Lewati ke konten utama

Pe­me­rik­saan dan Ta­ta­lak­sana Khu­sus Bayi dan Anak

  1. Pal­pasi Fon­ta­ne­lla Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan: mampu me­ni­lai ubun-​ubun pada bayi Alat dan Ba­han: -

Tek­nik Pe­me­rik­saan

a. Je­las­kan ke­pada orang tua pa­sien je­nis dan pro­se­dur pe­me­rik­saan yang di­la­ku­kan.

b. Cuci ta­ngan 7 lang­kah.

c. Po­si­si­kan bayi du­duk di meja pe­riksa atau me­minta ibu bayi me­mangku bayi.

d. In­speksi fon­ta­nela an­te­rior dan pos­te­rior, li­hat apa­kah ada pem­be­saran.

e. Pal­pasi da­e­rah su­tura dan fon­ta­nel. Pal­pasi su­tura te­rasa se­perti bu­bungan dan fon­ta­nela te­rasa se­perti ce­kungan yang lem­but. Pul­sasi yang te­raba di fon­ta­nela me­re­flek­si­kan pul­sasi pe­ri­fer.

f. Pe­riksa fon­ta­nela se­cara hati-​hati, ka­rena ke­pe­nuh­an­nya me­re­flek­si­kan te­kanan in­trak­ra­nial.

Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan

Fon­ta­nel me­ru­pa­kan ba­gian lu­nak di an­tara tu­lang teng­ko­rak bayi. Pada pe­ra­baan, kon­sis­ten­si­nya lu­nak. Fon­ta­nel an­te­rior me­mi­liki di­a­me­ter an­tara 4 – 6 cm dan bi­a­sa­nya me­nu­tup pada usia an­tara 7 – 19 bu­lan. Fon­ta­nel pos­te­rior me­mi­liki di­a­me­ter an­tara 1 – 2 cm dan bi­a­sa­nya me­nu­tup pada usia 2 bu­lan.

Pem­be­saran fon­ta­nel pos­te­rior bi­a­sa­nya di­da­pat­kan pada hi­po­ti­roid kon­ge­ni­tal. Fon­ta­nel yang te­gang dan me­non­jol di­da­pat­kan pada bayi de­ngan pe­ning­katan te­kanan in­trak­ra­nial, yang di­se­bab­kan oleh in­feksi su­sunan sa­raf pu­sat, pe­nya­kit ne­o­plasma atau hid­ro­se­fa­lus. Fon­ta­nel an­te­rior yang ce­kung da­pat me­ru­pa­kan sa­lah satu tanda de­hid­rasi.

Re­fe­rensi

Bi­ck­ley, LS. Szi­lagyi PG: Ba­tes’ Gu­ide to Ph­y­si­cal Examination and His­tory Ta­king, 10th Edi­tion. Lip­pin­cott Wil­li­ams & Wil­kins. China. 2009. p 765

  1. Pe­me­rik­saan Re­fleks Pri­mi­tif Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan: Me­ni­lai re­fleks pri­mi­tif pada bayi Alat dan Ba­han: -

Tek­nik Pe­me­rik­saan Re­fleks moro

a. Je­las­kan ke­pada ibu pa­sien pe­me­rik­saan yang akan di­la­ku­kan dan pro­se­dur­nya

b. Cuci ta­ngan 7 lang­kah

c. Po­si­si­kan bayi da­lam po­sisi semi-​tegak

d. Bi­ar­kan ke­pala bayi se­saat ter­ja­tuh ke be­la­kang saat di­ang­kat, lalu de­ngan se­gera ta­ngan pe­me­riksa mem­bantu un­tuk me­na­han ke­pala

e. Res­pon bayi akan meng­ab­duk­si­kan dan meng­ek­s­ten­si­kan le­ngan, dan mem­flek­si­kan ibu jari, di­i­kuti de­ngan fleksi dan aduksi dari ek­stre­mi­tas atas

Re­fleks meng­geng­gam pal­mar

a. Re­fleks ini da­pat di­mun­cul­kan de­ngan cara mem­be­ri­kan jari pe­me­riksa atau se­buah ob­jek di te­la­pak ta­ngan bayi yang ter­buka pada tiap ta­ngan

b. Bayi yang nor­mal akan meng­geng­gam ob­jek atau jari, de­ngan per­co­baan meng­ang­kat atau meng­hi­lang­kan ob­jek, geng­gaman akan se­ma­kin kuat

