Lewati ke konten utama

Ke­dok­teran Fo­ren­sik Dan Me­di­ko­le­gal

  1. Des­kripsi Luka

Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A Des­kripsi Luka

a. Re­gio tem­pat luka ter­se­but ber­ada

b. Hi­tung le­tak­nya ber­da­sar­kan ti­tik te­ngah/ga­ris ana­to­mis yang ter­de­kat

c. Ten­tukan tipe luka (luka me­ka­nik, luka fi­sika atau luka ki­mia)

d. Li­hat tepi luka dan ba­tas­nya

e. Warna luka

f. Pan­jang luka

Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan

a. Luka me­ka­nik di­a­ki­bat­kan oleh:

  1. Ke­ke­rasan oleh benda ta­jam

  2. Ke­ke­rasan oleh benda tum­pul

  3. Tem­bakan sen­jata api

b. Luka fi­sika di­se­bab­kan oleh:

  1. Suhu

  2. Lis­trik dan pe­tir

  3. Per­u­bahan te­kanan udara

  4. Akus­tik

  5. Ra­di­asi

c. Luka ki­mia di­se­bab­kan oleh asam atau basa kuat

Re­fe­rensi

Bu­di­yanto A, dkk. Ilmu Ke­dok­teran Fo­ren­sik. Ba­gian Ke­dok­teran Fo­ren­sik:FKUI. Ja­karta. 1997. Hal 37.

  1. Pe­me­rik­saan Luar Pada Ma­yat Ting­kat Ket­ram­pilan: 4A Tek­nik Pe­me­rik­saan

La­bel ma­yat

Pen­ca­tatan pada la­bel ma­yat me­li­puti:

a. Warna dan ba­han la­bel ter­se­but

b. Ca­tat apa­kah ter­da­pat ma­te­rai atau se­gel pada la­bel ini

c. Isi dari la­ebl juga di­ca­tat de­ngan leng­kap

d. Da­pat juga di­te­mu­kan la­bel iden­ti­fi­kasi dari In­sta­lasi Ka­mar Je­na­zah Ru­mah

Baju ma­yat Pen­ca­tatan me­li­puti:

a. Ba­han, warna da­sar, warna dan co­rak/mo­tif dari teks­til

b. Ben­tuk/mo­del pa­kaian, ukuran, merk pen­ja­hit, cap bi­natu, mo­no­gram/ini­sial serta tam­balan atau ti­sikan bila ada

c. Bila ter­da­pat pe­ngo­toran atau ro­bekan juga perlu di­ca­tat de­ngan meng­u­kur le­tak­nya yang te­pat meng­gu­na­kan ko­or­di­nat, serta ukuran dari pe­ngo­toran dan atau ro­bekan yang di­te­mu­kan

d. Bila di­te­mu­kan saku pada pa­kaian, maka saku ini ha­rus di­per­iksa dan di­ca­tat isi­nya

Pe­me­rik­saan le­bam ma­yat Di­la­ku­kan pen­ca­tatan:

a. Le­tak/dis­tri­busi le­bam ma­yat

b. Warna le­bam ma­yat

c. In­ten­si­tas le­bam ma­yat (ma­sih hi­lang da­lam pe­ne­kanan, se­di­kit meng­hi­lang atau su­dah ti­dak hi­lang sama se­kali)

Pe­me­rik­saan kaku ma­yat Ca­tat:

a. Dis­tri­busi kaku ma­yat.

b. De­ra­jat ke­ka­kuan pada be­be­rapa sendi (da­e­rah dagu/teng­kuk, le­ngan atas, siku, pang­kal paha, sendi lu­tut. Ten­tukan apa­kah mu­dah atau su­kar di­la­wan.

c. Apa­bila di­te­mu­kan spasme ka­da­ve­rik ha­rus di­ca­tat à mem­beri pe­tun­juk apa yang se­dang di­la­ku­kan oleh kor­ban saat ter­jadi ke­ma­tian.

Pe­me­rik­saan tanda-​tanda as­fik­sia me­ka­nik

a. Da­pat di­te­mu­kan si­a­no­sis pada bi­bir, ujung-​ujung jari dan kuku

b. Warna le­bam ma­yat merah-​kebiruan ge­lap dan ter­ben­tuk le­bih ce­pat

c. Ter­da­pat busa ha­lus pada hi­dung dan mu­lut

d. Gam­baran per­ben­dungan pada mata be­rupa pe­le­baran pem­bu­luh da­rah kon­jung­tiva bulbi dan pal­pebra

e. Tim­bul bintik-​bintik per­da­rahan à Tar­dieu’s spot

Pe­me­rik­saan tanda-​tanda as­fik­sia trau­ma­tik (teng­ge­lam)

a. Ma­yat da­lam ke­a­daan ba­sah, mung­kin ber­lu­muran lum­pur, pa­sir dan benda la­in­nya, bila se­lu­ruh tu­buh ter­be­nam air

b. Busa ha­lus pada hi­dung dan mu­lut, ter­ka­dang ber­da­rah

c. Mata se­te­ngah ter­buka atau ter­tu­tup, ja­rang ter­da­pat per­da­rahan atau per­ben­dungan

d. Ku­tis an­se­rina pada ku­lit per­mu­kaan an­te­rior tu­buh ter­u­tama pada ek­stre­mi­tas aki­bat kon­traksi otot erek­tor pili yang da­pat ter­jadi ka­rena rang­sang di­ngin­nya air

e. Te­la­pak ta­ngan dan kaki ber­warna ke­pu­tihan dan ke­ri­put à

was­her wo­man’s hand

f. Spasme ka­da­ve­rik

g. Luka-​luka le­cet pada siku, jari ta­ngan, lu­tut dan kaki aki­bat ge­sekan pada benda-​benda da­lam air

Pe­me­rik­saan gigi ma­yat

a. Ca­tat jum­lah gigi yang ter­da­pat

b. Gigi ge­ligi yang hi­lang/pa­tah/men­da­pat tam­balan/bung­kus lo­gam

c. Gigi palsu

d. Ke­la­inan le­tak

e. Pe­war­naan (stai­ning)

Pe­me­rik­saan kor­ban trauma dan des­kripsi luka

a. Le­tak luka à se­but­kan re­gio ana­to­mis luka yang di­te­mu­kan dan ca­tat de­ngan meng­gu­na­kan jo­or­di­nat ter­ha­dap ga­ris/ti­tik ana­to­mis yang ter­de­kat

b. Je­nis luka à luka le­cet, luka mear atau luka ter­buka

c. Ben­tuk luka

d. Arah luka à me­lin­tang, mem­bu­jur atau mi­ring

e. Tepi luka à rata, ter­a­tur atau ter­ben­tuk ti­dak ber­a­turan

f. Su­dut luka à pada luka ter­buka per­ha­ti­kan apa­kah su­dut luka me­ru­pa­kan su­dut run­cing, mem­bu­lat atau ben­tuk lain

g. Da­sar luka à ja­ringan ba­wah ku­lit atau otot

h. Se­ki­tar luka à per­ha­ti­akn ada­nya pe­ngo­toran, ter­da­pat­nya luka/tanda ke­ke­rasan lain di se­ki­tar luka

i. Ukuran luka

j. Sa­luran luka à ten­tukan per­ja­lanan luka serta pan­jang luka

k. Lain-​lain à pada luka le­cet se­rut, pe­me­rik­saan ter­ha­dap per­mu­kaan luka ter­ha­dap pola pe­num­pukan ku­lit ari yang ter­se­rut

Pe­me­rik­saan pa­tah tu­lang

a. Ten­tukan le­tak pa­tah tu­lang yang di­te­mu­kan

b. Ca­tat si­fat/je­nis masing-​masing pa­tah tu­lang yang di­da­pat

Pe­me­rik­saan lubang-​lubang pada tu­buh

a. Pe­me­rik­saan te­li­nga dan hi­dung à pe­riksa apa­kah ada ca­iran/ da­rah yang ke­luar

b. Pe­me­rik­saan rongga mu­lut à ca­tat ke­la­inan atau tanda ke­ke­rasan yang di­te­mu­kan, pe­riksa de­ngan te­liti ke­mung­kinan ada benda asing

c. Pe­me­rik­saan alat ke­la­min dan lu­bang pe­le­pasan

  1. Pada ma­yat pria

a) Ca­tat ke­la­inan ba­waan (epi­s­padi, hi­po­s­padi, fi­mo­sis, dll)

b) Ada­nya manik-​manik di ba­wah ku­lit

c) Ke­lu­ar­nya ca­iran dari lu­bang ke­ma­luan serta ke­la­inan yang tim­bul oleh pe­nya­kit

