­li­tas ke­se­hatan serta te­naga ke­se­hatan yang ber­ku­a­li­tas. Un­tuk me­wu­jud­kan te­naga ke­se­hatan yang ber­ku­a­li­tas, ne­gara sa­ngat mem­bu­tuh­kan pe­ran or­ga­ni­sasi pro­fesi te­naga ke­se­hatan yang me­mi­liki pe­ran men­jaga kom­pe­tensi ang­go­ta­nya.

Bagi te­naga ke­se­hatan dok­ter, Ikatan Dok­ter In­do­ne­sia yang men­da­pat ama­nah un­tuk me­nyu­sun stan­dar pro­fesi bagi se­lu­ruh ang­go­ta­nya, di­mu­lai dari stan­dar etik (Kode Etik Ke­dok­teran In­do­ne­sia– KO­DEKI), stan­dar kom­pe­tensi yang me­ru­pa­kan stan­dar mi­ni­mal yang ha­rus di­ku­a­sasi oleh se­tiap dok­ter ke­tika se­le­sai me­nem­puh pen­di­dikan ke­dok­teran, ke­mu­dian di­su­sul oleh Stan­dar Pe­la­yanan Ke­dok­teran yang ha­rus di­ku­a­sai ke­tika ber­ada di lo­kasi pe­la­yan­an­nya, ter­diri atas Pe­do­man Na­si­o­nal Pe­la­yanan Ke­dok­teran dan Stan­dar Pro­se­dur Ope­ra­si­o­nal.

Stan­dar Pe­la­yanan Ke­dok­teran me­ru­pa­kan im­ple­men­tasi da­lam prak­tek yang meng­acu pada Stan­dar Kom­pe­tensi Dok­ter In­do­ne­sia (SKDI) yang te­lah di­a­tur da­lam Per­a­turan Kon­sil Ke­dok­teran In­do­ne­sia No­mor 11 Ta­hun 2012 ten­tang Stan­dar Kom­pe­tensi Dok­ter In­do­ne­sia.

Da­lam rangka pen­ja­minan mutu pe­la­yanan, dok­ter wa­jib meng­i­kuti ke­gi­atan Pen­di­dikan Pe­ngem­bangan Ke­p­ro­fe­sian Ber­ke­lan­jutan (P2KB) da­lam na­ungan IDI.

Tu­juan

De­ngan meng­gu­na­kan pan­duan ini di­ha­rap­kan, dok­ter di fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan ting­kat per­tama da­pat:

  1. me­wu­jud­kan pe­la­yanan ke­dok­teran yang sa­dar mutu sa­dar bi­aya yang di­bu­tuh­kan oleh ma­sya­ra­kat.

  2. me­mi­liki pe­do­man baku mi­ni­mum de­ngan meng­u­ta­ma­kan upaya mak­si­mal se­suai kom­pe­tensi dan fa­si­li­tas yang ada.

  3. me­mi­liki to­lok ukur da­lam me­lak­sa­na­kan ja­minan mutu pe­la­yanan.

Sa­saran

Sa­saran buku Pan­duan Prak­tik Kli­nis Dok­ter di Fa­si­li­tas Pe­la­yanan Ke­se­hatan Ting­kat Per­tama ini ada­lah se­lu­ruh dok­ter yang mem­be­ri­kan pe­la­yanan di fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan ting­kat per­tama. Fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan ti­dak ter­ba­tas pada fa­si­li­tas mi­lik pe­me­rin­tah, te­tapi juga fa­si­li­tas pe­la­yanan swasta.