Re­fleks meng­i­sap

a. Ta­ruh jari te­lun­juk pe­me­riksa di fil­trum (ter­le­tak di­an­tara bi­bir ba­gian atas dan hi­dung) atau di ba­wah bi­bir ba­gian ba­wah

b. Mu­lut bayi akan se­perti men­cucu Re­fleks me­lang­kah/me­nen­dang

a. Pe­gang bayi di an­tara ba­tang tu­buh­nya dan tu­run­kan sam­pai ke­dua ka­kinya me­nyen­tuh per­mu­kaan yang da­tar

b. Bi­ar­kan sa­lah satu ka­kinya me­nyen­tuh meja pe­me­rik­saan yang da­tar

c. Pang­gul dan lu­tut dari kaki yang me­nyen­tuh per­mu­kaan da­tar akan meng­a­lami fleksi dan satu ka­kinya yang ti­dak me­nyen­tuh per­mu­kaan da­tar akan me­lang­kah maju

d. Lon­catan al­ter­na­tif akan ter­jadi Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan

a. Res­pon yang asi­metri pada pe­me­rik­saan re­fleks moro me­nan­da­kan ada­nya frak­tur kla­vi­kula, ce­dera pada plek­sus bra­c­hi­a­lis, atau he­mi­pa­re­sis. Ti­dak ada­nya re­fleks moro pada bayi me­nan­da­kan ada­nya dis­fungsi sis­tem sa­raf pu­sat. Re­fleks mo­ror mun­cul saat usia 28-32 minggu dan sem­purna usia 37 minggu, ber­ta­han se­lama 5-6 bu­lan.

b. Re­fleks meng­geng­gam pal­mar mun­cul saat usia 28 minggu dan sem­purna saat usia 32 minggu, ber­ta­han se­lama 2-3 bu­lan.

c. Re­fleks meng­i­sap mun­cul saat usia 32 minggu dan sem­purna saat usia 36 minggu, dan ber­ta­han ± 1 bu­lan.

d. Ti­dak ada­nya re­fleks me­lang­kah, di mana bayi ti­dak me­nyen­tuh­kan ka­kinya ke ta­nah saat di­la­ku­kan pe­me­rik­saan, meng­in­di­ka­si­kan pa­ra­li­sis. Bayi yang la­hir de­ngan po­sisi sung­sang mung­kin ti­dak ada re­fleks un­tuk me­nyen­tuh­kan ka­kinya.

Re­fe­rensi

Bi­ck­ley, LS. Szi­lagyi PG: Ba­tes’ Gu­ide to Ph­y­si­cal Examination and His­tory Ta­king, 10th Edi­tion. Lip­pin­cott Wil­li­ams & Wil­kins. China. 2009. p 794-795.

  1. Pe­ni­laian Per­tum­buhan Dan Per­kem­bangan Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan: mampu me­ni­lai per­kem­bangan yang nor­mal pada anak

Alat dan Ba­han: -

Tek­nik Pe­me­rik­saan

a. Je­las­kan ke­pada ibu pa­sien pe­me­rik­saan yang akan di­la­ku­kan dan pro­se­dur­nya

b. De­kati anak se­cara per­la­han, de­ngan meng­gu­na­kan ma­inan atau ob­jek un­tuk meng­a­lih­kan per­ha­tian

c. La­ku­kan se­lu­ruh pe­me­rik­saan de­ngan anak ber­ada di pang­kuan ibu­nya

d. Bi­cara de­ngan per­la­han ke­pada anak atau ikuti su­ara anak un­tuk meng­a­lih­kan per­ha­tian

e. Ta­nya ibu pa­sien ten­tang per­kem­bangan anak hingga saat ini

f. Se­te­lah itu mu­lai la­ku­kan pe­me­rik­saan de­ngan Den­ver De­ve­le­p­men­tal Scre­e­ning Test (DDST)