  1. Pada ma­yat wa­nita

a) Pe­riksa ke­a­daan se­la­put dara dan ko­mi­sura pos­te­rior

b) La­ku­kan pe­me­rik­saan la­bo­ra­to­rium ter­ha­dap ca­iran/sek­ret li­ang seng­gama

c) Lu­bang pe­le­pasan yang se­ring men­da­pat so­domi di­te­mu­kan anus ber­ben­tuk co­rong yang se­la­put len­dir­nya se­ba­gian ber­u­bah men­jadi la­pisan ber­tan­duk dan hi­lang­nya ru­gae

Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan

a. Le­bam ma­yat bi­a­sa­nya mu­lai tam­pak 20-30 me­nit pasca mati, ma­kin lama in­ten­si­tas­nya ber­tam­bah dan men­jadi leng­kap dan me­ne­tap se­te­lah 8-12 jam.

b. Le­bam ma­yat da­pat di­gu­na­kan un­tuk mem­per­ki­ra­kan se­bab ke­ma­tian, mi­sal­nya le­bam ber­warna me­rah te­rang pada ke­ra­cunan CO atau CN, warna ke­coklatan pada ke­ra­cunan ani­lin, ni­tirt, nit­rat sul­fo­nal, me­nge­ta­hui per­u­bahan po­sisi ma­yat yang di­la­ku­kan se­te­lah ter­ja­di­nya le­bam ma­yat yang me­ne­tap.

c. Kaku ma­yat di­buk­ti­kan de­ngan me­me­riksa per­sen­dian, kaku ma­yat mu­lai tam­pak 2 jam se­te­lah mat kli­nis di­mu­lai dari ba­gian luar tu­buh ke arah da­lam.

d. Kaku ma­yat men­jadi leng­kap se­te­lah mati kli­nis 12 jam, di­per­ta­han­kan se­lama 12 jam dan ke­mu­dian meng­hi­lang da­lam urutan yang sama.

e. Me­ka­nisme ke­ma­tian kor­ban teng­ge­lam:

  1. As­fik­sia aki­bat spasme la­ring

  2. As­fik­sia ka­rena gag­ging dan cho­king

  3. Re­fleks va­gal

  4. Fib­ri­lasi ven­tri­kel (da­lam air ta­war)

  5. Edema pul­mo­ner (da­lam air asin)

Re­fe­rensi

Staf Peng­a­jar Fo­ren­sik FKUI. Tek­nik Au­topsi Fo­ren­sik. FKUI Ba­gian Ke­dok­teran Fo­ren­sik:Jakarta. 2000. Hal 12-20.

  1. Pem­bu­atan Vi­sum Et Re­per­tum

Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan

Dok­ter mampu mem­buat vi­sum et re­per­tum bila di­minta oleh pe­nyi­dik yang ber­we­nang

Alat dan Ba­han: -

Tek­nik Pem­bu­atan

a. Dok­ter ha­rus me­ne­rima per­min­taan dari pe­nyi­dik yang ber­we­nang un­tuk mem­buat vi­sum et re­per­tum

b. Ba­gian vi­sum et re­per­tum

  1. Kata pro jus­ti­sia à men­je­las­kan bahwa vi­sum et re­per­tum di­buat khu­sus un­tuk tu­juan per­a­dilan

  2. Ba­gian pen­da­hu­luan àmenerangkan nama dok­ter pem­buat vi­sum et re­per­tum, in­sti­tusi ke­se­hat­an­nya, in­stansi pe­nyi­dik yang me­minta dan tang­gal su­rat per­min­ta­an­nya

  3. Ba­gian pem­be­ri­taan à ber­ju­dul ha­sil pe­me­rik­saan dan ber­isi ten­tang ha­sil pe­me­rik­saan me­dik kor­ban, luka kor­ban dan tin­dakan yang su­dah di­la­ku­kan oleh dok­ter

  4. Ba­gian ke­sim­pulan à ber­isi pen­da­pat dok­ter ber­da­sar­kan ke­il­mu­an­nya ten­tang je­nis per­lu­kaan yang di­te­mu­kan, de­ra­jat lu­ka­nya, zat pe­nye­bab­nya dan se­bab ke­ma­ti­an­nya

  5. Ba­gian pe­nu­tup à ber­isi ka­li­mat “de­mi­ki­an­lah vi­sum et re­per­tum ini saya buat de­ngan se­sung­guh­nya ber­da­sar­kan ke­il­muan saya dan de­ngan meng­i­ngat sum­pah se­suai de­ngan Ki­tab Undang-​undang Hu­kum Acara Pi­dana.”

Ana­li­sis/ In­ter­pre­tasi

a. Da­sar hu­kum vi­sum et re­per­tum à pa­sal 133 KU­HAP

b. Vi­sum et re­per­tum ada­lah alat bukti yang sah à pa­sal 184 KU­HAP

c. Vi­sum et re­per­tum ti­dak mem­bu­tuh­kan me­te­rai un­tuk me­mi­liki ke­ku­atan hu­kum di peng­a­dilan

d. Dok­ter ti­dak di­be­bani pe­mas­tian iden­ti­tas kor­ban, dok­ter ha­nya me­la­ku­kan pe­me­rik­saan se­suai de­ngan yang di­minta oleh pe­nyi­dik yang ber­we­ang, na­mun bila ada ke­ti­dak­se­su­aian iden­ti­tias kor­ban dengna ha­sil pe­me­rik­saan da­pat me­minta pen­je­lasan dari pe­nyi­dik

e. Yang di­u­rai­kan da­lam ba­gian pem­be­ri­taan ada­lah se­ba­gai peng­ganti ba­rang bukti

f. Je­nis dan ben­tuk vi­sum et re­per­tum

  1. Vi­sum et re­per­tum per­lu­kaan (ter­ma­suk ke­ra­cunan)

  2. Vi­sum et re­per­tum ke­ja­hatan asu­sila

  3. Vi­sum et re­per­tum je­na­zah

  4. Vi­sum et re­per­tum psi­ki­at­rik

Re­fe­rensi

Bu­di­anto A, dkk. Ilmu Ke­dok­teran Fo­ren­sik. Edisi I. Ce­takan II. 1997, Ja­karta: Ilmu Ke­dok­teran Fo­ren­sik FKUI.

  1. Peng­am­bilan Mun­tahan Atau Isi Lam­bung Pada Ka­sus Me­di­ko­le­gal Ting­kat Ket­ram­pilan: 4A

Per­si­apan alat

a. Sonde Wangen­steen atau sonde Le­vine

b. Sa­rung ta­ngan Tek­nik Tin­dakan

a. Je­las­kan pro­se­dur yang akan di­la­ku­kan oleh pa­sien.

b. Minta pa­sien un­tuk du­duk, ikat­lah ser­bet pada le­her­nya dan ber­i­lah ka­leng atau pe­nam­pung lain da­lam ta­ng­an­nya. Pa­sien ha­rus te­nang, ber­na­fas me­la­lui mu­lut­nya de­ngan ke­pa­la­nya agak me­nun­duk dan li­dah­nya se­di­kit di­ju­lur­kan.

c. Cuci ta­ngan 7 lang­kah dan me­ma­kai sa­rung ta­ngan

d. Ma­suk­kan­lah ujung sonde ke da­lam mu­lut­nya sam­pai ham­pir ber­sen­tuh de­ngan din­ding be­la­kang fa­ring.

e. Se­ka­rang minta pa­sien me­nu­tup mu­lut­nya dan me­ne­lan sonde itu berkali-​kali.

f. Apa­bila ga­ris gigi seri te­lah ber­te­pa­y­tan an­tara ga­ris ke­dua dan ke­tiga sonde, ujung sonde itu ada di da­lam lu­men lam­bung, ja­rak an­tara gigi seri dan ujung sonde men­jadi se­ki­tar 60 cm.

g. Se­te­lah ujung sonde men­ca­pai ke­da­laman yang di­ke­hen­daki, ujung luar sonde di re­kat­kan ke­pada pipi de­ngan se­po­tong ples­ter.

