Lewati ke konten utama

Psi­ki­atri

  1. Anam­ne­sis Psi­ki­atri Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A Tu­juan

a. Mem­per­o­leh in­for­masi me­nge­nai kon­disi dan ri­wa­yat psi­ki­at­rik pa­sien me­la­lui wa­wan­cara lang­sung de­ngan pa­sien ma­u­pun de­ngan ke­lu­arga atau orang-​orang yang me­nge­nal­nya.

b. Meng­i­den­ti­fi­kasi psi­ko­pa­to­lo­gis mu­lai dari pe­nam­pilan umum, emosi-​afek, pi­kiran ide­asi dan motorik-​perilaku.

Alat dan Ba­han: -

Pro­ses Wa­wan­cara

a. Sapa dan ta­nya­kan nama pa­sien

b. Per­ke­nal­kan diri, je­las­kan tu­juan sesi, me­minta per­se­tu­juan pa­sien bila di­per­lu­kan

c. Ta­nya­kan iden­ti­tas pa­sien la­in­nya be­rupa ala­mat, umur, je­nis ke­la­min, sta­tus per­ka­winan, pen­di­dikan, pe­ker­jaan, ba­hasa, suku bangsa dan agama. Perlu di­ta­nya­kan pula apa­kah pa­sien da­tang sen­diri, di­bawa oleh ang­gota ke­lu­arga atau di­kon­sul­kan oleh se­ja­wat.

d. Mem­bina ra­p­port dan me­nun­jukan pe­ri­laku em­pa­tik me­la­lui me­mer­ta­han­kan kon­tak, me­ni­lai emosi pa­sien, dan men­de­ngar ak­tif.

e. Ta­nya­kan ke­luhan utama dan iden­ti­fi­kasi ma­sa­lah pa­sien de­ngan ka­li­mat ter­buka. Ada pa­sien yang ti­dak me­ra­sa­kan ada ma­sa­lah atau meng­aku ti­dak ada ke­luhan apa­pun, na­mun ke­luhan da­tang dari ke­lu­arga atau orang yang me­nge­nal­nya ka­rena kha­wa­tir ten­tang pe­ri­laku pa­sien.

f. Ada pula pa­sien yang ti­dak ber­bi­cara, se­hingga perlu di­ca­tat des­kripsi kon­disi pa­sien saat wa­wan­cara.

g. Apa­bila pa­sien ko­o­pe­ra­tif, de­ngar­kan de­ngan pe­nuh per­ha­tian apa yang di­ka­ta­kan pa­sien tanpa me­mo­tong atau meng­a­rah­kan ja­waban pa­sien, se­te­lah itu baru di­a­tur dan di­leng­kapi kro­no­logi ke­ja­dian de­ngan pertanyaan-​pertanyaan ter­tu­tup. Umum­nya prog­no­sis le­bih baik pada ke­la­inan akut dan dra­ma­tis, ber­hu­bungan erat de­ngan ke­ja­dian nyata da­ri­pada ke­la­inan yang perlahan-​lahan atau awal­nya ti­dak di­ke­ta­hui, ti­dak ber­ka­itan de­ngan ke­ja­dian di ling­kung­an­nya.

h. Gali ri­wa­yat pe­nya­kit pa­sien se­ka­rang di­leng­kapi de­ngan fak­tor pre­si­pi­tasi/pen­ce­tus; per­kem­bangan ge­jala, ter­ma­suk ge­jala yang ti­dak ada; per­u­bahan pe­ri­laku yang ter­jadi dan dam­pak­nya bagi ke­hi­dupan pa­sien se­ka­rang; ke­ter­ka­itan ge­jala psi­ko­lo­gis de­ngan ge­jala fi­sik; dan la­tar be­la­kang ke­pri­ba­dian.

i. Ta­nya­kan ke­pada pa­sien me­nge­nai ke­ja­dian yang per­nah di­a­la­mi­nya dari in­ter­nal ma­u­pun eks­ter­nal di­ri­nya, dan ba­gai­mana re­aksi ter­ha­dap­nya se­hingga ter­da­pat gam­baran ke­se­lu­ruhan karak­ter ke­hi­dupan dan ke­pri­ba­dian pa­sien serta be­nih psi­ko­pa­to­logi pa­sien. Ri­wa­yat gang­guan se­be­lum­nya ini ter­diri dari:

  1. Ri­wa­yat psi­ki­at­rik: epi­sode ge­jala se­be­lum­nya, fak­tor pre­si­pi­tasi, de­ra­jat dis­fungsi, te­rapi, lama gang­guan, dan ke­pa­tuhan ter­ha­dap te­rapi.

  2. Ri­wa­yat gang­guan me­dik: pe­nya­kit kli­nis, be­dah, trauma, neu­ro­lo­gis, HIV, si­fi­lis, dan psi­ko­so­ma­tis.

  3. Ri­wa­yat peng­gu­naan zat: zat sti­mu­lan, al­ko­hol, mor­fin, dst.

j. Ta­nya­kan ri­wa­yat hi­dup pa­sien mu­lai dari pre dan pe­ri­na­tal hingga si­tu­asi ke­hi­dup­an­nya saat ini. Hal yang pen­ting di­ke­ta­hui dari se­tiap epi­sode ke­hi­dup­an­nya ya­itu:

  1. Pre­na­tal dan pe­ri­na­tal: data yang pen­ting an­tara lain ada­lah apa­kah ke­ha­milan di­ren­ca­na­kan/di­i­ngin­kan atau ti­dak, ba­gai­mana pro­ses ke­ha­milan, ada­kah ce­dera la­hir, ba­gai­mana kon­disi ibu saat me­la­hir­kan dan ri­wa­yat peng­gu­naan obat

  2. Masa ka­nak awal (0-3 ta­hun): ba­gai­mana ku­a­li­tas in­ter­aksi ibu dan anak (ter­ma­suk toi­let tra­i­ning), apa­kah ada ma­sa­lah per­tum­buhan dan per­kem­bangan anak, ba­gai­mana si­fat masa ka­nak, ba­gai­mana pola ber­main anak de­ngan anak lain, pola ma­kan dan gang­guan ting­kah laku.

  3. Masa per­te­ngahan (3-7 ta­hun): iden­ti­fi­kasi gen­der, hu­kuman, di­sip­lin, ma­suk se­ko­lah, per­te­manan, pe­ra­saan saat ber­pi­sah de­ngan ibu, pa­sif atau ak­tif, pe­ri­laku so­sial, in­te­lek­tual dan se­te­rus­nya.

  4. Masa ka­nak akhir dan re­maja: si­apa to­koh idola, pe­ni­laian ke­lom­pok  so­sial  dan  di­ri­nya  sen­diri,  mi­nat  ter­ha­dap

ak­ti­vi­tas se­ko­lah dan luar se­ko­lah, hu­bungan de­ngan te­man, guru dan orang tua, ba­gai­mana pe­nge­ta­huan dan si­kap­nya ter­ha­dap sek­su­a­li­tas, dan se­te­rus­nya.