Gam­bar 154.1. For­mu­lir DDST 1

Gam­bar 154.2. For­mu­lir DDST 2

g. For­mu­lir DDST ter­diri dari 2 ha­la­man (con­toh se­perti di atas)

h. Skala umur ter­tera pada ba­gian atas for­mu­lir yang ter­bagi dari umur da­lam bu­lan dan ta­hun, se­jak la­hir sam­pai ber­u­sia 6 ta­hun

i. Pada se­tiap tu­gas per­kem­bangan yang ber­jum­lah 125, ter­da­pat ba­tas ke­mam­puan per­kem­bangan ya­itu 25%, 50%, 75% dan

90%

j. Hi­tung umur anak dan buat ga­ris à di­hi­tung de­ngan cara tang­gal pe­me­rik­saan di­ku­rangi tang­gal la­hir

Bila anak pre­ma­tur, ko­reksi pre­ma­tu­ri­tas, un­tuk anak yang la­hir le­bih dari 2 minggu se­be­lum tang­gal per­ki­raan dan ber­u­mur ku­rang dari 2 ta­hun (ha­sil tang­gal pe­me­rik­saan di­ku­rangi tang­gal la­hir di­ku­rangi lagi de­ngan usia pre­ma­ture

Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan

a. Skor tiap uji coba di­tu­lis pada ko­tak se­gi­em­pat

  1. P: pass/lu­lus

  2. F: fail/ga­gal

  3. No: no op­por­tu­nity/ti­dak ada ke­sem­patan

  4. R : re­fu­sal/me­no­lak

b. Lang­kah meng­am­bil ke­sim­pulan

  1. Nor­mal à bila ti­dak ada ke­ter­lam­batan dan atau pa­ling ba­nyak satu cau­tion

  2. Sus­pek à bila di­da­pat­kan ≥2 cau­tion dan/atau  ≥1

ke­ter­lam­batan

  1. Ti­dak da­pat di­uji à bila ada skor me­no­lak pada ≥1 uji coba ter­le­tak di se­be­lah kiri ga­ris umur atau me­no­lak pada >1 uji coba yang di­tem­bus ga­ris umur pada da­e­rah 75-90%

Re­fe­rensi

Bi­ck­ley, LS. Szi­lagyi PG: Ba­tes’ Gu­ide to Ph­y­si­cal Examination and His­tory Ta­king, 10th Edi­tion. Lip­pin­cott Wil­li­ams & Wil­kins. China. 2009. p 752-754.

  1. Tes Rum­ple Leed

Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan: pe­me­rik­saan ini ber­mak­sud meng­uji ke­ta­hanan ka­pi­ler da­rah pada pen­de­rita DHF

Alat dan Ba­han: -

Tek­nik Pe­me­rik­saan

a. Pa­sang ikatan spig­mo­ma­no­me­ter pada le­ngan atas dan pompa hingga te­kanan 100 mmHg (jika te­kanan sis­to­lik < 100 mmHg, pompa sam­pai te­kanan di per­te­ngahan ni­lai sis­to­lik dan di­as­to­lik).

b. Bi­ar­kan te­kanan pada po­sisi ter­se­but se­lama 10 me­nit.

c. Le­pas ikatan dan tunggu sam­pai tanda-​tanda sta­tis da­rah hi­lang kem­bali. Sta­tis da­rah te­lah ber­henti jika warna ku­lit pada le­ngan yang te­lah di­beri te­kanan tadi kem­bali lagi se­perti warna ku­lit se­be­lum di­i­kat atau me­nye­ru­pai warna ku­lit pada le­ngan la­in­nya (yang ti­dak di­i­kat).

d. Cari dan hi­tung jum­lah pte­kie yang tim­bul da­lam ling­karan ber­ga­ris te­ngah 5 cm kira-​kira pada 4 cm dis­tal fossa cu­biti

Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan

Jika ter­da­pat > 10 pte­kie da­lam ling­karan ber­ga­ris te­ngah 5 cm kira-​ kira 4 cm dis­tal dari fossa cu­biti test Rum­ple Leed di­ka­ta­kan po­si­tif.

Se­an­dai­nya da­lam ling­karan ter­se­but ti­dak ada pte­kie, te­tapi ter­da­pat pte­kie pada ba­gian dis­tal yang le­bih jauh, tes Rum­ple Leed juga di­ka­ta­kan po­si­tif.