Ana­li­sis

a. Un­tuk me­ngu­rangi ter­ja­di­nya re­fleks mun­tah se­ring di­an­jur­kan su­paya sonde di­di­ngin­kan da­lam le­mari es se­be­lum di­telan

b. Orang yang gu­gup se­ring ti­dak da­pat me­ne­lan sonde, bo­leh di­to­long de­ngan me­nyem­prot teng­go­rokan de­ngan la­rutan li­dokain 1%

Re­fe­rensi

Gan­da­so­eb­rata R. Pe­nun­tun La­bo­ra­to­rium Kli­nik. Dian Rak­yat:Jakarta. 2008. Hal 132-133.

Pen­je­lasan

Pen­je­lasan 1 : Not­ting­ham Sen­sory Test

  1. Pe­me­rik­saan Sen­sasi Tak­til

Alat yang di­bu­tuh­kan:

a. Ka­pas

b. Neu­ro­tip

c. Ta­bung kaca 2 buah, di­isi air ha­ngat dan air di­ngin

d. Pe­nu­tup mata Pe­me­rik­saan:

Jika pen­de­rita mem­pu­nyai ma­sa­lah ko­mu­ni­kasi, tes di­mu­lai dari rasa raba ri­ngan, te­kanan dan nyeri. se­lama pe­me­rik­saan, mata pa­sien di­tu­tup de­ngan pe­nu­tup mata

a. Rasa raba ri­ngan: Sen­tuh ku­lit pa­sien de­ngan ka­pas

b. Te­kanan:Tekan ku­lit de­ngan jari te­lun­juk se­hingga me­ru­bah kon­tur ku­lit

c. Nyeri: Tu­suk ku­lit de­ngan neu­ro­tip

d. Tem­pe­ra­tur:Sentuh ku­lit de­ngan ta­bung yang ber­isi air ha­ngat dan di­ngin

Pe­ni­laian:

0 Ti­dak bisa meng­i­den­ti­fi­kasi tes

1 Meng­i­den­ti­fi­kasi tes te­tapi tum­pul

2 Nor­mal

9 Ti­dak bisa di­tes

  1. Pe­me­rik­saan Sen­sasi Ki­nes­te­tik/Pro­pri­o­sep­tik Alat yang di­bu­tuh­kan:

Pe­nu­tup mata

Pe­me­rik­saan:

Pe­me­rik­saan se­mua as­pek ge­rakan ya­itu arah ge­rakan dan po­sisi sendi. un­tuk pe­me­rik­saan ang­gota ge­rak atas, pa­sien ber­ada da­lam po­sisi du­duk, se­dang­kan un­tuk pe­me­rik­saan ang­gota ge­rak ba­wah, pa­sien ber­ada da­lam po­sisi ti­dur te­len­tang. se­lama pe­me­rik­saan mata pa­sien di­tu­tup de­ngan pe­nu­tup mata.

Pe­ni­laian:

0 : Ab­sen,ti­dak meng­i­den­ti­fi­kasi ada­nya ge­rakan

1 : Meng­i­den­ti­fi­kasi ge­rakan te­tapi ti­dak me­nge­ta­hui arah ge­rakan sa­lah

2 : Pen­de­rita da­pat me­nge­nal arah yang di­beri con­toh te­tapi ti­dak me­nge­nal po­sisi baru

3  : Nor­mal

9 : Ti­dak da­pat di­tes

  1. Pe­me­rik­saan Ste­re­og­no­sis Alat yang di­bu­tuh­kan:

a. Pe­nu­tup mata

b. Koin mata uang

c. Pen­sil

d. Si­sir

e. Gun­ting

f. Ge­las Pe­me­rik­saan:

Su­atu ob­yek di­le­tak­kan pada ta­ngan pen­de­rita mak­si­mal 30 de­tik. Pen­de­rita di­minta un­tuk meng­i­den­ti­fi­kasi nama, ben­tuk, ba­han ma­te­rial benda ter­se­but. Sisi tu­buh yang sa­kit di­tes le­bih da­hulu.

Pe­ni­laian:

0 Ab­sen

1 Be­be­rapa gam­baran ob­yek di­se­but­kan

2 Lang­sung da­pat me­e­nye­but­kan benda ob­yek 9 Ti­dak da­pat di­tes

Pen­je­lasan 2: Ma­nual Mus­cle Tes­ting

Pro­se­dur Pe­me­rik­saan:

a. Je­las­kan tu­juan pe­me­rik­saan ke­pada pa­sien

b. Prin­sip pada pe­me­rik­saan ke­ku­atan otot: Pe­me­riksa dan pa­sien ha­rus be­kerja sama jika ingin men­da­pat­kan ha­sil pe­me­rik­saan yang te­pat.

c. Ling­kungan se­lama pe­lak­sa­na­kan tes ha­rus te­nang dan suhu ru­angan ha­rus di­buat se­nya­man mung­kin (ti­dak ter­lalu pa­nas atau ter­lalu di­ngin).

d. Pe­riksa apa­kah ter­da­pat ke­ter­ba­tasan ling­kup ge­rak sendi/ kon­trak­tur, spas­ti­si­tas atau nyeri yang da­pat meng­ganggu ha­sil ases­men

e. Pe­me­rik­saan di­la­ku­kan se­cara ber­u­rutan dari po­sisi du­duk, su­pine, side lying ke­mu­dian prone.

f. Po­si­si­kan pa­sien de­ngan hati hati dan upa­ya­kan me­la­ku­kan tes se­cara ber­u­rutan se­hingga per­u­bahan po­sisi se­lama da­lam tes se­mi­ni­mal mung­kin.

g. La­ku­kan pe­me­rik­saan mu­lai dari po­sisi me­la­wan gra­vi­tasi. Jika pa­sien ti­dak mampu, ru­bah ke po­sisi anti-​gravitasi. Jika pa­sien mampu me­la­ku­kan, lan­jut­kan de­ngan mem­be­ri­kan ta­hanan. ta­hanan di­be­r­i­kan pada per­te­ngahan ge­rakan.

h. Pada saat pe­me­rik­saan fik­sasi di­la­ku­kan pada ba­gian prok­si­mal dari otot yang akan di­ni­lai.

Per­a­latan yang di­bu­tuh­kan

Fo­mu­lir do­ku­men­tasi tes ke­ku­atan otot

Pe­ni­laian

Grade 5 (nor­mal)Ke­mam­puan otot ber­ge­rak me­la­lui ling­kup ge­rak sendi pe­nuh me­la­wan gra­vi­tasi serta da­pat­me­la­wan ta­hanan mak­si­mal.
Grade4 (good)Ke­mam­puan otot ber­ge­rak me­la­lui ling­kup ge­rak sendi pe­nuh me­la­wan gra­vi­tasi serta da­pat­me­la­wan ta­hanan yang ri­ngan sam­pai se­dang.
Grade 3 (fair)Ke­mam­puan otot ber­ge­rak me­la­lui ling­kup ge­rak­sendi pe­nuh me­la­wan gra­vi­tasi na­mun ti­dak da­pat me­la­wan ta­hanan yang ri­ngan se­ka­li­pun.
Grade 2 (poor)Ke­mam­puan otot ber­ge­rak me­la­lui ling­kup ge­rak sendi pe­nuh te­tapi ti­dak da­pat me­la­wan gra­vi­tasi,  atau  ha­nya  da­pat  ber­ge­rak  da­lam­bi­dang hori­son­tal.
Grade 1 (trace)Otot ti­dak mampu ber­ge­rak me­la­lui ling­kup ge­rak sendi pe­nuh da­lam bi­dang hori­son­tal, ha­nya ter­li­hat ge­rakan otot mi­ni­mal atau te­ra­ba­kon­traksi oleh pe­me­riksa.
Grade 0(zero)Ti­dak ada kon­traksi otot sama se­kali baik pa­da­in­speksi ma­u­pun pal­pasi.