  1. Masa de­wasa: ba­gai­mana ri­wa­yat pe­ker­jaan (je­nis pe­ker­jaan, kon­flik dan si­kap da­lam be­kerja, dan se­te­rus­nya), ri­wa­yat per­ka­winan (la­ma­nya, kon­flik, ma­sa­lah, dan se­te­rus­nya), agama (pen­di­dikan, si­kap dan pe­ni­lai­an­nya ter­ha­dap agama), ri­wa­yat mi­li­ter (jika ada), ak­ti­vi­tas so­sial (hu­bungan de­ngan ling­kungan dan si­kap meng­ha­dapi­nya), si­tu­asi ke­hi­dupan saat ini (kon­disi ke­lu­arga, te­tangga, sum­ber ke­u­angan, bi­aya pe­ra­watan, dan se­te­rus­nya), ri­wa­yat hu­kum (per­nah atau ti­dak me­la­ku­kan pe­lang­garan hu­kum), ri­wa­yat psi­ko­sek­sual (pe­nge­ta­huan dan si­kap ten­tang seks), ri­wa­yat ke­lu­arga (ke­tu­runan atau ke­ja­dian pe­nya­kit jiwa pada ke­lu­arga, dan pe­nya­kit fi­sik serta si­kap ke­lu­arga meng­ha­dapi­nya), dan ter­a­khir ta­nya­kan pula me­nge­nai mimpi, fan­tasi dan nilai-​ ni­lai.

k. Amati res­pon dan ko­mu­ni­kasi pa­sien se­cara ver­bal ma­u­pun non-​verbal (mis: ba­hasa tu­buh, ucapan, eks­presi wa­jah) dan sen­si­tif ter­ha­dap per­u­bahan res­pon pa­sien.

l. Kla­ri­fi­kasi per­nya­taan pa­sien bila ku­rang je­las atau me­minta pen­je­lasan le­bih lan­jut (mis: ”bisa je­las­kan apa yang di­mak­sud de­ngan ke­pala te­rasa me­la­yang?”).

m. La­ku­kan rang­kuman be­be­rapa kali pada akhir satu ba­gian kon­sul­tasi un­tuk me­mas­ti­kan bahwa peng­er­tian dok­ter sama de­ngan pa­sien se­be­lum pin­dah ke ba­gian ber­i­kut­nya; me­minta pa­sien me­ngo­reksi bila ada in­ter­pre­tasi yang ku­rang te­pat, atau me­minta pa­sien mem­be­ri­kan pen­je­lasan le­bih lan­jut.

n. La­ku­kan pro­ses mem­baca, men­ca­tat atau meng­gu­na­kan kom­pu­ter, na­mun di­ya­kin­kan un­tuk ti­dak meng­ganggu ja­lan­nya sesi.

o. La­ku­kan pe­me­rik­saan fi­sik de­ngan pen­je­las­kan pro­ses dan me­minta izin. Ber­i­kan per­ha­tian khu­sus ter­ha­dap hal-​hal sen­si­tif yang da­pat mem­buat pa­sien me­rasa malu atau me­nya­kit­kan pa­sien. Je­las­kan alasan per­ta­nyaan atau pe­me­rik­saan fi­sik yang mung­kin di­rasa ti­dak ma­suk akal.

p. Rang­kum sesi se­cara sing­kat dan kla­ri­fi­kasi ren­cana pe­na­ta­lak­sa­naan. Cek ter­a­khir kali apa­kah pa­sien se­tuju dan me­rasa nya­man de­ngan ren­cana yang te­lah di­su­sun, ta­nya­kan apa­kah ma­sih ada per­ta­nyaan atau hal-​hal lain yang ma­sih perlu di­dis­ku­si­kan. (Mis: ”ada per­ta­nyaan lagi atau ma­sih ada hal yang ingin di­dis­ku­si­kan?”).

q. La­ku­kan wa­wan­cara ter­ha­dap ke­lu­arga atau ke­ra­bat de­kat un­tuk me­leng­kapi dan meng­kon­fir­masi ma­sa­lah pa­sien, serta meng­in­for­ma­si­kan pe­ran ke­lu­arga atau ke­ra­bat ter­se­but da­lam pro­ses tata lak­sana pa­sien.

Re­fe­rensi

a. Re­da­yani L.S.P. 2013, Wa­wan­cara dan Pe­me­rik­saan Fi­sik da­lam Buku Ajar Psi­ki­atri , 2nd edn. Fa­kul­tas Ke­dok­teran Uni­ver­si­tas In­do­ne­sia, Ja­karta, hh. 47-54.

b. Sa­dock, B.J. & Sa­dock, V.A. 2007, Kap­lan & Sa­dock’s Sy­nop­sis of Psy­c­hi­atry: Be­ha­vi­o­ral Sci­en­ces/Cli­ni­cal Psy­c­hi­atry. 10th edn. Lip­pin­cott Wil­li­ams & Wil­kins. Phi­la­delp­hia.

  1. Pe­ni­laian Sta­tus Men­tal Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan: Me­la­ku­kan pe­ni­laian sta­tus men­tal Alat dan Ba­han: -

Tek­nik pe­me­rik­saan

a. Je­las­kan ke­pada pa­sien je­nis dan pro­se­dur pe­me­rik­saan yang di­la­ku­kan.

b. Minta pa­sien du­duk di kursi pe­riksa.

c. Me­la­ku­kan pe­ni­laian sta­tus men­tal.

Pe­nam­pilan dan ting­kah laku

a. Ni­lai ting­kat ke­sa­daran pa­sien

  1. Pe­me­riksa me­ni­lai apa­kah pa­sien ba­ngun dan da­lam ke­a­daan sa­dar se­pe­nuh­nya.

  2. Ni­lai apa­kah pa­sien da­pat meng­erti per­ta­nyaan yang di­a­ju­kan oleh pe­me­iksa dan da­pat me­res­pons de­ngan ce­pat dan te­pat.

  3. Ni­lai ada­nya ke­cen­de­rungan pa­sien ber­bi­cara ke­luar dari to­pik, tiba-​tiba diam atau bah­kan ter­ti­dur di te­ngah pem­bi­ca­raan.

  4. Bila pa­sien ti­dak me­res­pons per­ta­nyaan pe­me­riksa, coba ber­i­kan sti­mu­lus be­rupa: bi­cara de­ngan su­ara yang le­bih ke­ras atau me­mang­gil nama pa­sien, atau meng­gun­cang pa­sien de­ngan lem­but un­tuk mem­ba­ngun­kan­nya.

  5. Ni­lai ting­kat ke­sa­dar­an­nya.

b. Per­ha­ti­kan pos­tur dan si­kap mo­to­rik

  1. Ni­lai apa­kah pa­sien ber­ba­ring di tem­pat ti­dur atau me­mi­lih berjalan-​jalan.

  2. Ni­lai pos­tur tu­buh pa­sien dan ke­mam­puan pa­sien un­tuk ber­si­kap san­tai.

  3. Ob­ser­vasi pace, ra­nge dan karak­ter per­ge­rakan pa­sien.

  4. Ni­lai apa­kah pa­sien ber­ge­rak atas ke­ma­u­an­nya.

  5. Ni­lai ada­kah ba­gian tu­buh pa­sien yang ti­dak da­pat di­ge­rak­kan.

  6. Ni­lai apa­kah pos­tur dan ak­ti­vi­tas mo­to­rik pa­sien ber­u­bah se­suai de­ngan to­pik pem­bi­ca­raan atau se­suai ak­ti­vi­tas orang-​orang di se­ki­tar­nya.

c. Ni­lai cara ber­pa­kaian, pe­nam­pilan dan ke­ber­sihan diri

  1. Ni­lai ba­gai­mana cara ber­pa­kaian pa­sien. Apa­kah pa­kaian yang di­ke­na­kan ber­sih dan di­gu­na­kan de­ngan be­nar. Ban­ding­kan cara ber­pa­kaian pa­sien de­ngan orang-​orang se­ba­ya­nya dan ke­lom­pok so­si­a­l­nya.