Re­fe­rensi

Pa­rums DV. Tro­pi­cal and Im­por­ted In­fe­cti­ous Di­se­ase; De­ngue Fe­ver in Es­sen­tial Cli­ni­cal Pat­ho­logy. 1St ed . Bla­ck­well sci­ence, Ber­lin 1996: 111-14.

  1. Ta­ta­lak­sana Be­rat Bayi La­hir Ren­dah (BBLR) Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

BBLR ada­lah bayi yang la­hir de­ngan be­rat la­hir ku­rang dari 2500 gram tanpa me­man­dang masa ke­ha­milan. Be­rat la­hir ada­lah be­rat bayi yang di­tim­bang da­lam 1 jam se­te­lah la­hir.

Bayi Ke­cil Masa ke­ha­milan (KMK) ada­lah bayi yang ti­dak tum­buh de­ngan baik di da­lam kan­dungan se­lama ke­ha­milan. Ada 3 ke­lom­pok bayi yang ter­ma­suk bayi KMK, KMK le­bih bu­lan, KMK cu­kup bu­lan, KMK ku­rang bu­lan.

Tu­juan

Mem­be­ri­kan tata lak­sana yang baik dan be­nar pada bayi de­ngan BBLR

Alat dan Ba­han: - Tek­nik tin­dakan:

a. De­teksi pada ANC di­li­hat dari ke­na­ikan be­rat ba­dan ibu yang

<7,5 kg, sta­tus gizi ibu ren­dah, dan fak­tor ri­siko kom­pli­kasi pe­nya­kit pada ke­ha­milan.

b. BBLR di­ni­lai de­ngan meng­gu­na­kan dua pa­ra­me­ter:

  1. Ber­na­pas spon­tan atau me­na­ngis

  2. Air ke­tu­ban (ke­ruh atau ti­dak)

c. Tata lak­sana BBLR di­be­da­kan men­jadi tata lak­sana saat la­hir dan se­te­lah la­hir.

Tata lak­sana saat la­hir:

a. Asuhan BBLR tanpa as­fik­sia se­ba­gai ber­i­kut:

  1. Ber­sih­kan len­dir se­cu­kup­nya ka­lau perlu

  2. Ke­ring­kan de­ngan kain yang ke­ring dan ha­ngat

  3. Se­gera ber­i­kan pada ibu un­tuk kon­tak ku­lit ibu de­ngan ku­lit bayi

  4. Se­gera mem­beri ASI dini de­ngan mem­be­lai

  5. Me­man­di­kan bayi di­la­ku­kan se­te­lah 24 jam, atau le­bih dari

24 jam jika bayi hi­po­termi < 36,5 C, suhu ling­kungan di­ngin, ada pe­nyu­lit yang lain.

  1. Pro­fi­lak­sis sun­tikan Vi­ta­min K1 1 mg do­sis tung­gal, IM pada paha kiri an­te­r­o­la­te­ral

  2. Sa­lep mata an­ti­bi­o­tik

  3. Pe­ra­watan tali pu­sat: ke­ring, ber­sih, ti­dak di­bu­buhi apa­pun dan ter­buka

  4. Bila be­rat la­hir ≥ 2000 gram dan tanpa ma­sa­lah atau pe­nyu­lit, da­pat di­be­r­i­kan Vak­si­nasi He­pa­ti­tis B per­tama pada paha ka­nan

b. Asuhan BBLR yang ti­dak ber­na­pas spon­tan di­ma­suk­kan ke da­lam ka­te­gori la­hir de­ngan as­fik­sia dan ha­rus se­gera di­la­ku­kan lang­kah awal re­su­si­tasi dan ta­hapan re­su­si­tasi ber­i­kut­nya bila di­per­lu­kan.

Re­su­si­tasi

Pem­be­rian re­su­si­tasi di­pu­tus­kan ber­da­sar­kan pe­ni­laian ke­a­daan Bayi Baru La­hir, ya­itu bila:

a. Air Ke­tu­ban ber­cam­pur me­ko­nium ( le­tak ke­pala/ga­wat ja­nin)

b. Bayi ti­dak me­na­ngis, atau ti­dak ber­na­pas spon­tan, atau ber­na­pas megap-​megap

Ca­tatan: Un­tuk me­mu­lai tin­dakan re­su­si­tasi BBLR as­fik­sia ti­dak perlu me­nunggu ha­sil pe­ni­laian skor AP­GAR