Pen­je­lasan 3: Peng­u­kuran Flek­si­bi­li­tas Dan Ling­kup Ge­rak Sendi

  1. Scho­ber Test Pro­se­dur**:**

a. Pa­sien di­minta ber­diri te­gak de­ngan san­tai

b. Iden­ti­fi­kasi ba­gian pun­cak sak­rum pada per­te­muan an­tara ga­ris ho­ri­zon­tal di atas ve­nus dim­ple de­ngan ver­te­bra

c. Tan­dai 10cm di atas dan 5 cm di­ba­wah pun­cak sac­rum ter­se­but

d. Minta pa­sien un­tuk mem­bung­kuk ke­de­pan se­cara mak­si­mal

e. Ukur ja­rak an­tara ti­tik atas dan ti­tik ba­wah

f. Ha­sil ini di­ku­rangi 15 ada­lah ha­sil peng­u­kuran fleksi lum­bar

Ha­sil pe­me­rik­saan:

Flek­si­bi­li­tas lum­bal di­ka­ta­kan nor­mal bila ter­jadi pe­ning­katan ja­rak mi­ni­mal 5 cm pada saat mem­bung­kuk.

Laki-​Laki (CM)Pe­rem­puan (CM)
Su­per>+27>+30
Excellent+17 s/d +27+21 s/d +30
Baik+6 s/d +16+11 s/d +20
Rata-​rata0 s/d +5+1 s/d +10
Se­dang-8 s/d -1-7 s/d 0
Bu­ruk-19 s/d -9-8 s/d -14
Sa­ngat bu­ruk<-20<-14
  1. Sit And Re­ach Test

Pro­se­dur:

a. Pa­sien du­duk se­lon­jor di lan­tai de­ngan se­patu di­le­pas, te­la­pak kaki me­nem­pel pada ba­gian ba­wah ko­tak.

b. Lu­rus­kan ke­dua le­ngan ke de­pan de­ngan ke­dua ta­ngan sa­ling me­num­puk dan te­la­pak ta­ngan meng­ha­dap ke ba­wah.

c. Tu­buh con­dong ke de­pan se­jauh mung­kin un­tuk me­nyen­tuh skala peng­u­kur tanpa me­ne­kuk lu­tut se­de­kat mung­kin.

Ukur­lah ja­rak an­tara ke­dua jari ter­de­kat atau over­lap yang ter­jadi an­tara ke­dua jari ter­se­but.

Ha­sil pe­me­rik­saan:

bila ujung jari me­raih ja­rak le­bih pen­dek dari po­sisi jari kaki, maka skor­nya ne­ga­tif, na­mun bila jari da­pat me­raih me­le­bihi po­sisi jari kaki, maka skor­nya po­si­tif. be­sar skor di­ten­tukan oleh po­sisi ujung jari pada skala peng­u­kur.

  1. Peng­u­kuran Ling­kup Ge­rak Sendi De­ngan Go­ni­o­me­ter Pro­se­dur:

a. Ten­tukan ak­sis sendi yang akan di­u­kur, lalu pa­sang le­ngan pan­jang go­ni­o­me­ter pada ba­gian tu­buh yang ti­dak ber­ge­rak dan le­ngan pen­dek go­ni­o­me­ter pada ba­gian tu­buh yang ber­ge­rak. La­ku­kan peng­u­kuran se­pan­jang ling­kup ge­rak sendi.

b. Ca­tat ha­sil peng­u­kuran, ban­ding­kan ke­dua sisi dan ni­lai nor­mal ling­kup ge­rak sendi.

Ha­sil pe­me­rik­saan:

ban­ding­kan ha­sil pe­me­rik­saan ling­kup ge­rak sendi sisi ka­nan dan kiri meng­gu­na­kan go­ni­o­me­ter.

Pe­me­rik­saan Go­ni­o­me­ter (Co­ur­tesy of Dr. J.F. Leh­mann)

Pe­me­rik­saanGam­barPo­sisi AwalPeng­u­kuran
Fleksi bahu· Ter­len­tang· Le­ngan ber­ada di kiri de­ngan ta­ngan pada po­sisi pro­nasi· Bi­dang sa­gi­tal· Sub­ti­tusi yang pelu di­hin­dari:- Pung­gung melengkung-​ Pung­gung ber­pu­tar· Go­ni­o­me­ter:- ak­sis pada sisi la­te­rals sendi di­ba­wah
Pe­me­rik­saanGam­barPo­sisi AwalPeng­u­kuran
acromion-​ Kaki 1 pa­ra­lel de­ngan mid ak­si­la­ris badan-​ Kaki 2 pa­ra­lel de­ngan ga­ris te­ngah­hu­me­rus
Hi­per­eks­tensi bahu· Ter­lung­kup· Le­ngan pada sisi ba­dan dan ta­ngan pada po­sisi pro­nasi· Bi­dang sa­gi­tal· Sub­ti­tusi yang perlu di­hin­dari:- meng­ang­kat bahu dari meja pemeriksaan-​ me­mu­tar ba­dan· Go­ni­o­me­ter:- Ak­sis pa­da­sisi la­te­ral sendi di ba­wah acromion-​ Kaki 1 pa­ra­lel de­ngan mid ak­si­la­ris badan-​ Kaki 2 pa­ra­lel de­ngan ga­ris te­ngah­hu­me­rus
Pe­me­rik­saanGam­barPo­sisi AwalPeng­u­kuran
Ab­duksi bahu· Ter­len­tang· Le­ngan pada sisi ba­dan· Bi­dang fron­tal (bahu ha­rus ro­tasi eks­ter­nal un­tuk men­da­pat ha­sil mak­si­mum)· Sub­ti­tusi yang perlu di­hin­dari:- -​Gerakan ba­dan ke lateral-​ -​memutar ba­dan· Go­ni­o­me­ter:- Ak­sis di an­te­rior sendi dan se­ja­jar de­ngan acromion-​ Kaki 1 pa­ra­lel de­ngan mid­line badan-​ Kaki 2 pa­ra­lel de­ngan mid­li­ne­h­u­me­rus
Ro­tasi In­ter­nal bahu· Terlen-​tang· Le­ngan di - ab­duksi 90odan siku di­ang­kat dari meja· Siku difleksi-​ kan 90o dan ta­ngan pa­da­po­sisi pro­nasi· Bi­dang trans­versa· Sub­ti­tusi yang perlu di­hin­dari:- Me­man­jangka n ba­hu­memutar badan-​ meng­u­bah
Pe­me­rik­saanGam­barPo­sisi AwalPeng­u­kuran
· Le­ngan ba­wah te­gak lu­rus de­ngan lan­taisu­dut pa­da­bahu atau siku· Go­ni­o­me­ter:- Ak­sis se­pan­jang ak­sis lo­ngi­tu­di­nal humerus-​ Kaki 1 te­gak lu­rus de­ngan lantai-​ Kaki 2 pa­ra­lel de­ngan mid­line ata­u­lengan ba­wah
Pe­me­rik­saanGam­barPo­sisi AwalPeng­u­kuran
Ro­tasi Eks­ter­nal bahu· Ter­len­tang· Le­ngan di­ab­duksi 90o dan siku di­ang­kat dari meja· Siku dif­lek­si­kan 90o dan ta­ng­an­pada po­sisi pro­nasi· Le­ngan ba­wah te­gak lu­rus de­ngan san­tai· Bi­dang trans­vesa· Sub­ti­tusi yang pelu di­hin­dari:- Pung­gung melengkung-​ Me­mu­tar badan-​ Meng­u­bah su­dut pa­da­bahu atau siku· Go­ni­o­me­ter:- ak­sis se­pan­jang ak­sis
Pe­me­rik­saanGam­barPo­sisi AwalPeng­u­kuran
lo­ngi­tu­di­nal humerus-​ Kaki 1 te­gak lu­rus de­ngan lantai-​ Kaki 2pa­ra­lel de­ngan mid­line atau le­ngan­ba­wah
Fleksi siku· Ter­lung­kup· Le­ngan pada sisi ba­dan dan ta­ngan pada po­sisi pro­nasi· Bi­dang sa­gi­tal· Sub­ti­tusi yang perlu di­hin­dari:- meng­ang­kat bahu dari meja pemeriksaan-​ me­mu­tar ba­dan· Go­ni­o­me­ter:- Ak­sis pa­da­sisi la­te­ral sendi di ba­wah acromion-​ Kaki 1pa­ra­lel de­ngan mid ak­si­la­ris badan-​ Kaki 2pa­ra­lel de­ngan ga­ris
Pe­me­rik­saan Gam­barPo­sisi AwalPeng­u­kuran
te­ngah­hu­me­rus
Hi­per­eks­tensi siku· Ter­len­tang· Le­ngan pada sisi ba­dan· Bi­dang fron­tal (ba­hu­ha­rus ro­tasi eks­ter­nal un­tuk men­da­pat ha­sil mak­si­mum)· Sub­ti­tusi yang perlu di­hin­dari:- Ge­rakan ba­dan ke lateral-​ me­mu­tar ba­dan· Go­ni­o­me­ter:- Ak­sis di an­te­rior sendi dan se­ja­jar de­ngan acromion-​ Kaki 1pa­ra­lel de­ngan mid­line badan-​ Kaki 2pa­ra­lel de­ngan mid­line hu­me­rus
Pe­me­rik­saanGam­barPo­sisi AwalPeng­u­kuran
Pro­nasi le­ngan ba­wah· Ter­len­tang· Le­ngan di ab- duksi 90o dan siku di­ang­kat dari meja· Siku diflek-​ si­kan 90o dan ta­ngan pada po­sisi pro­nasi· Le­ngan ba­wah te­gak lu­rus de­ngan lan­tai· Bi­dang trans­versa· Sub­ti­tusi yang perlu di­hin­dari:- Me­man­jangk an bahu-​ me­mu­tar badan-​ meng­u­bah su­dut pa­da­bahu atau siku· Go­ni­o­me­ter:- Ak­sis se­pan­jang ak­sis lo­ngi­tu­di­nal humerus-​ Kaki 1 te­gak lu­rus de­ngan lantai-​ Kaki 2pa­ra­lel de­ngan mid­line atau le­ngan­ba­wah