  2. Ni­lai ram­but, kuku, gigi, ku­lit pa­sien dan jeng­got jika ada. Ba­gai­mana pe­nam­pilan­nya dan ban­ding­kan de­ngan pe­ra­watan diri dan ke­ber­sihan orang-​orang se­baya pa­sien dan ke­lom­pok so­si­a­l­nya.

d. Per­ha­ti­kan eks­presi wa­jah

  1. Ni­lai eks­presi wa­jah pa­sien saat is­ti­ra­hat dan saat ber­in­ter­aksi de­ngan orang lain.

  2. Per­ha­ti­kan va­ri­asi eks­presi wa­jah pa­sien se­suai to­pik dis­kusi.

  3. Ni­lai apa­kah se­suai atau cen­de­rung berubah-​ubah.

e. Ni­lai si­kap, afek dan hu­bungan pa­sien de­ngan orang lain atau se­su­atu

  1. Ni­lai afek pa­sien me­la­lui eks­presi wa­jah, su­ara dan ge­rakan tu­buh pa­sien.

  2. Ni­lai apa­kah nor­mal, ter­ba­tas, tum­pul atau da­tar.

  3. Ni­lai apa­kah ti­dak se­suai atau ter­li­hat ber­le­bihan pada to­pik ter­tentu. Bila ya, des­krip­si­kan.

  4. Per­ha­ti­kan ke­ter­bu­kaan pa­sien, pen­de­katan dan re­aksi ter­ha­dap orang lain atau ter­ha­dap ling­kungan.

  5. Ni­lai apa­kah pa­sien tam­pak men­de­ngar atau me­li­hat hal- hal yang ti­dak di­la­ku­kan pe­me­riksa atau pa­sien ter­li­hat se­perti ber­bi­cara de­ngan se­se­o­rang yang ti­dak ada.

Pem­bi­ca­raan dan ba­hasa

Li­hat ma­teri pe­ni­laian fungsi lu­hur Mood

a. Ni­lai su­a­sana hati pa­sien se­lama wa­wan­cara de­ngan meng­ek­splo­rasi per­sepsi pa­sien akan hal ter­se­but. Cari tahu me­nge­nai su­a­sana hati pa­sien sehari-​hari dan va­ri­a­si­nya saat ter­jadi su­atu pe­ris­tiwa.

b. Pe­me­riksa da­pat me­na­nya­kan, “Ba­gai­mana pe­ra­saan anda hari ini?” atau, “Ba­gai­mana pe­ra­saan anda me­nge­nai hal ter­se­but?”.

c. Ni­lai ba­gai­mana su­a­sana hati pa­sien, se­be­rapa se­ring pa­sien me­ra­sa­kan pe­ra­saan itu, apa­kah su­a­sana hati pa­sien se­ring berubah-​ubah, dan apa­kah su­a­sana hati ter­se­but se­suai de­ngan ke­a­daan yang se­dang di­a­lami pa­sien.

d. Ni­lai  juga  da­lam  ka­sus  dep­resi,  ada­kah  epi­sode  saat  mood

pa­sien me­ning­kat, yang me­nun­juk­kan ada­nya ge­jala bi­po­lar.

e. Pada pa­sien yang di­cu­ri­gai meng­a­lami dep­resi, ni­lai ke­da­laman­nya dan ada­kah ri­siko bu­nuh diri.

Pi­kiran dan per­sepsi

a. Pro­ses pi­kir

Ni­lai lo­gika, re­le­vansi, or­ga­ni­sasi, dan ko­he­rensi pro­ses ber­pi­kir pa­sien yang ter­ung­kap da­lam kata-​kata dan pem­bi­ca­raan se­pan­jang wa­wan­cara. Apa­kah pem­bi­ca­raan pa­sien lo­gis dan ber­tu­juan? Di sini pe­me­riksa me­ni­lai cara ber­bi­cara pa­sien un­tuk me­li­hat ke da­lam pi­kiran pa­sien. De­ngar­kan pola pem­bi­ca­raan yang me­nun­juk­kan gang­guan pro­ses ber­pi­kir.

b. Isi pi­kir

Pas­ti­kan bahwa in­for­masi yang di­da­pat­kan se­suai de­ngan isi pi­kir pa­sien se­lama wa­wan­cara. Pe­me­riksa da­pat ber­ta­nya meng­i­kuti pem­bi­ca­raan pa­sien:“Anda me­nye­but­kan be­be­rapa saat yang lalu bahwa se­o­rang te­tangga anda ber­tang­gung ja­wab atas se­mua pe­nya­kit anda, bi­sa­kah anda ce­ri­ta­kan le­bih lan­jut me­nge­nai hal itu?”

Pe­me­riksa mung­kin perlu mem­buat per­ta­nyaan yang le­bih spe­si­fik, maka arah­kan pa­sien de­ngan bi­jak­sana dan de­ngan hal-​hal yang da­pat di­te­rima pa­sien:

“... hal-​hal tam­pak­nya ti­dak nyata. Per­nah­kah anda meng­a­lami

hal se­perti ini?”

c. Per­sepsi

Kla­ri­fi­kasi per­sepsi pa­sien yang sa­lah de­ngan meng­gu­na­kan cara yang sama se­perti saat ber­ta­nya me­nge­nai isi pi­kir pa­sien: “Apa­kah anda per­nah me­li­hat hal-​hal yang ti­dak benar-​benar ada?”

d. Ni­lai ti­likan (in­sight) dan ke­mam­puan me­ni­lai re­a­li­tas (ju­dge­ment)

  1. Ti­likan

Ta­nya­kan ke­pada pa­sien un­tuk men­da­pat­kan in­for­masi me­nge­nai ti­likan pa­sien, se­perti:

“Apa yang mem­bawa anda ke ru­mah sa­kit?” “Apa­kah yang men­jadi ma­sa­lah anda?”

Khu­sus­nya per­ha­ti­kan apa­kah pa­sien me­nya­dari atau ti­dak bahwa su­a­sana hati, pi­kiran atau ada­nya per­sepsi ter­tentu yang ti­dak nor­mal atau me­ru­pa­kan ba­gian dari su­atu pe­nya­kit.

  1. Ke­mam­puan me­ni­lai re­a­li­tas

Ni­lai­lah ke­mam­puan pa­sien da­lam me­ni­lai re­a­li­tas de­ngan me­li­hat res­pons pa­sien ter­ha­dap si­tu­asi ke­lu­arga, pe­ker­jaan, peng­gu­naan uang, atau kon­flik in­ter­per­so­nal: "Ba­gai­mana Anda akan me­nge­lola hi­dup Anda jika Anda ke­hi­langan pe­ker­jaan Anda?"

Per­ha­ti­kan apa­kah ke­pu­tusan dan tin­dakan pa­sien ber­da­sar­kan re­a­li­tas atau ber­da­sar­kan im­puls, pe­me­nuhan ke­i­nginan  atau  gang­guan  isi  pi­kir.  Nilai-​nilai  apa  yang

tam­pak­nya men­da­sari ke­pu­tusan dan pe­ri­laku pa­sien? Ban­ding­kan de­ngan stan­dar ke­de­wa­saan pa­sien.