Lang­kah awal re­su­si­tasi

a. Jaga bayi da­lam ke­a­daan ha­ngat

b. Atur po­sisi ke­pala bayi se­di­kit te­nga­dah (po­sisi meng­hidu)

c. Isap len­dir di mu­lut, ke­mu­dian hi­dung

d. Ke­ring­kan sam­bil di­la­ku­kan rang­sang tak­til

e. Re­po­sisi ke­pala

f. Ni­lai ke­a­daan bayi de­ngan me­li­hat pa­ra­me­ter: usaha na­pas. Bila se­te­lah di­la­ku­kan pe­ni­laian, bayi ti­dak me­na­ngis atau ti­dak ber­na­pas spon­tan dan ter­a­tur

g. La­ku­kan Ven­ti­lasi se­suai de­ngan ta­ta­lak­sana ma­na­je­men As­fik­sia Bayi Baru La­hir

h. Bila se­te­lah ven­ti­lasi se­lama 2 me­nit, ti­dak ber­ha­sil, si­ap­kan ru­jukan

i. Bila bayi ti­dak bisa di­ru­juk dan ti­dak bisa ber­na­pas hen­ti­kan ven­ti­lasi se­te­lah 10 me­nit de­nyut jan­tung ti­dak ada/ti­dak ter­de­ngar, ke­mu­dian si­ap­kan kon­se­ling du­kungan emo­si­o­nal dan pen­ca­tatan bayi me­ning­gal

Tata lak­sana se­te­lah la­hir Ri­wa­yat

· Ta­nya­kan tang­gal per­ki­raan ke­la­hiran atau umur ke­ha­milan Pe­riksa

· Tim­bang be­rat bayi (da­lam ke­a­daan te­lan­jang) se­te­lah la­hir (0-24 jam) dan ber­na­pas baik. Tim­bangan di­la­pisi kain ha­ngat dan di­tera.

· La­ku­kan pe­me­rik­saan fi­sik Ma­sa­lah/Ke­bu­tuhan Ten­tukan bayi ada­lah:

· BBLR yang bo­leh di­ra­wat oleh bi­dan, ada­lah BBLR de­ngan be­rat ≥

2000 gram, tanpa ma­sa­lah / kom­pli­kasi

· BBLR < 2000 gram atau > 2000 gram te­tapi ber­ma­sa­lah ha­rus di­ru­juk ke fa­si­li­tas ke­se­hatan yang le­bih leng­kap.

Ren­cana Pe­ra­watan

Un­tuk se­mua bayi de­ngan be­rat 2000 – 2499 gram:

a. Jaga bayi te­tap ha­ngat:

b. Jaga bayi se­lalu “kon­tak ku­lit de­ngan ku­lit” de­ngan

c. ibu­nya (Pe­ra­watan Me­tode Ka­nguru kon­tinu (PMK))

d. Per­ta­han­kan po­sisi ibu dan bayi de­ngan se­lem­bar kain yang ha­ngat dan di­la­pisi de­ngan baju ber­kan­cing de­pan di atas­nya.

e. Tu­tupi ke­pala bayi de­ngan kain atau topi.

f. Man­di­kan bayi se­te­lah ber­u­sia 24 jam dan suhu tu­buh sta­bil.

g. Men­do­rong ibu me­ne­teki (atau me­me­rah ko­los­trum dan mem­be­ri­kan de­ngan cang­kir atau sen­dok) se­se­gera mung­kin dan se­lan­jut­nya se­tiap 2-3 jam.

h. Pe­riksa tanda vi­tal (per­na­pasan, suhu, warna ku­lit) se­tiap 30-60 me­nit se­lama 6 jam

i. Ajari ibu dan ke­lu­arga men­jaga bayi te­tap ha­ngat de­ngan se­lalu

me­la­ku­kan “kon­tak ku­lit de­ngan ku­lit”

j. Jika suhu ke­tiak tu­run di­ba­wah 36,50C; an­jur­kan ibu un­tuk me­la­ku­kan pe­ra­watan me­tode Ka­nguru kon­tinu.

k. Tu­tupi bayi-​ibu de­ngan se­li­mut atau kain yang le­bih HA­NGAT dan tem­pat­kan ke­du­a­nya di ru­angan yang ha­ngat.

l. Sa­ran­kan ibu dan ke­lu­arga se­lalu men­cuci ta­ngan de­ngan sa­bun se­be­lum me­me­gang BBLR.