Pen­je­lasan 4: pe­di­at­ric ba­lance scale dan berg ba­lance scale Pe­di­at­ric ba­lance scale

Per­a­latan yang di­bu­tuh­kan:

a. Kursi yang bisa di­a­tur tinggi-​rendahnya, de­ngan san­daran pung­gung dan ta­ngan serta meja anak

b. Sto­p­watch

c. Un­dakan 6 inci

d. Peng­ga­ris

Pe­di­at­ricBa­lanceScale

Nama :
Tang­gal :
Pe­ni­lai :
Pro­se­dur****UjiSkor
Du­duk ke ber­diri
Ber­diri ke du­duk
Du­duk tanpa sup­port
Ber­pin­dah tem­pat
Ber­diri tanpa sup­port
Ber­diri de­ngan mata ter­tu­tup
Ber­diri de­ngan ke­dua kaki di­ra­pat­kan
Ber­diri heel-​to-​toe (satu kaki di de­pan kaki la­in­nya)
Ber­diri 1 kaki
Ber­pu­tar 360 de­ra­jat
Ber­pu­tar un­tuk me­li­hat ke be­la­kang
Meng­am­bil ob­jek dari lan­tai
Berganti-​ganti kaki pada un­dakan
Me­raih ke de­pan de­ngan ta­ngan me­re­gang pe­nuh
To­tal Skor

Ca­tatan : Pe­di­at­ric Ba­lance Scale bisa di­la­ku­kan pada anak ≥ 5

ta­hun.

Skor pe­ni­laian PBSL:

0 ti­dak da­pat me­nger­ja­kan

1 Ke­mam­puan un­tuk me­nye­le­sai­kan ha­nya se­di­kit

2 mampu me­nye­le­sai­kan se­ba­gian

3 ham­pir sem­purna

4 sem­purna

Berg Ba­lance Scale

Berg Ba­lance Scale (BBS) di­gu­na­kan un­tuk me­ni­lai ke­se­im­bangan pada orang de­wasa atau orang tua yang me­mi­liki gang­guan pada fungsi ke­se­im­bangan de­ngan me­ni­lai per­forma da­lam men­ja­lan­kan tu­gas fung­si­o­nal. Berg Ba­lance Scale ter­diri dari 14 pe­ni­laian.

Alat-​alat yang di­per­lu­kan:

Peng­ga­ris, 2 kursi stan­dar (1 de­ngan san­daran ta­ngan, 1 tanpa san­daran ta­ngan),

ding­klik, sto­p­watch, ja­lur ja­lan se­pan­jang 15 kaki/4,5 me­ter.

Berg Ba­lance Scale

Nama :
Tang­gal :
Pe­ni­lai :
Pro­se­dur****UjiSkor
Du­duk ke ber­diri
Ber­diri tanpa ban­tuan
Du­duk tanpa ber­san­dar
Ber­diri ke du­duk
Ber­pin­dah Tem­pat
Ber­diri de­ngan mata ter­tu­tup
Ber­diri de­ngan ke­dua kaki di­ra­pat­kan
Me­raih de­ngan ta­ngan pe­nuh ke de­pan
Meng­am­bil ba­rang dari lan­tai
Ber­pu­tar un­tuk me­li­hat ke be­la­kang
Ber­pu­tar 360 de­ra­jat
Ber­gan­tian me­na­ruh kaki di un­dakan
Ber­diri de­ngan satu kaki di de­pan yang la­in­nya
Ber­diri de­ngan satu kaki
To­tal Skor

Pe­ni­laian:

Pe­ni­laian be­rupa skala 0-4, de­ngan 0 me­nan­da­kan pa­ling ren­dah, 4 me­nan­da­kan fungsi pa­ling tinggi. Ni­lai to­tal = 56.

Ha­sil pe­ni­laian:

41-56 = Re­siko ja­tuh ren­dah 21-40 = Re­siko ja­tuh se­dang 00-20 = Re­siko ja­tuh tinggi

In­struksi Umum

Ca­tat­lah se­tiap tu­gas dan beri in­struksi se­suai yang ter­tu­lis. Ke­tika me­la­ku­kan pe­ni­laian, ca­tat­lah res­pon te­ren­dah pada se­tiap pe­me­rik­saan,

Pada ham­pir se­mua pe­me­rik­saan, pa­sien di­minta un­tuk ber­ta­han da­lam po­sisi ter­tentu un­tuk be­be­rapa waktu. ni­lai ber­ku­rang jika:

a. Waktu atau ja­rak yang di­per­lu­kan ti­dak ter­pe­nuhi

b. • Pa­sien mem­bu­tuh­kan su­per­visi se­lama me­nger­ja­kan tes

c. • Pa­sien me­nyen­tuh sup­port lain atau me­ne­rima ban­tuan dari pe­me­riksa.

In­struksi

a. Du­duk ke ber­diri

Coba ber­diri, usa­ha­kan ti­dak meng­gu­na­kan ta­ngan un­tuk sup­port

(4) da­pat ber­diri tanpa meng­gu­na­kan ta­ngan dan men­sta­bil­kan diri se­cara man­diri

(3) da­pat ber­diri sen­diri meng­gu­na­kan ta­ngan

(2) da­pat ber­diri meng­gu­na­kan ta­ngan se­te­lah men­coba be­be­rapa kali

(1) mem­bu­tuh­kan ban­tuan mi­ni­mal un­tuk ber­diri atau men­sta­bil­kan diri

(0) mem­bu­tuh­kan ban­tuan se­dang atau mak­si­mal un­tuk ber­diri

b. Ber­diri tanpa ban­tuan

in­struksi: Coba ber­diri se­lama dua me­nit tanpa ber­pe­gangan

(4)da­pat ber­diri de­ngan aman se­lama 2 me­nit

(3)da­pat ber­diri se­lama 2 me­nit de­ngan peng­a­wasan

(2)da­pat ber­diri se­lama 30 de­tik tanpa ban­tuan dan pe­gangan

(1)bu­tuh be­be­rapa kali per­co­baan un­tuk da­pat ber­diri se­lama 30 de­tik tanpa ban­tuan

(0)ti­dak da­pat ber­diri se­lama 30 de­tik tanpa ban­tuan

c. Du­duk tanpa ber­san­dar te­tapi kaki me­na­pak pada ta­nah atau ding­klik

in­struksi: Coba du­duk de­ngan ta­ngan di­li­pat di de­pan se­lama 2 me­nit

(4) da­pat du­duk de­ngan aman sta­bil se­lama 2 me­nit

(3) da­pat du­duk se­lama 2 me­nit de­ngan peng­a­wasan

(2)  da­pat du­duk se­lama 30 de­tik

(1)  da­pat du­duk se­lama 10 de­tik

(0)  ti­dak da­pat du­duk tanpa san­daran se­lama 10 de­tik

d. Ber­diri ke du­duk in­struksi: Coba du­duk

(4) du­duk de­ngan aman de­ngan meng­gu­na­kan ta­ngan se­cara mi­ni­mal (3)me­ngon­trol du­duk de­ngan meng­gu­na­kan ta­ngan

(2)me­nem­pel­kan ba­gian be­la­kang kaki ke kursi un­tuk me­ngon­trol du­duk

(1)da­pat du­duk sen­diri, te­tapi ge­rakan du­duk­nya ti­dak ter­kon­trol (0)bu­tuh ban­tuan un­tuk du­duk

e. Ber­pin­dah tem­pat

in­struksi: Atur kursi un­tuk pi­vot trans­fer. minta pa­sien un­tuk ber­pin­dah satu kali ke kursi de­ngan pe­gangan ta­ngan dan satu kali ke kursi tanpa pe­gangan ta­ngan. bisa meng­gu­na­kan 2 kursi atau 1 kursi dan 1 ran­jang.