Fungsi kog­ni­tif

Li­hat pe­ni­laian fungsi lu­hur Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan Pe­nam­pilan dan ting­kah laku:

a. Ke­sa­daran

  1. Sa­dar (kom­pos­men­tis)

Pe­me­riksa da­pat ber­bi­cara de­ngan pa­sien de­ngan nada su­ara nor­mal. Pa­sien da­pat mem­buka mata spon­tan, me­li­hat la­wan bi­ca­ra­nya dan da­pat me­res­pons se­cara pe­nuh dan te­pat ter­ha­dap sti­mu­lus.

  1. Le­tar­gis

Pe­me­riksa ha­rus ber­bi­cara de­ngan pa­sien de­ngan su­ara yang ke­ras agar pa­sien fo­kus ter­ha­dap pe­me­riksa.

  1. Som­no­len

Pa­sien cen­de­rung meng­an­tuk. Gun­cang pa­sien un­tuk mem­ba­ngun­kan pa­sien.

  1. Stu­por/so­por

Pa­sien da­pat di­ba­ngun­kan de­ngan rang­sangan yang kuat se­perti nyeri. Mi­sal­nya de­ngan men­cu­bit ten­don atau meng­go­sok ster­num.

  1. Koma

Pa­sien ti­dak da­pat di­ba­ngun­kan de­ngan rang­sangan nyeri.

b. Pos­tur dan si­kap mo­to­rik

  1. Pos­tur tu­buh yang te­gang, ge­li­sah dan re­sah me­nan­da­kan gang­guan ce­mas.

  2. Pa­sien yang me­na­ngis atau ber­ja­lan mon­dar man­dir me­nun­juk­kan ke­ge­li­sahan.

  3. Si­kap yang pu­tus asa, pos­tur yang me­ro­sot dan ge­rakan me­lam­bat me­nun­juk­kan dep­resi.

  4. Pa­sien yang me­nya­nyi, me­nari dan me­nun­juk­kan ge­rakan ek­span­sif me­nun­juk­kan epi­sode ma­nik.

c. Cara ber­pa­kaian, pe­nam­pilan dan ke­ber­sihan diri

  1. Pe­ra­watan dan ke­ber­sihan diri mung­kin ku­rang atau bu­ruk pada pa­sien de­ngan dep­resi, ski­zo­fre­nia dan de­men­sia.

  2. Kehati-​hatian yang ber­le­bihan da­pat ter­li­hat pada pa­sien de­ngan gang­guan obsesif-​kompulsif.

  3. Meng­a­bai­kan pe­nam­pilan pada satu sisi mung­kin me­ru­pa­kan aki­bat ada­nya lesi di se­be­rang kor­teks pa­ri­e­tal, bi­a­sa­nya sisi non-​dominan.

d. Eks­presi wa­jah

  1. Me­ni­lai ada­nya eks­presi ke­ce­masan, dep­resi, apa­tis, ma­rah atau gem­bira.

  2. Pada pa­sien par­kin­son bi­a­sa­nya di­da­pat­kan eks­presi yang da­tar (imo­bi­li­tas wa­jah).

e. Si­kap, afek dan hu­bungan pa­sien de­ngan orang lain atau se­su­atu

  1. Pada pa­sien pa­ra­noid di­da­pat­kan si­kap ma­rah, per­mu­suhan, ke­cu­ri­gaan atau meng­hin­dar.

  2. Pada sin­drom ma­nik di­da­pat­kan afek yang me­ning­kat, gem­bira dan eu­fo­ria.

  3. Afek tum­pul dan cen­de­rung ti­dak pe­duli ter­ha­dap orang atau ling­kungan se­ki­tar di­da­pat­kan pada de­men­sia.

Pem­bi­ca­raan dan ba­hasa:

Ke­mam­puan se­se­o­rang meng­u­ta­ra­kan buah pi­kiran ata­u­pun pe­ra­sa­an­nya. Pe­me­rik­saan me­li­puti:

a. spon­ta­ni­tas

b. ke­lan­caran

c. irama

d. pro­duk­ti­vi­tas

e. ham­batan ber­bi­cara Mood:

Su­a­sana hati me­li­puti ke­se­dihan, me­la­ko­lis, ke­pu­asan, su­ka­cita, eu­fo­ria, ke­gem­bi­raan, ke­ma­rahan, ke­ge­li­sahan, ke­kha­wa­tiran dan ke­ti­dak­pe­du­lian.

Epi­sode Dep­resi

Mi­ni­mal ter­da­pat lima ge­jala dan ter­ma­suk sa­lah satu dari dua ge­jala ter­a­tas di­ba­wah ini:

a. Mood dep­resi (mung­kin su­a­sana hati yang mu­dah ma­rah pada anak-​anak dan re­maja) ham­pir se­pan­jang hari dan ham­pir se­tiap hari.

b. Ber­ku­rang­nya mi­nat dan ke­se­nangan yang nyata pada ham­pir se­lu­ruh ak­ti­vi­tas ham­pir se­pan­jang hari dan ham­pir se­tiap hari.

c. Pe­ning­katan atau pe­nu­runan be­rat ba­dan yang ber­le­bihan (tanpa diet) atau pe­ning­katan atau pe­nu­runan nafsu ma­kan ham­pir se­tiap hari

d. Su­lit ti­dur atau ti­dur yang ber­le­bihan ham­pir se­tiap hari.

e. Agi­tasi psi­ko­mo­tor atau re­tar­dasi ter­jadi ham­pir se­tiap hati.

f. Ke­le­lahan atau ke­hi­langan energi ham­pir se­tiap hari.

g. Pe­ra­saan ti­dak ber­harga atau rasa ber­sa­lah ham­pir se­tiap hari.

h. Ke­ti­dak­mam­puan ber­pi­kir dan ber­kon­sen­trasi ham­pir se­tiap hari

i. Pe­mi­kiran yang berulang-​ulang ten­tang ke­ma­tian atau bu­nuh diri; atau ada­nya ren­cana atau upaya bu­nuh diri.

Gejala-​gejala ter­se­but di atas me­nye­bab­kan pen­de­ri­taan ter­ha­dap pa­sien atau gang­guan so­si­a­li­sasi dan pe­ker­jaan atau fungsi la­in­nya. Pada ka­sus yang be­rat mung­kin di­da­pat­kan de­lusi dan ha­lu­si­nasi.

Epi­sode Cam­puran

Pada epi­sode cam­puran, ha­rus di­da­pat­kan kri­te­ria baik epi­sode ma­nik dan dep­resi mi­ni­mal satu minggu.

Epi­sode Ma­nik

Su­atu pe­ri­ode ab­nor­mal yang di­tan­dai de­ngan mood me­ning­kat se­cara te­rus me­ne­rus atau mu­dah ter­sing­gung yang ber­lang­sung mi­ni­mal 1 minggu. Se­lama masa ini, pa­sien mi­ni­mal me­mi­liki 3 dari 7 ge­jala di ba­wah ini yang sa­ngat me­non­jol.

a. Harga diri me­ning­kat

b. Waktu ti­dur ber­ku­rang (me­rasa cu­kup ber­is­ti­ra­hat se­te­lah 3 jam ti­dur)

c. Le­bih ba­nyak bi­cara di­ban­ding bi­a­sa­nya atau se­lalu ingin bi­cara

d. Flight of idea (bi­cara meloncat-​loncat dan ti­dak ber­hu­bungan) atau ra­cing tho­ug­hts (pi­kiran ber­ke­jaran).

e. Pi­kir­an­nya mu­dah ter­a­lih­kan.

f. Pe­ning­katan ak­ti­vi­tas (baik so­sial, pe­ker­jaan, se­ko­lah ma­u­pun sek­sual) atau agi­tasi psi­ko­mo­tor.

g. Me­la­ku­kan ke­gi­atan me­nye­nang­kan dan be­ri­siko (be­lanja ber­le­bihan, ber­bis­nis yang je­las ti­dak meng­un­tung­kan)

Gang­guan di atas cu­kup be­rat se­hingga me­ru­gi­kan baik se­cara so­sial, da­lam pe­ker­jaan ma­u­pun hu­bungan. Pada ke­a­daan yang be­rat da­pat ter­jadi ha­lu­si­nasi dan de­lusi.