Ru­ang Ling­kup

PPK ini me­li­puti pe­do­man pe­na­ta­lak­sa­naan ter­ha­dap pe­nya­kit yang di­jum­pai di la­yanan ting­kat per­tama. Je­nis pe­nya­kit meng­acu pada Per­a­turan Kon­sil Ke­dok­teran In­do­ne­sia No­mor 11 Ta­hun 2012 ten­tang Stan­dar Kom­pe­tensi Dok­ter In­do­ne­sia. Pe­nya­kit da­lam Pe­do­man ini ada­lah pe­nya­kit de­ngan ting­kat ke­mam­puan dok­ter 4A, 3B dan 3A ter­pi­lih, di­mana dok­ter di­ha­rap­kan mampu men­di­ag­no­sis, mem­be­ri­kan pe­na­ta­lak­sa­naan dan ru­jukan yang se­suai. Be­be­rapa pe­nya­kit yang me­ru­pa­kan ke­mam­puan 2, di­ma­suk­kan da­lam pe­do­man ini de­ngan per­tim­bangan pre­va­len­si­nya yang cu­kup tinggi di In­do­ne­sia.

Pe­mi­lihan pe­nya­kit pada PPK ini ber­da­sar­kan kri­te­ria:

  1. Pe­nya­kit yang pre­va­len­si­nya cu­kup tinggi.

  2. Pe­nya­kit de­ngan ri­siko tinggi.

  3. Pe­nya­kit yang mem­bu­tuh­kan pem­bi­a­yaan tinggi.

Da­lam pe­ne­rapan PPK ini, di­ha­rap­kan pe­ran serta ak­tif se­lu­ruh pe­mangku ke­bi­jakan ke­se­hatan un­tuk mem­bina dan meng­a­wasi pe­ne­rapan stan­dar pe­la­yanan yang baik guna me­wu­jud­kan mutu pe­la­yanan yang ter­baik bagi ma­sya­ra­kat. Ada­pun sta­ke­h­ol­der ke­se­hatan yang ber­pe­ran da­lam pe­ne­rapan stan­dar pe­la­yanan ini ada­lah:

  1. Ke­men­te­rian Ke­se­hatan, se­ba­gai re­gu­la­tor di sek­tor ke­se­hatan. Me­nge­lu­ar­kan ke­bi­jakan na­si­o­nal dan per­a­turan ter­kait guna men­du­kung pe­ne­rapan pe­la­yanan se­suai stan­dar. Se­lain dari itu, de­ngan upaya pe­me­ra­taan fa­si­li­tas dan ku­a­li­tas pe­la­yanan di­ha­rap­kan stan­dar ini da­pat di­te­rap­kan di se­lu­ruh In­do­ne­sia.

  2. Ikatan Dok­ter In­do­ne­sia, se­ba­gai satu-​satunya or­ga­ni­sasi pro­fesi dok­ter. Ter­ma­suk di da­lam­nya pe­ranan IDI Ca­bang dan IDI Wi­la­yah, serta per­him­punan dok­ter la­yanan pri­mer dan spe­si­a­lis ter­kait. Pem­bi­naan dan peng­a­wasan da­lam as­pek pro­fesi ter­ma­suk di da­lam­nya stan­dar etik men­jadi ujung tom­bak pe­ne­rapan stan­dar yang ter­baik.

  3. Di­nas Ke­se­hatan ting­kat pro­vinsi ma­u­pun ka­bu­pa­ten/kota, se­ba­gai pe­nang­gung­ja­wab urusan ke­se­hatan pada ting­kat da­e­rah.

  4. Or­ga­ni­sasi pro­fesi ke­se­hatan la­in­nya se­perti Per­sa­tuan Dok­ter Gigi In­do­ne­sia (PDGI), Per­sa­tuan Pe­ra­wat Na­si­o­nal In­do­ne­sia (PPNI), Ikatan Bi­dan In­do­ne­sia (IBI), Ikatan Apo­te­ker In­do­ne­sia (IAI), Ikatan Ahli Ke­se­hatan Ma­sya­ra­kat In­do­ne­sia (IAKMI) serta or­ga­ni­sasi pro­fesi ke­se­hatan la­in­nya. Ke­ber­a­daan te­naga ke­se­hatan lain sa­ngat men­du­kung ter­wu­jud­nya pe­la­yanan ke­se­hatan ter­padu.

  5. Si­nergi se­lu­ruh pe­mangku ke­bi­jakan ke­se­hatan men­jadi kunci ke­ber­ha­silan pe­ne­rapan stan­dar pe­la­yanan me­dik dok­ter di fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan ting­kat per­tama.