(4) Da­pat ber­pin­dah de­ngan aman de­ngan peng­gu­naan ta­ngan se­cara mi­ni­mal

(3)da­pat ber­pin­dah de­ngan aman de­ngan meng­gu­na­kan ta­ngan

(2)da­pat ber­pin­dah de­ngan ban­tuan ver­bal atau su­per­vise

(1)bu­tuh ban­tuan 1 orang

(0)bu­tuh 2 orang un­tuk mem­bantu atau meng­a­wasi agar aman

f. Ber­diri de­ngan mata ter­tu­tup

in­struksi: to­long tu­tup mata anda, dan ber­diri te­gak se­lama 10 de­tik

(4)da­pat ber­diri de­ngan aman se­lama 10 de­tik

(3)da­pat ber­diri se­lama 10 de­tik de­ngan peng­a­wasan

(2)da­pat ber­diri se­lama 3 de­tik

(1)ti­dak da­pat me­nu­tup mata se­lama 3 de­tik te­tapi da­pat ber­diri de­ngan aman

(0)bu­tuh ban­tuan agar ti­dak ja­tuh

g. Ber­diri de­ngan kaki di­ra­pat­kan

in­struksi: ra­pat­kan kaki anda dan ber­diri tanpa ber­pe­gangan

(4)da­pat me­ra­pat­kan kaki se­cara man­diri dan ber­diri 1 me­nit de­ngan aman

(3)da­pat me­ra­pat­kan kaki se­cara man­diri dan ber­diri 1 me­nit de­ngan peng­a­wasan

(2)da­pat me­ra­pat­kan kaki se­cara man­diri te­tapi ti­dak da­pat ber­ta­han se­lama 30 de­tik

(1)bu­tuh  ban­tuan  un­tuk  meng­am­bil  po­sisi  te­tapi  da­pat  ber­diri se­lama 15 de­tik

(0)bu­tuh ban­tuan un­tuk meng­am­bil po­sisi te­tapi ti­dak da­pat ber­diri se­lama 15 de­tik

h. Me­raih de­ngan ta­ngan pe­nuh ke de­pan saat ber­diri

in­struksi: Ang­kat le­ngan sam­pai 90 de­ra­jat, buka jari2 dan ber­u­saha me­raih ke de­pan se­jauh mung­kin. (pe­me­riksa me­na­ruh peng­ga­ris di ujung jari ke­tika ta­ngan ber­ada da­lam po­sisi 90 de­ra­jat). Jari ti­dak bo­leh me­nyen­tuh peng­ga­ris saat me­raih ke de­pan. Ja­rak yang di­u­kur ada­lah ja­rak jari ke­tika pa­sien ber­ada di po­sisi so­rong ke de­pan mak­si­mal. Jika me­mung­kin­kan, minta pa­sien un­tuk meng­gu­na­kan ke­dua le­ngan ke­tika me­raih un­tuk meng­hin­dari pu­taran ba­dan.)

(4) da­pat me­raih ke de­pan de­ngan man­tap se­jauh 25cm

(3)  da­pat me­raih ke de­pan se­jauh 12 cm

(2)  da­pat me­raih ke de­pan se­jauh 5 cm

(1) me­raih ke de­pan te­tapi bu­tuh peng­a­wasan

(0) ke­hi­langan ke­se­im­bangan saat men­coba/mem­bu­tuh­kan ban­tuan

i. Meng­am­bil ba­rang dari lan­tai dari po­sisi ber­diri

in­struksi: Am­bil se­patu/san­dal yang ada di de­pan kaki anda

(4)da­pat meng­am­bil san­dal de­ngan aman dan mu­dah

(3)da­pat meng­am­bil san­dal te­tapi mem­bu­tuh­kan peng­a­wasan

(2)ti­dak da­pat meng­am­bil san­dal na­mun men­ca­pai 2-5cm dari san­dal dan da­pat men­jaga ke­se­im­bangan.

(1)ti­dak da­pat meng­am­bil san­dal dan mem­bu­tuh­kan peng­a­wasan se­lama men­coba

(0)ti­dak da­pat men­coba/mem­bu­tuh­kan ban­tuan un­tuk men­jaga ke­se­im­bangan

j. Ber­pu­tar un­tuk me­li­hat ke be­la­kang se­lama ber­diri

in­struksi: li­hat­lah ke be­la­kang me­la­lui bahu ka­nan. ulangi me­la­lui bahu kiri. (Pe­me­riksa da­pat me­le­tak­kan ba­rang un­tuk di­li­hat te­pat di be­la­kang pa­sien)

(4) da­pat me­li­hat ke be­la­kang dari ke­dua sisi dan me­ru­bah tum­puan de­ngan baik

(3)da­pat me­li­hat ke be­la­kang dari satu sisi saja, sisi yang lain pe­u­bahan tum­puan­nya ku­rang baik

(2)ha­nya da­pat me­li­hat ke­sam­ping, na­mun ke­se­im­bangan te­tap ter­jaga

(1)mem­bu­tuh­kan ban­tuan un­tuk ber­pu­tar

(0)mem­bu­tuh­kan ban­tuan un­tuk men­jaga ke­se­im­bangan dan men­ce­gah ja­tuh

k. Ber­pu­tar 360 de­ra­jat

in­struksi: ber­pu­tar pe­nuh 1 pu­taran, ber­henti, ke­mu­dian ber­pu­tar lagi 1 pu­taran pe­nuh ke arah ber­la­wanan.

(4) da­pat ber­pu­tar pe­nuh 360 de­ra­jat de­ngan aman da­lam 4 de­tik atau ku­rang

(3)da­pat ber­pu­tar pe­nuh 360 de­ra­jat de­ngan aman ha­nya ke 1 sisi da­lam 4 de­tik atau ku­rang

(2)da­pat ber­pu­tar pe­nuh 360 de­ra­jat de­ngan aman te­tapi lam­bat

(1)bu­tuh peng­a­wasan ke­tat atau ban­tuan ver­bal (0)mem­bu­tuh­kan ban­tuan saat ber­pu­tar

l. Ber­gan­tian me­na­ruh kaki di ding­klik

in­struksi: le­tak­kan se­tiap kaki se­cara ber­gan­tian di­a­tas ding­klik. lan­jut­kan sam­pai

se­tiap kaki te­lah me­nyen­tuh ding­klik se­ba­nyak 4 kali.

(4) da­pat ber­diri sen­diri dan me­nye­le­sai­kan 8 lang­kah da­lam 20 de­tik de­ngan aman

(3)da­pat ber­diri sen­diri dan me­nye­le­sai­kan 8 lang­kah da­lam >20 de­tik

(2)mampu me­nye­le­sai­kan 4 lang­kah de­ngan su­per­visi tanpa ban­tuan

(1)mampu me­nye­le­sai­kan >2 lang­kah dan mem­bu­tuh­kan ban­tuan mi­ni­mal

(0)mem­bu­tuh­kan ban­tuan agar ti­dak ja­tuh/ti­dak mampu men­coba

m. Ber­diri de­ngan satu kaki di de­pan

in­struksi: (de­mon­stra­si­kan ke pa­sien). le­tak­kan satu kaki te­pat di de­pan kaki la­in­nya. Apa­bila ti­dak da­pat me­le­tak­kan te­pat di de­pan kaki, coba un­tuk me­lang­kah cu­kup jauh se­hingga ba­gian tu­mit kaki yang me­lang­kah ber­ada di de­pan jari-​jari kaki yang di­be­la­kang (un­tuk da­pat men­ca­pai 3 poin, pan­jang lang­kah ha­rus me­le­bihi pan­jang kaki lai­i­nya, dan le­bar an­tara ke­dua kaki ti­dak le­bih le­bar dari po­sisi nor­mal pa­sien ter­se­but saat ber­ja­lan).