Gang­guan Dis­ti­mik

Su­atu kon­disi kro­nis yang di­tan­dai de­ngan ge­jala dep­resi yang ter­jadi ham­pir se­pan­jang hari, le­bih ba­nyak hari da­ri­pada ti­dak, se­lama mi­ni­mal 2 ta­hun (pada anak-​anak dan re­maja mi­ni­mal 1 ta­hun). Se­lama pe­ri­ode ter­se­but, in­ter­val be­bas ge­jala ti­dak ber­ta­han le­bih lama dari 2 bu­lan.

Epi­sode Hi­po­ma­nik

Mood dan ge­jala me­nye­ru­pai epi­sode ma­tik, na­mun ti­dak ter­lalu nyata. Ti­dak ter­da­pat ha­lu­si­nasi dan de­lusi. Du­rasi mi­ni­mum le­bih pen­dek ya­itu 4 hari.

Epi­sode Sik­lo­t­i­mik

Be­be­rapa pe­ri­ode ge­jala hi­po­ma­nik dan dep­resi yang ber­lang­sung mi­ni­mal 2 ta­hun (1 ta­hun pada anak dan re­maja). Se­lama pe­ri­ode ter­se­but, in­ter­val be­bas ge­jala ti­dak ber­ta­han le­bih dari 2 bu­lan.

La­ku­kan wa­wan­cara ter­ha­dap ke­lu­arga atau ke­ra­bat de­kat un­tuk me­leng­kapi dan meng­kon­fir­masi ma­sa­lah pa­sien, serta meng­in­for­ma­si­kan pe­ran ke­lu­arga atau ke­ra­bat ter­se­but da­lam pro­ses tata lak­sana pa­sien.

Pi­kiran dan per­sepsi:

a. Pro­ses pi­kir

Be­be­rapa gang­guan da­lam pro­ses pi­kir:

  1. Sir­kum­stan­sial

Di­tan­dai de­ngan bi­cara yang berbelit-​belit dan ti­dak lang­sung men­ca­pai po­kok tu­juan di­se­bab­kan de­tail yang ti­dak di­per­lu­kan, mes­ki­pun kom­po­nen des­kripsi ber­hu­bungan de­ngan tu­juan pem­bi­ca­raan. Ba­nyak orang tanpa gang­guan men­tal ber­bi­cara berbelit-​belit se­perti ini. Da­pat mun­cul pada orang yang ob­se­sif.

  1. De­rail­ment (ke­hi­langan hu­bungan)

Gang­guan pro­ses pi­kir yang di­tan­dai de­ngan ber­bi­cara ber­ge­ser dari satu hal ke hal lain yang ti­dak ber­hu­bungan atau ber­hu­bungan jauh.

Ter­da­pat pada ski­zo­fre­nia, epi­sode ma­nik dan gang­guan psi­ko­tik la­in­nya.

  1. Flight of ideas

Su­atu ke­a­daan yang di­tan­dai aliran aso­si­asi sa­ngat ce­pat yang tam­pak dari per­u­bahan isi pem­bi­ca­raan dan pi­kiran dari su­atu to­pik ke to­pik lain. Di sini nam­pak su­atu ga­gasan be­lum se­le­sai, di­su­sul ga­gasan yang lain. Per­u­bahan bi­a­sa­nya ber­da­sar­kan ke­sa­maan kata atau sti­mu­lus yang meng­a­lih­kan, na­mun gagasan-​gagasan ter­se­but ti­dak men­jadi su­atu pem­bi­ca­raan yang ma­suk akal. Bi­a­sa­nya di­da­pat­kan pada epi­sode ma­nik.

  1. Ne­o­lo­gisme

Men­cip­ta­kan kata-​kata baru atau kata-​kata yang me­nyim­pang dan me­mi­liki makna baru dan aneh. Da­pat di­te­mu­kan pada ski­zo­fre­nia, afa­sia dan gang­guan psi­ko­tik la­in­nya.

  1. In­ko­he­ren

Gang­guan pro­ses pi­kir de­ngan pem­bi­ca­raan yang se­ba­gian be­sar ti­dak da­pat di­meng­erti ka­rena ti­dak lo­gis, ku­rang­nya hu­bungan yang ber­makna, ada­nya per­u­bahan to­pik men­da­dak, ata­u­pun ke­sa­lahan peng­gu­naan tata ba­hasa atau kata. Flight of ideas yang be­rat da­pat me­nye­bab­kan in­ko­he­rensi. Bi­a­sa­nya di­te­mu­kan pada ski­zo­fre­nia.

6) Blo­cking

Gang­guan pro­ses pi­kir yang di­tan­dai de­ngan pem­bi­ca­raan yang tiba-​tiba ber­henti di tengah-​tengah ka­li­mat atau se­be­lum su­atu ga­gasan di­se­le­sai­kan. Blo­cking da­pat ter­jadi pada ski­zo­fre­nia, na­mun da­pat ter­jadi pula pada orang nor­mal.

  1. Kon­fa­bu­lasi

Ingatan palsu yang mun­cul saat me­res­posn per­ta­nyaan, un­tuk meng­isi ke­ko­songan me­mori. Bi­a­sa­nya di­te­mu­kan pada pa­sien de­ngan am­ne­sia.

  1. Per­se­ve­rasi

Peng­u­langan per­sis­ten kata-​kata atau ga­gasan. Ter­jadi pada ski­zo­fre­nia, dan gang­guan psi­ko­tik la­in­nya.

  1. Eko­lali

Peng­u­langan kata atau frase orang lain atau la­wan bi­cara. Da­pat di­te­mu­kan pada epi­sode ma­nik dan ski­zo­fre­nia

  1. Cl­a­nging

Ber­bi­cara dan me­rang­kai kata-​kata yang ti­dak me­mi­liki hu­bungan satu sama lain dan di­u­cap­kan ber­da­sar­kan irama atau rima ver­bal ter­tentu.

Bi­a­sa­nya di­te­mu­kan pada epi­sode ma­nik dan ski­zo­fre­nia.

b. Isi pi­kir

Be­be­rapa ke­lai­anan isi pi­kir:

Kom­pulsi

Pe­ri­laku atau tin­dakan men­tal ber­u­lang dari se­se­o­rang yang me­rasa ter­do­rong un­tuk meng­ha­sil­kan atau men­ce­gah se­su­atu ter­jadi di ke­mu­dian hari, wa­lau­pun ha­rapan efek ter­se­but ti­dak re­a­lis­tik.

Ob­sesi

Ga­gasan, kha­yalan atau do­rongan yang ber­u­lang, ti­dak di­i­ngin­kan dan meng­ganggu, yang tam­pak­nya ko­nyol, aneh atau me­na­kut­kan.