Jika ma­sa­lah ber­tam­bah:

Jika BBLR ba­dan te­tap di­ngin/pa­nas, mem­biru, atau me­mi­liki gang­guan per­na­pasan, sti­mu­lasi dan ru­juk ke fa­si­li­tas ke­se­hatan yang le­bih leng­kap.

Jika bayi bo­leh mi­num tapi ti­dak da­pat meng­hi­sap de­ngan baik, pe­rah dan beri ASI de­ngan meng­gu­na­kan cang­kir /sen­dok dan se­gera ru­juk ke fa­si­li­tas ke­se­hatan yang le­bih leng­kap.

Pe­man­tauan

a. Pe­man­tauan di­la­ku­kan de­ngan ban­tuan bi­dan un­tuk me­ngun­jungi bayi mi­ni­mal dua kali da­lam minggu per­tama dan se­lan­jut­nya se­kali da­lam se­tiap minggu sam­pai be­rat bayi 2500 gram de­ngan mem­per­gu­na­kan for­mat Ma­na­je­men Ter­padu Bayi Muda (MTBM).

b. BBLR da­pat tu­run be­rat­nya hingga 10 -15% da­lam 10 hari per­tama ke­mu­dian su­dah ha­rus naik, pa­ling ku­rang 20 gram se­hari atau 120 gram da­lam 6 hari.

Ana­li­sis tin­dakan/Per­ha­tian:

BBLR umum­nya da­pat meng­a­lami ma­sa­lah se­ba­gai ber­i­kut:

a. As­fik­sia

b. Gang­guan na­pas

c. Hi­po­termi

d. Hi­po­gli­kemi

e. Ma­sa­lah pem­be­rian ASI

f. In­feksi

g. Ik­te­rus (ka­dar bi­li­ru­bin yang tinggi)

h. Ma­sa­lah per­da­rahan

Per­ha­tian dan ta­ta­lak­sana yang baik pada saat la­hir, ya­itu ha­rus men­da­pat ”Pe­la­yanan Ne­o­na­tal Esen­sial”, yang ter­diri atas:

a. Per­sa­linan yang ber­sih dan aman

b. Sta­bi­li­sasi suhu

c. Ini­si­asi per­na­pasan spon­tan

d. Pem­be­rian ASI dini (Ini­si­asi Me­nyu­sui Dini/IMD) dan Eks­klu­sif

e. Pen­ce­gahan In­feksi dan pem­be­rian Imu­ni­sasi

An­juran

Pada anak BBLR, un­tuk men­ce­gah ke­bu­taan dan ke­tu­lian perlu di­la­ku­kan pe­me­rik­saan mata dan te­li­nga se­dini mung­kin.

Re­fe­rensi

a. De­part­ment of Child and Ado­les­cent He­alth and De­ve­lop­ment (CAH). Buku Saku: Pe­la­yanan Ke­se­hatan Anak di Ru­mah Sa­kit. Pe­do­man Bagi RS Ru­jukan Tk. I di Ka­bu­pa­ten/Kota. WHO: Ja­karta. 2009.

b. Ma­na­je­men Bayi Be­rat La­hir Ren­dah un­tuk Bi­dan dan Pe­ra­wat. Ke­men­kes 2011.

  1. Pe­re­se­pan Ma­kanan Un­tuk Bayi Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A Tu­juan

Mem­be­ri­kan ma­kanan atau mi­numan se­lain ASI yang me­ngan­dung nut­rien yang di­be­r­i­kan ke­pada bayi se­lama pe­ri­ode pem­be­rian ma­kanan per­a­lihan (com­ple­men­tary fe­e­ding) se­ba­gai ma­kanan tam­bahan yang di­be­r­i­kan ber­sama pem­be­rian ASI.