(4) da­pat me­le­tak­kan kaki tan­dem satu sama lain se­cara man­diri dan ber­ta­han se­lama 30 de­tik

(3)da­pat me­le­tak­kan kaki di de­pan kaki la­in­nya se­cara man­diri dan ber­ta­han se­lama 30 de­tik

(2)da­pat me­lang­kah ke­cil se­cara man­diri dan ber­ta­han se­lama 30 de­tik

(1)bu­tuh ban­tuan un­tuk me­lang­kah te­tapi da­pat ber­ta­han se­lama 15 de­tik

ke­hi­langan ke­se­im­bangan saat me­lang­kah atau ber­diri

n. Ber­diri de­ngan satu kaki

in­struksi: ber­diri de­ngan satu kaki se­lama mung­kin  tanpa ber­pe­gangan

(4) da­pat meng­ang­kat kaki se­cara man­diri dan ber­ta­han >10de­tik

(3)da­pat meng­ang­kat kaki se­cara man­diri dan ber­ta­han 5-10 de­tik

(2)da­pat meng­ang­kat kaki se­cara man­diri dan ber­ta­han ≥3 de­tik

(1)men­coba meng­ang­kat kaki te­tapi ti­dak mampu ber­ta­han se­lama 3 de­tik na­mun te­tap ber­diri se­cara man­diri

(0)ti­dak mampu men­coba, mem­bu­tuh­kan ban­tuan un­tuk men­ce­gah ja­tuh

Ni­lai To­tal: (mak­si­mum 56)

Pen­je­lasan 5: Ti­med Up and Go Test (TUG)

Tes ini un­tuk meng­u­kur fungsi mo­bi­li­tas se­cara ke­se­lu­ruhan, me­ni­lai ke­mam­puan

trans­fer (ber­pin­dah tem­pat), ber­ja­lan dan meng­u­bah arah.

Pro­se­dur:

a. Pa­sien di­minta un­tuk bang­kit dari po­sisi du­duk dari kursi de­ngan tinggi stan­dar, ber­ja­lan 3 me­ter pada per­mu­kaan rata, ber­pu­tar ke­mu­dian ber­ja­lan ba­lik kem­bali ke po­sisi du­duk, ber­ge­rak se­ce­pat dan se­a­man me­reka mampu.

b. Per­forma di­ni­lai ber­da­sar­kan to­tal waktu yang di­bu­tuh­kan un­tuk me­nye­le­sai­kan tu­gas.

c. Ni­lai nor­mal TUG bagi wa­nita usia lan­jut (usia 65-85 ta­hun) yang ting­gal di ko­mu­ni­tas ada­lah ku­rang dari 12 de­tik.

Mean TUG Sco­res

UsiaTanpa tong­kat­Rata2 ±SDDe­ngan tong­kat­Rata2±SD
65-69 Laki-​laki9.93±1.4011.57±1.31
65-69 Pe­rem­puan10.15±2.9114.19±4.67
70-74 Laki-​laki10.45±1.8512.23±1.88
70-74 Pe­rem­puan10.37±2.2314.27±5.22
75-79 Laki-​laki10.48±1.5911.82±5.22
75-79 Pe­rem­puan10.98±2.6815.29±5.08

Pen­je­lasan 6: Bart­hel Index

Nama Pa­sien : Pe­me­riksa: Tang­gal:

Ak­ti­vi­tasSkor
Ma­kan
0 =Ti­dak mampu
5 =Me­mer­lu­kan ban­tuan me­mo­tong, meng­o­les0/ 5/
men­tega, dll, atau me­mer­lu­kan mo­di­fi­kasi diet10
10 =In­de­pen­den
Ak­ti­vi­tasSkor
Mandi0 = Ber­gan­tung pada orang lain 5 = In­de­pen­den0 **/**5
Gro­o­ming0 = Perlu ban­tuan da­lam pe­ra­watan diri5 = In­de­pen­den me­ra­wat wa­jah/ram­but/gigi/cu­kur0 **/**5
Ber­pa­kaian0 = Ber­gan­tung pada orang lain5 = Di­bantu, na­mun da­pat me­la­ku­kan se­pa­ruh­nya sen­diri10 = In­de­pen­den (ter­ma­suk kan­cing, res­le­ting, tali,dll)0 / 5 / 10
Bu­ang Air Be­sar0 = In­kon­ti­nen (atau perlu ban­tuan enema) 5 = Ka­dang ti­dak ter­kon­trol10 = Ter­kon­trol0 **/ 5 /**10
Bu­ang Air Ke­cil0 = In­kon­ti­nen (atau ter­pa­sang ka­te­ter) 5 = Ka­dang ti­dak ter­kon­trol10 = Ter­kon­trol0 / 5 / 10
Peng­gu­naan Toi­let0 = Ber­gan­tung ke­pada orang lain5 = Perlu ban­tuan, na­mun da­pat me­la­ku­kan se­ba­gian sen­diri10 = In­de­pen­den (me­le­pas pa­kaian, ce­bok,ber­pa­kaian)0 / 5 / 10
Trans­fer **(Ran­jang ke kursi dan kem­bali ke ran­jang)**0 = Ti­dak mampu, ti­dak ada ke­se­im­bangan du­duk5 = Ban­tuan be­sar (1-2 orang, ban­tuan fi­sik), da­pat du­duk10 = Ban­tuan ke­cil (ver­bal atau fi­sik)15 = In­de­pen­den0 **/ 5 / 10 /**15
**Mo­bi­li­tas (Pada per­mu­kaan rata)**0 = Imo­bil atau <  45,72 me­ter
Ak­ti­vi­tasSkor
5 = Kursi roda in­de­pen­den, ter­ma­suk be­lok, >45, 72 me­ter10 = Ber­ja­lan di­bantu 1 orang, >45.72 me­ter15 = In­de­pen­den (na­mun da­pat meng­gu­na­kan ban­tuan, se­perti tong­kat), >45,72 me­ter0****15/ 5/ 10 /
Naik Tangga0 = Ti­dak mampu5 = Perlu ban­tuan 10 = In­de­pen­den0/ 5/ 10

To­tal Skor (0-100):

In­ter­pre­tasi ha­sil Bart­hel Index:

100 : man­diri

60-95 : Ke­ter­gan­tungan ri­ngan 45-55 : Ke­ter­gan­tungan se­dang 25-40 : Ke­ter­gan­tungan be­rat 0-20 : Ke­ter­gan­tungan to­tal

Ca­tatan:

da­lam meng­in­ter­pre­tasi bart­hel index perlu un­tuk meng­hin­dari pe­ni­laian ke­mam­puan pa­sien ber­da­sar­kan pe­me­rik­saan fi­sik saat itu. Barthel-​Index ha­rus di­ni­lai ber­da­sar­kan ke­mam­puan pa­sien se­sung­guh­nya.

Pen­je­lasan 7: Uji Fungsi Me­ne­lan

Self-​Test Un­tuk Gang­guan Me­ne­lan (Dyspha­gia Self-​Test)

Di ba­wah ini ada­lah be­be­rapa per­ta­nyaan umum yang ber­ka­itan de­ngan me­ne­lan. Mo­hon di­baca se­tiap per­ta­nyaan di ba­wah dan ling­kari “Ya” atau “Ti­dak”di­sam­ping se­tiap per­ta­nyaan. Jika su­dah se­le­sai men­ja­wab se­lu­ruh per­ta­nyaan, ikuti pe­tun­juk pe­ni­laian di­ba­wah.