Fo­bia

Ke­ta­kutan yang per­sis­ten dan ira­si­o­nal di­ser­tai oleh ke­i­nginan kuat un­tuk meng­hin­dari sti­mu­lus ter­se­but.

An­si­e­tas

Ke­kha­wa­tiran, ke­ta­kutan, ke­te­gangan atau ke­ge­li­sahan yang mung­kin ter­fo­kus (fo­bia) atau ti­dak (ke­ta­kutan akan se­su­atu yang ti­dak je­las).

Fe­e­lings of Un­re­a­lity

Su­atu pe­ra­saan bahwa hal-​hal da­lam ling­kungan ter­se­but aneh, ti­dak nyata atau jauh.

De­lusi

Text Box: Keyakinan palsu, didasarkan kepada simpulan yang salah tentang eksternal, tidak sejalan dengan intelegensi pasien dan latar belakang kultural, yang tidak dapat dikorelasi dengan

Text Box: suatu alasan.

Kom­pulsi, ob­sesi, fo­bia dan anxietas bi­a­sa­nya ber­hu­bungan de­ngan gang­guan neu­ro­tik. Se­dang­kan de­lusi, de­per­so­na­li­sasi dan fe­e­lings of un­re­a­lity se­ring ber­hu­bungan de­ngan gang­guan psi­ko­tik.

c. Per­sepsi

Ber­i­kut me­ru­pa­kan gang­guan per­sepsi:

Ilusi

Ke­sa­lahan in­ter­pre­tasi dari sti­mu­lus eks­ter­nal yang nyata. Ilusi da­pat ter­jadi aki­bat re­aksi ber­duka cita, pada ke­a­daan de­li­rium, gang­guan stres pasca trauma dan ski­zo­fre­nia.

De­per­so­na­li­sasi

Su­atu pe­ra­saan saat se­se­o­rang me­rasa di­ri­nya ber­beda, ber­u­bah atau ti­dak nyata, atau ke­hi­langan iden­ti­tas diri atau me­rasa ter­le­pas pi­kir­an­nya dari tu­buh­nya.

Ha­lu­si­nasi

Per­sepsi sen­sori sub­jek­tif ter­ha­dap sti­mu­lus yang ti­dak nyata. Pa­sien mung­kin me­nge­nali atau ti­dak bahwa peng­a­laman ter­se­but ti­dak nyata. Da­pat be­rupa ha­lu­si­nasi au­di­tori (pen­de­ngaran), vi­sual (peng­li­hatan), ol­fak­tori (peng­hidu), gusta­tori (pe­nge­capan) atau so­ma­tik. Ha­lu­si­nasi da­pat ter­jadi pada ke­a­daan de­li­rium, de­men­sia (ja­rang), gang­guan stres pasca trauma, ski­zo­fre­nia, dan al­ko­hol­isme.

d. Ti­likan (in­sight) dan ke­mam­puan me­ni­lai re­a­li­tas (ju­dge­ment) Pa­sien de­ngan gang­guan psi­ko­tik se­ring ti­dak me­nya­dari pe­nya­kit­nya. Be­be­rapa gang­guan neu­ro­lo­gis mung­kin da­pat di­ser­tai oleh pe­nyang­kalan (de­nial). Ke­mam­puan me­ni­lai re­a­li­tas da­pat me­nu­run atau bu­ruk pada ke­a­daan de­li­rium, de­men­sia, re­tar­dasi men­tal, dan ke­a­daan psi­ko­tik. Ke­mam­puan me­ni­lai re­a­li­tas juga da­pat di­penga­ruhi oleh ke­a­daan anxietas, gang­guan mood, ting­kat in­te­le­gensi, pen­di­dikan, sosio-​ekonomi, dan ni­lai bu­daya.

Fungsi kog­ni­tif:

Li­hat pe­ni­laian fungsi lu­hur

Re­fe­rensi

a. Bi­ck­ley, LS. & Szi­lagyi PG 2009, Ba­tes’ Gu­ide to Ph­y­si­cal Examination and His­tory Ta­king, 10th Edi­tion. Lip­pin­cott Wil­li­ams & Wil­kins. China, hh P 556-565, 595, 599.

b. Du­ij­n­ho­ven, Belle 2009. Skills in Me­di­cine: The Psy­c­hi­at­ric Interview-​ The Men­tal Sta­tus Examination.

  1. Di­ag­no­sis Mul­ti­ak­sial Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A Tu­juan

Mem­buat di­ag­no­sis mul­ti­ak­sial Alat dan Ba­han: -

Tek­nik Peng­gu­naan

Di­ag­no­sis Mul­ti­ak­sial me­mi­liki 5 ak­sis. Ber­i­kut ini me­ru­pa­kan langkah-​langkah mem­buat di­ag­no­sis mul­ti­ak­sial:

a. Ak­sis I: Di­ag­no­sis kli­nik

Ber­isi ten­tang gang­guan kli­nis dan gang­guan per­kem­bangan dan pem­bel­a­jaran. Me­ru­pa­kan kri­te­ria di­ag­no­sis yang di­ke­lom­pok­kan ber­da­sar­kan gejala-​gejala kli­nik yang te­lah di­buk­ti­kan da­lam pe­me­rik­saan.

Gang­guan yang da­pat di­te­mu­kan pada ak­sis I an­tara lain:

  1. Gang­guan yang bi­a­sa­nya di­di­a­g­no­sis pada masa bayi, anak dan re­maja (ke­cu­ali re­tar­dasi men­tal, yang di­di­a­g­no­sis pada ak­sis II)

  2. De­li­rium, de­men­sia, am­ne­sia dan gang­guan kog­ni­tif la­in­nya

  3. Gang­guan men­tal or­ga­nik

  4. Gang­guan aki­bat zat psi­ko­ak­tif

  5. Ski­zo­fre­nia dan gang­guan psi­ko­tik la­in­nya

  6. Gang­guan mood

  7. Gang­guan ce­mas me­nye­lu­ruh

  8. Gang­guan so­ma­to­form

  9. Gang­guan fa­cti­ti­ous

  10. Gang­guan di­so­si­a­tif

  11. Gang­guan ma­kan

  12. Gang­guan ti­dur

  13. Gang­guan kon­trol im­puls yang ti­dak da­pat dik­la­si­fi­ka­si­kan

  14. Gang­guan pe­nye­su­aian

  15. Kon­disi lain yang da­pat men­jadi fo­kus per­ha­tian kli­nis

b. Ak­sis II: Gang­guan ke­pri­ba­dian dan re­tar­dasi men­tal Me­ru­pa­kan ciri atau gang­guan ke­pri­ba­dian ya­itu pola pe­ri­laku yang me­ne­tap (ke­bi­a­saan, si­fat) yang tam­pak da­lam per­sepsi ten­tang diri dan ling­kungan (yang akan di­tam­pil­kan da­lam pola in­ter­aksi de­ngan orang lain).