Alat dan Ba­han: ba­han pro­mosi dan edu­kasi

Tek­nik Tin­dakan

a. Ber­i­kan ASI eks­klu­sif se­jak la­hir sam­pai usia 6 bu­lan, se­lan­jut­nya tam­bah­kan MP-​ASI mu­lai usia 6 bu­lan (180 hari) se­men­tara ASI di­te­rus­kan.

b. Lan­jut­kan ASI on de­mand sam­pai usia 2 ta­hun atau le­bih.

c. La­ku­kan 'res­pon­sive fe­e­ding' de­ngan me­ne­rap­kan prin­sip asuhan psi­ko­so­sial.

d. Te­rap­kan pe­ri­laku hi­dup ber­sih dan hi­gi­e­nis serta pe­na­nganan ma­kanan yang baik dan te­pat.

e. Mu­lai pem­be­rian MP-​ASI pada usia 6 bu­lan de­ngan jum­lah se­di­kit, ber­ta­hap di­na­ik­kan se­suai usia bayi, se­men­tara ASI te­tap se­ring di­be­r­i­kan.

f. Ber­ta­hap kon­sis­tensi dan va­ri­asi di­tam­bah se­suai ke­bu­tuhan dan ke­mam­puan bayi.

g. Fre­ku­ensi pem­be­rian MP-​ASI se­ma­kin se­ring se­ja­lan de­ngan ber­tam­bah­nya usia bayi.

h. Ber­i­kan va­ri­asi ma­kanan yang kaya akan nut­rien un­tuk me­mas­ti­kan bahwa se­lu­ruh ke­bu­tuhan nut­rien ter­pe­nuhi.

i. Gu­na­kan MP-​ASI yang di­per­kaya vitamin-​mineral atau ber­i­kan pre­pa­rat vitamin-​mineral bila perlu.

Pe­nge­nalan je­nis, teks­tur dan kon­sis­tensi ma­kanan ha­rus se­cara ber­ta­hap, de­mi­kian pula de­ngan fre­ku­ensi dan jum­lah ma­kanan yang di­be­r­i­kan. Ber­i­kut ini, be­be­rapa hal pen­ting yang ber­ka­itan de­ngan hal ter­se­but.

  1. Tes ma­kanan per­tama kali: Bu­bur te­pung be­ras yang di­per­kaya zat besi me­ru­pa­kan ma­kanan yang di­an­jur­kan se­ba­gai ma­kanan per­tama yang di­be­r­i­kan ke­pada bayi. Da­pat di­tam­bah­kan ASI atau susu for­mula yang bi­asa di­mi­num­nya se­te­lah bu­bur di­ma­sak.

  2. Se­ba­ik­nya di­be­r­i­kan mu­lai 1-2 sen­dok teh saja dulu, se­su­dah bayi mi­num se­jum­lah ASI atau for­mula, ke­cu­ali bila se­lalu me­no­lak maka di­be­r­i­kan se­be­lum­nya. Se­lan­jut­nya jum­lah ma­kanan di­tam­bah ber­ta­hap sam­pai jum­lah yang se­suai atau yang da­pat diha­bis­kan bayi.

j. Tam­bah­kan asupan ca­iran saat anak sa­kit, ter­ma­suk le­bih se­ring me­nyusu, dan do­rong anak un­tuk ma­kan ma­kanan lu­nak dan yang di­su­kai­nya. Se­te­lah sem­buh, beri ma­kan le­bih se­ring dan do­rong anak un­tuk ma­kan le­bih ba­nyak.

Ana­li­sis Tin­dakan/Per­ha­tian:

MP-​ASI ha­rus me­me­nuhi sya­rat ber­i­kut ini:

a. Te­pat waktu (Ti­mely): MP-​ASI mu­lai di­be­r­i­kan saat ke­bu­tuhan energi dan nut­rien me­le­bihi yang di­da­pat dari ASI

b. Ade­kuat (Ade­quate): MP-​ASI ha­rus me­ngan­dung cu­kup energi, pro­tein dan mik­ro­nut­rien.

c. Aman (Safe): Pe­nyim­panan, pe­nyi­apan dan se­waktu di­be­r­i­kan, MP-​ASI ha­rus hi­gi­e­nis.

d. Te­pat cara pem­be­rian (Pro­perly): MP-​ASI di­be­r­i­kan se­ja­lan de­ngan tanda la­par dan nafsu ma­kan yang di­tun­juk­kan bayi serta fre­ku­ensi dan cara pem­be­ri­an­nya se­suai de­ngan usia bayi.