  1. Apa­kah ter­ka­dang ma­kanan me­le­wati sa­luran yang sa­lah? Ya Ti­dak

  2. Apa­kah su­ara anda ter­ka­dang se­perti ber­ku­mur atau ba­sah ke­tika anda ma­kan?

Ya Ti­dak

c. Apa­kah ma­kan ter­ka­dang ku­rang da­pat di­nik­mati se­perti bi­a­sa­nya?

Ya Ti­dak

d. Apa­kah anda ter­ka­dang ke­su­litan mem­ber­sih­kan ma­kanan dari mu­lut de­ngan 1 kali me­ne­lan?

Ya Ti­dak

e. Apa­kah anda ter­ka­dang me­rasa ma­kanan ter­sang­kut di teng­go­rokan?

Ya Ti­dak

f. Apa­kah anda meng­a­lami pneu­mo­nia atau pe­nya­kit per­na­fasan lain ber­u­lang kali?

Ya Ti­dak

g. Apa­kah per­nah be­rat ba­dan anda tu­run tanpa men­coba me­nu­run­kan­nya?

Ya Ti­dak

h. Apa­kah anda se­ring­kali ke­su­litan me­ne­lan obat?

Ya Ti­dak

i. Apa­kah anda se­ring­kali ter­se­dak atau ba­tuk saat me­ne­lan ma­kanan pa­dat atau ca­iran?

Ya Ti­dak

j. Apa­kah anda se­ring­kali ke­su­litan me­ne­lan ma­kanan atau mi­numan ter­tentu?

Ya Ti­dak

Hi­tung ja­waban “Ya” anda

Tam­bah­kan 2 poin jika anda men­ja­wab “Ya” pada per­ta­nyaan 1,2,dan

3

Tam­bah­kan 2 poin jika anda men­ja­wab “Ya” pada per­ta­nyaan 3,4,  dan  5

Tam­bah­kan2poinjikausiaanda70-74
Tam­bah­kan3poinjikausiaanda75-79
Tam­bah­kan4poinjikausiaanda80-85
To­talni­lai

*Apa­bila to­tal ni­lai anda 7 atau le­bih, se­ba­ik­nya anda ber­kon­sul­tasi de­ngan dok­ter. bawa ha­sil self-​test ini ke dok­ter anda.

TOR-​BSST (To­ronto Be­d­side Swal­lo­wing Scre­e­ning Test) TO­RONTO BE­D­SIDE SWAL­LO­WING SCRE­E­NING TEST

Tang­gal: (mm/dd/yyyy) Waktu : (hh/mm)

A) Se­be­lum in­take ca­iran:(tan­dai ko­lom ab­nor­mal atau nor­mal un­tuk masing-​ ma­sing uji)

  1. Minta pa­sien me­nga­ta­kan ‘ah’ dan ni­lai ku­a­li­tas su­ara
  1. Minta pa­sien un­tuk men­ju­lur­kan li­dah dan meng­ge­rak­an­nya ke ke­dua sisi

B) In­take ca­iran:

Du­dukan pa­sien pada po­sisi te­gak dan ber­i­kan mi­num air. Minta pa­sien

un­tuk me­nga­ta­kan “ah” se­te­lah tiap kali mi­num.

Tan­dai ab­nor­mal jika ada tanda-​ tanda ber­i­kut: ba­tuk, per­u­bahan ku­a­li­tas su­ara atau nge­ces (dro­o­ling). Jika ab­nor­mal, hen­ti­kan in­take air dan lan­jut­kan ke poin C.

Ba­tuk saat/se­te­lah­me­ne­lanPer­u­bahan su­ara se­te­lah­me­ne­lanNge­ces/dro­o­ling saat/se­te­lah­me­ne­lanNor­mal
Swal­low 1
Swal­low 2
Swal­low 3
Swal­low 4
Swal­low 5
Swal­low 6
Swal­low 7
Swal­low 8
Swal­low 9
Swal­low 10
Cup Drin­king

C) Se­te­lah in­take ca­iran:

Minta pa­sien me­nga­ta­kan”ah” lagi dan ni­lai ku­a­li­tas su­ara

Pe­tun­juk un­tuk me­la­ku­kan uji To­ronto Be­d­site swa­lo­wing Scre­e­ning Test

Se­be­lum me­mu­lai skri­ning, pas­ti­kan:

· Air mi­num da­lam cang­kir dan sen­dok teh te­lah ter­se­dia

· Mu­lut pa­sien ber­sih

· Pa­sien du­duk te­gak su­dut 90 de­ra­jat

A. Se­be­lum In­take ca­iran:

  1. “Saya ingin anda ucap­kan “ah” se­lama 5 de­tik meng­gu­na­kan su­ara nor­mal anda”

a. Con­toh­kan “ah” ke­pada pa­sien.

b. Ingat­kan un­tuk ti­dak me­nye­nan­dung­kan “ah” atau

meng­gu­na­kan su­ara ke­cil.

c. Da­pat juga me­nyu­ruh pa­sien me­man­jang­kan si­la­bel ter­a­khir dari kata Ot­tawa.

d. Per­ha­ti­kan su­ara pa­sien saat ber­bi­cara. Jika su­ara pa­sien ber­beda saat me­nga­ta­kan “ah”, in­struk­si­kan pa­sien un­tuk meng­gu­na­kan su­ara nor­mal.

e. Yang perlu di­per­ha­ti­kan ada­lah bre­a­t­hi­ness, gur­gles, hoar­se­ness, atau whis­per qu­a­lity dari su­ara. Jika anda me­ne­mu­kan sa­lah satu dari hal di­a­tas, wa­lau­pun ri­ngan, ni­lai ab­nor­mal.

  1. “buka mu­lut anda, ju­lur­kan li­dah se­jauh mung­kin. Ge­rakan li­dah ke kiri-​kanan mu­lut berulang-​ ulang.

a. Ju­lur­kan li­dah. Pe­ra­ga­kan ge­rakan li­dah ke kiri dan ke ka­nan mu­lut berulang-​ulang ke­pada pa­sien.

b. Yang perlu di­per­ha­ti­kan ada­lah ada­nya de­vi­asi dari li­dah ke satu sisi saat di­ju­lur­kan, atau ada­nya ke­su­litan meng­ge­rakan li­dah ke sa­lah satu sisi. ni­lai ab­nor­mal jika anda me­ne­mu­kan sa­lah satu hal di­a­tas. Jika pa­sien ti­dak bisa men­ju­lur­kan li­dah sama se­kali, juga di­ni­lai ab­nor­mal.

B. Me­ne­lan air:

  1. Ber­i­kan pa­sien 10 x 1 sen­dok teh air un­tuk di­mi­num. Ingat­kan pa­sien un­tuk meng­u­cap­kan “ah” se­te­lah me­ne­lan tiap sen­dokan. Jika nor­mal, ber­i­kan cang­kir ke­pada pa­sien un­tuk di­mi­num lang­sung.

a. Pa­sien ha­rus se­lalu di­su­api 1 sen­dok teh air

b. Pas­ti­kan sen­dok teh pe­nuh ber­isi air.

c. Pal­pasi teng­go­rokan se­cara ri­ngan pada be­be­rapa kali me­ne­lan per­tama un­tuk me­mo­ni­tor ge­rakan la­ring.

d. Yang perlu di­per­ha­ti­kan ada­lah ba­tuk, nge­ces(dro­o­ling) atau per­u­bahan su­ara pa­sien ka­rena wet­ness, ho­ar­sness, dll. Jika anda me­ne­mu­kan hal di­a­tas, tan­dai pada ko­lom yang ada, dan hen­ti­kan uji me­ne­lan air.

e. Jika anda me­li­hat se­su­atu yang ter­li­hat se­perti ba­tuk yang ter­ta­han, tan­dai ini se­ba­gai ba­tuk.

C. Su­ara se­te­lah me­ne­lan air:

  1. Tunggu satu me­nit se­te­lah akhir uji me­ne­lan air (anda da­pat meng­gu­na­kan waktu ini un­tuk mem­be­res­kan per­a­latan, meng­isi for­mu­lir)

  2. Minta pa­sien un­tuk me­nga­ta­kan “ah” se­perti pada awal uji me­ne­lan.

D. Fi­nal Sco­ring:

Jika sa­lah satu item da­lam uji di­tan­dai se­ba­gai ab­nor­mal, pa­sien di­ni­lai ga­gal/Fa­iled.