Ke­la­inan yang da­pat di­te­mu­kan pada ak­sis II atara lain:

  1. F60 - F69. Gang­guan Ke­pri­ba­dian dan Pe­ri­laku Masa De­wasa

a) F60.0. Gang­guan Ke­pri­ba­dian Pa­ra­noid

b) F60.1. Gang­guan Ke­pri­ba­dian Ski­zoid

c) F60.2 Gang­guan Ke­pri­ba­dian An­ti­so­sial

d) F60.3.31 Gang­guan Ke­pri­ba­dian Am­bang

e) F60.4. Gang­guan Ke­pri­ba­dian His­tri­o­nik

f) F60.5. Gang­guan Ke­pri­ba­dian Obsesif-​Kompulsif

g) F60.6. Gang­guan Ke­pri­ba­dian Ce­mas Meng­hin­dar

h) F60.7. Gang­guan Ke­pri­ba­dian De­pen­den

i) F60.8. Gang­guan Ke­pri­ba­dian Pasif-​Agresif

j) F60.9. Gang­guan Ke­pri­ba­dian Yang Ti­dak Di­ten­tukan (YTT)

k) Gang­guan Ke­pri­ba­dian Ski­zo­ti­pal

l) Gang­guan Ke­pri­ba­dian Nar­si­sis­tik

  1. F70 ‒ F79. Re­tar­dasi Men­tal

c. Ak­sis III: Pe­nya­kit Fi­sik

Pe­nya­kit atau kon­disi fi­sik, khu­sus­nya yang perlu di­per­ha­ti­kan pada ta­ta­lak­sana atau men­jadi pe­nye­bab mun­cul­nya gang­guan yang di­tu­lis­kan pada ak­sis I.

Ke­la­inan yang da­pat di­te­mu­kan pada ak­sis III an­tara lain:

  1. Pe­nya­kit in­feksi dan pa­ra­sit

  2. Ne­o­plasma

  3. Pe­nya­kit en­do­krin, nut­risi, me­ta­bo­lik dan imu­ni­tas

  4. Pe­nya­kit he­ma­to­logi

  5. Pe­nya­kit sis­tem sa­raf

  6. Pe­nya­kit sis­tem sir­ku­lasi

  7. Pe­nya­kit sis­tem res­pi­rasi

  8. Pe­nya­kit sis­tem pen­cer­naan

  9. Pe­nya­kit sis­tem ke­la­min dan sa­luran ke­mih

  10. Kom­pli­kasi ke­ha­milan, per­sa­linan dan masa ni­fas

  11. Pe­nya­kit ku­lit dan ja­ringan sub­kutan

  12. Pe­nya­kit sis­tem mus­ku­lo­ske­le­tal dan ja­ringan ikat

  13. Ke­la­inan kon­ge­ni­tal

  14. Kon­disi ter­tentu pada masa pe­ri­na­tal

  15. Tanda, ge­jala dan pe­nya­kit ter­tentu

  16. Ce­dera dan ke­ra­cunan

d. Ak­sis IV: Ma­sa­lah psi­ko­so­sial dan ling­kungan

Me­ru­pa­kan me­ru­pa­kan se­mua fak­tor yang ber­kon­tri­busi ter­ha­dap, atau mem­pe­nga­ruhi, gang­guan jiwa saat ini dan ha­sil peng­o­batan.

Ke­lai­anan yang da­pat di­te­mu­kan pada ak­sis IV an­tara lain:

  1. Ma­sa­lah yang ber­hu­bungan de­ngan ke­lu­arga

  2. Ma­sa­lah yang ber­hu­bungan de­ngan ling­kungan so­sial

  3. Ma­sa­lah pen­di­dikan

  4. Ma­sa­lah ber­ke­naan de­ngan pe­ker­jaan

  5. Ma­sa­lah pe­ru­mahan

  6. Ma­sa­lah eko­nomi

  7. Ma­sa­lah da­lam ak­ses ke pe­la­yanan ke­se­hatan

  8. Ma­sa­lah hu­kum

  9. Ma­sa­lah psi­ko­so­sial dan ling­kungan la­in­nya.

e. Ak­sis V : GAF

Ak­sis V ada­lah skala pe­ni­laian glo­bal ter­ha­dap fungsi yang se­ring di­se­but se­ba­gai Glo­bal as­ses­ment of fun­cti­o­ning (GAF). Pe­me­riksa me­mer­tim­bang­kan ke­se­lu­ruhan ting­kat fung­si­o­nal pa­sien se­lama pe­ri­ode waktu ter­tentu (mi­sal­nya saat pe­me­rik­saan, ting­kat fung­si­o­nal pa­sien ter­tinggi un­tuk se­ku­rang­nya 1 bu­lan se­lama 1 ta­hun ter­a­khir). Fung­si­o­nal di­ar­ti­kan se­ba­gai ke­sa­tuan dari 3 bi­dang utama ya­itu fungsi so­sial, fungsi pe­ker­jaan, fungsi psi­ko­lo­gis.

Re­fe­rensi

a. Ame­ri­can Psy­c­hi­at­ric As­so­ci­a­tion 2000, Di­ag­nos­tic cri­te­ria from DSM-​IV-​TR. Ame­ri­can Psy­c­hi­at­ric As­so­ci­a­tion. Was­hing­ton DC.

b. Mas­lim, Rusdi 2001, Di­ag­no­sis Gang­guan Jiwa, Ru­jukan Ring­kas PPDGJ-​III. PT Nuh Jaya. Ja­karta.

  1. Me­nen­tu­kan Prog­no­sis Pada Ka­sus Psi­ki­atri Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan : Mem­per­tim­bang­kan prog­no­sis pada ka­sus psi­ki­atri Prog­no­sis pada Ka­sus Psi­ki­atri

a. Sc­hi­zoph­re­nia:

Prog­no­sis bu­ruk: on­set pe­nya­kit mun­cul le­bih awal, ri­wa­yat ke­lu­arga sc­hi­zoph­re­nia, ab­nor­ma­li­tas struk­tur otak, gang­guan kog­ni­tif yang me­non­jol.

b. Gang­guan ke­ce­masan me­nye­lu­ruh:

Prog­no­sis bu­ruk bila di­ser­tai: fo­bia co­mor­bid, gang­guan mood

se­kun­der, stres akut.

c. Gang­guan ke­pri­ba­dian:

  1. Gang­guan klus­ter A dan mor­bi­di­tas­nya ter­ma­suk:

a) Gang­guan ke­pri­ba­dian pa­ra­noid be­ri­siko meng­a­lami ago­rap­ho­bia, dep­resi be­rat, gang­guan ob­se­sif kom­pul­sif, dan pe­nya­lah­gu­naan obat-​obatan.

b) Gang­guan ke­pri­ba­dian sc­hi­zoid be­ri­siko meng­a­lami dep­resi be­rat.

c) Gang­guan ke­pri­ba­dian sc­hi­zo­ti­pal be­ri­siko meng­a­lami gang­guan psi­ko­tik sing­kat, gang­guan sc­hi­zoph­re­ni­form, gang­guan de­lusi dan meng­a­lami dep­resi be­rat ber­u­lang.

  1. Gang­guan klus­ter B dan mor­bi­di­tas­nya ter­ma­suk:

a) Gang­guan ke­pri­ba­dian an­ti­so­sial be­ri­siko meng­a­lami gang­guan ke­ce­masan, pe­nya­lah­gu­naan obat-​obatan, gang­guan so­ma­ti­sasi, dan judi pa­to­lo­gis

b) Gang­guan ke­pri­ba­dian am­bang be­ri­siko meng­a­lami gang­guan pola ma­kan, pe­nya­lah­gu­naan obat-​obatan, gang­guan stress paska trauma, dan be­ri­siko bu­nuh diri.

c) Gang­guan ke­pri­ba­dian his­tri­o­nik be­ri­siko meng­a­lami gang­guan so­ma­to­form.

d) Gang­guan ke­pri­ba­dian nar­sis­tik be­ri­siko meng­a­lami ano­rek­sia ner­vosa dan pe­nya­lah­gu­naan obat-​obatan serta dep­resi.

