Lewati ke konten utama

EK­STRAKSI KUKU

Ting­kat Ke­te­ram­pilan 4A

Tu­juan: mampu meng­ang­kat kuku yang tum­buh ke arah da­lam Alat dan Ba­han

a. Pe­gangan sca­l­pel

b. Sca­l­pel no 10

c. Pin­set ana­to­mis

d. Pin­set chi­r­ur­gis

e. Ne­edle hol­der

f. Gun­ting lancip-​lancip beng­kok (bila di­per­lu­kan)

g. Gun­ting lancip-​tumpul (bila di­per­lu­kan)

h. Be­nang ja­hit (bila di­per­lu­kan)

i. Drape ste­ril (bila di­per­lu­kan)

j. Klem mo­squito

k. Klem ko­c­her Tek­nik Pe­me­rik­saan

a. Je­las­kan ke­pada pa­sien tin­dakan yang akan di­la­ku­kan dan pro­se­dur­nya

b. Pada tin­dakan ada 3 pi­lihan te­rapi, ter­gan­tung de­ngan ke­sem­buhan pada se­tiap ta­hap:

  1. Ta­hap 1

a) Ra­wat pa­ro­ni­kia se­cara kon­ser­va­tif de­ngan soda ba­ths.

b) Ku­rangi te­kanan pada kuku de­ngan meng­isi alur pada leng­kungan kuku de­ngan kasa ke­cil atau ka­pas.

c) La­ku­kan se­perti ini da­lam 3 bu­lan.

  1. Ta­hap 2

a) Ek­straksi kuku dan pada ta­hap ber­i­kut­nya, ek­sisi ba­gian yang ada pus un­tuk me­nge­lu­ar­kan pus atau,

b) Ek­straksi kuku par­sial di­i­kuti dab de­ngan phe­nol 80% da­lam air dan di­cuci de­ngan al­ko­hol 70%.

  1. Ta­hap 3

Ek­straksi kuku par­sial di­i­kuti dab de­ngan phe­nol 80% da­lam air dan di­cuci de­ngan al­ko­hol 70%.

c. Ek­sisi ba­gian yang ada pus un­tuk me­nge­lu­ar­kan pus.

Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan

a. Pe­nye­bab kuku yang tum­buh ke da­lam se­ring ka­rena pe­ra­watan kuku yang ti­dak be­nar

  1. Ujung dari kuku di­po­tong ter­lalu pen­dek

  2. Te­kanan lo­kal aki­bat se­patu yang sem­pit

  3. Hi­per­hid­ro­sis juga me­nye­bab­kan kuku tum­buh ke arah da­lam

b. Ada 3 sta­dium:

  1. Ke­me­rahan de­ngan nyeri di ujung kuku (pa­ro­ni­kia)

  2. Ada­nya pus yang mun­cul di ba­wah kuku

  3. Tim­bul­nya ja­ringan gra­nu­lasi di din­ding kuku (gra­nu­loma)

c. Peng­o­batan de­ngan phe­nol kon­tra­in­di­kasi un­tuk pa­sien de­ngan sir­ku­lasi pe­ri­fer yang bu­ruk

Re­fe­rensi

Sta­pert J, Kunz M. Skills in Me­di­cinie: Mi­nor Sur­gery. Me­di­view: Ma­as­tri­cht Uni­ver­sity, Net­her­lands, 2009, p 33-34