  1. Gang­guan klus­ter C dan mor­bi­di­tas­nya ter­ma­suk:

a) Gang­guan ke­pri­ba­dian meng­hin­dar ber­hu­bungan de­ngan gang­guan ce­mas (ter­u­tama fo­bia so­sial)

b) Gang­guan ke­pri­ba­dian de­pen­den be­ri­siko meng­a­lami gang­guan ce­mas dan gang­guan pe­nye­su­aian

c) Gang­guan ke­pri­ba­dian ob­se­sif kom­pul­sif be­ri­siko meng­a­lami gang­guan ce­mas.

d. Gang­guan afek­tif bi­po­lar

  1. Fak­tor yang me­nan­da­kan prog­no­sis le­bih bu­ruk: ri­wa­yat pe­ker­jaan yang bu­ruk, ke­ter­gan­tungan al­ko­hol, gam­baran psi­ko­tik, gam­baran dep­re­sif di­an­tara pe­ri­ode ma­nic dan dep­resi, ada­nya gam­baran dep­resi, je­nis ke­la­min pria

  2. Fak­tor yang me­nan­da­kan prog­no­sis le­bih baik: la­ma­nya fase ma­nik (du­rasi yang le­bih sing­kat), on­set yang mun­cul le­bih lam­bat; ge­jala psi­ko­tik, pi­kiran un­tuk bu­nuh diri, dan ma­sa­lah me­dis yang le­bih se­di­kit.

e. Dep­resi

Gang­guan dep­resi saat masa anak-​anak dan re­maja, ri­wa­yat epi­sode dep­resi se­be­lum­nya, ge­jala dep­resi sub­sin­dro­mal, dis­ti­mia, dan gang­guan ce­mas me­ning­kat­kan ri­siko dep­resi di masa de­pan. Prog­no­sis le­bih bu­ruk pada dep­resi on­set lam­bat.

f. Gang­guan ob­se­sif kom­pul­sif

Se­ki­tar 70% pa­sien meng­a­lami per­ba­ikan ge­jala na­mun gang­guan ob­se­sif kom­pul­sif ada­lah pe­nya­kit kro­nis se­u­mur hi­dup. 15% pa­sien meng­a­lami per­bu­rukan dan 5% meng­a­lami re­misi to­tal.

g. Gang­guan fo­bia

Prog­no­sis di­ten­tukan oleh ke­pa­rahan di­ag­no­sis, ting­kat ke­mam­puan se­be­lum tim­bul ge­jala, de­ra­jat mo­ti­vasi un­tuk peng­o­batan, be­sar­nya du­kungan, serta ke­mam­puan un­tuk men­ja­lani peng­o­batan, re­gi­men psi­ko­te­ra­peu­tik, atau ke­du­a­nya.

h. Gang­guan stress paska trauma

  1. Prog­no­sis pa­sien de­ngan gang­guan stress paska trauma su­lit un­tuk di­ten­tukan ka­rena ber­va­ri­asi tiap pa­sien.

  2. Fak­tor yang ber­hu­bungan de­ngan prog­no­sis yang baik di­an­tar­a­nya ada­lah peng­o­batan yang le­bih dini, du­kungan so­sial se­jak dini dan te­rus me­ne­rus, meng­hin­dari trauma ber­u­lang, dan ti­dak ada­nya gang­guan psi­ki­at­rik la­in­nya.

i. Pe­nya­kit Alz­hei­mer

Pe­nya­kit Alz­hei­mer ber­hu­bungan de­ngan gang­guan me­mori yang mem­bu­ruk se­i­ring waktu, pa­sien de­ngan pe­nya­kit Alz­hei­mer juga me­nun­juk­kan ge­jala ce­mas, dep­resi, in­som­nia, agi­tasi, dan pa­ra­noia. Saat pe­nya­kit­nya mem­bu­ruk, pa­sien mem­bu­tuh­kan ban­tuan da­lam ak­ti­vi­tas sehari-​harinya.

Re­fe­rensi

a. Gol­d­man HH. Re­view of ge­ne­ral psy­c­hi­atry. 5th ed. New York: La­nge, 2000.

b. Gel­der MG, Lopez-​Ibor JJ, An­dre­a­sen N (eds). New oxford textbook of psy­c­hi­atry.

c. Oxford: Oxford uni­ver­sity press, 2012.

d. Kay J. Tas­man A. Es­sen­tial of psy­c­hi­atry. West Sussex: John Wi­ley&Sons ltd, 2006

e. Sor­ref S. Bi­po­lar af­fe­ctive dis­or­ders [In­ter­net]. [ci­ted 2014 March 6]. Avai­lable from: http://eme­di­cine.me­d­scape.com/ar­ti­cle/286342- over­view#aw2aab6b2b6aa

f. Har­ver­son JL. Dep­res­sion [In­ter­net]. [ci­ted 2014 March 6]. Avai­lab­lef­rom: http://eme­di­cine.me­d­scape.com/ar­ti­cle/286759- over­view#aw2aab6b2b6

  1. In­di­kasi Ru­juk Pada Ka­sus Psi­ki­atri Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan: Me­nen­tu­kan In­di­kasi ru­juk pada kasus-​kasus psi­ki­atri In­di­kasi Ru­juk pada Ka­sus Psi­ki­atri:

a. Pada pa­sien yang meng­a­lami agi­tasi akut dan mem­bu­tuh­kan eva­lu­asi le­bih lan­jut serta pe­ra­watan ra­wat inap. Eva­lu­asi se­cara men­da­lam di­la­ku­kan un­tuk men­cari pe­nye­bab agi­tasi akut baik dari sisi me­dis (se­perti gang­guan me­ta­bo­lik, kar­di­o­pul­mo­ner, en­do­krin, gang­guan neu­ro­lo­gis) atau sisi psi­ki­at­rik (psi­ko­sis, in­tok­si­kasi, de­men­tia, de­li­rium, pu­tus obat).

b. Pa­sien yang mem­pu­nyai atau mem­per­li­hat­kan ide un­tuk mem­bu­nuh atau bu­nuh diri, ke­i­nginan un­tuk mati, ti­dak mem­pe­du­li­kan diri sen­diri (self neg­lect). Pa­sien se­perti ini ha­rus di­e­va­lu­asi dan di­ru­juk un­tuk ra­wat inap.

c. Pa­sien yang mem­bu­tuh­kan fa­si­li­tas di­ag­nos­tik dan pe­me­rik­saan le­bih cang­gih serta mem­bu­tuh­kan ta­ta­lak­sana le­bih lan­jut se­suai in­di­kasi.

d. Pa­sien yang mem­pu­nyai ikatan jangka pan­jang de­ngan dok­ter ter­tentu (se­perti pada pa­sien yang pa­tah se­ma­ngat). Ru­jukan ka­dang juga di­se­bab­kan oleh te­kanan dari ke­lu­arga atau dari pa­sien.

Re­fe­rensi

a. Gol­d­man HH. Re­view of ge­ne­ral psy­c­hi­atry. 5th ed. New York: La­nge, 2000.

b. Gel­der MG, Lopez-​Ibor JJ, An­dre­a­sen N (eds). New oxford

textbook of psy­c­hi­atry. Oxford: Oxford uni­ver­sity press, 2012.

c. Kay J. Tas­man A. Es­sen­tial of psy­c­hi­atry. West Sussex: John Wi­ley&Sons ltd, 2006