Ta­bel 15. Pe­ri­laku anak saat la­par dan ke­nyang

LA­PAR: KE­NYANG:

Ge­rakan meng­hi­sap atau

men­ce­cap­kan bi­bir

Me­nu­tup mu­lut de­ngan ta­ng­an­nya

Me­ma­suk­kan ta­ngan ke da­lam

mu­lut

Ter­ti­dur

Text Box: Menangis	atau	rewel	karena ingin makan

Men­con­dong­kan tu­buh ke arah ma­kanan atau ber­u­saha men­jang­ka­u­nya

Re­fe­rensi

Ko­le­gium Gizi Kli­nik. De­fi­nisi dan pem­be­rian MP-​ASI. 2014

  1. Ta­ta­lak­sana Gizi Bu­ruk Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan: mem­be­ri­kan tata lak­sana yang baik dan be­nar pada anak de­ngan gizi bu­ruk tanpa kom­pli­kasi

Alat dan Ba­han:

NGT

Susu for­mula (susu F)

Tek­nik Pe­me­rik­saan

a. Se­te­lah di­la­ku­kan pe­me­rik­saan kli­nis un­tuk me­nen­tu­kan je­nis gizi bu­ruk pada pa­sien.

  1. Gizi bu­ruk yang di­se­bab­kan oleh ke­ku­rangan asupan pro­tein (kwas­hi­or­kor) di­la­ku­kan pal­pasi ab­do­men un­tuk me­li­hat pem­be­saran hati.

  2. Gizi  bu­ruk  yang  di­se­bab­kan  oleh  ke­ku­rangan  asupan

kar­bo­hid­rat (ma­ras­mus) ter­li­hat ada­nya was­ting pada le­ngan atas.

b. Je­las­kan ke­pada ibu pa­sien tin­dakan yang akan di­la­ku­kan dan pro­se­dur­nya

c. Cuci ta­ngan 7 lang­kah

d. La­ku­kan ta­ta­lak­sana gizi bu­ruk se­suai ta­bel di ba­wah ini.

Ta­bel 16. Ta­ta­lak­sana gizi bu­ruk

e. Tata lak­sana gizi bu­ruk ada 10 lang­kah di­bagi men­jadi 3 fase

  1. Fase sta­bi­li­sasi 1-2 hari dan 3-7 hari

  2. Fase tran­sisi minggu ke­dua (7-14 hari)

  3. Fase re­ha­bi­li­tasi minggu ketiga-​minggu ke­tu­juh

f. 10 lang­kah tata lak­sana gizi bu­ruk

  1. Hi­po­gli­ke­mia

  2. Hi­po­ter­mia

  3. De­hid­rasi

  4. Elek­tro­lit

  5. In­feksi

  6. Mu­lai pem­be­rian ma­kanan

  7. Tum­buh ke­jar

  8. Mik­ro­nut­rien

  9. Sti­mu­lasi

  10. Tin­dak lan­jut

g. Ka­rena pada umum­nya anak de­ngan gizi bu­ruk ti­dak ko­o­pe­ra­tif, di­an­jur­kan un­tuk pe­ma­sangan NGT un­tuk pem­be­rian susu F

yang di­re­ko­men­da­si­kan oleh WHO (F75, F100, F135)

h. Anak gizi bu­ruk se­lalu di­ser­tai di­are, di­re­ko­men­da­si­kan un­tuk pem­be­rian pre­pa­rat zink.

Ana­li­sis Tin­dakan/Per­ha­tian

a. Fase sta­bi­li­sasi = F75

  1. Energi 100 kkal/kg/hari

  2. Pro­tein 1-1,5 gr/kg/hari

  3. Ca­iran 130 ml/kgbb/hari

b. Fase tran­sisi = F100

  1. Energi 100-150 kkal/hari

  2. Pro­tein 4-6 gr/kg/hari

c. Fase re­ha­bi­li­tasi = F135

  1. Energi 150-220 kkal/kg/hari

  2. Pro­tein 4-6 gr/kg/hari

d. Pre­pa­rat zink ber­tu­juan se­ba­gai an­ti­ok­si­dan dan mem­per­ba­iki vili-​vili usus yang at­rofi se­hingga da­pat men­ce­gah ter­ja­di­nya di­are.

e. Pem­be­rian ma­kanan se­lalu di­mo­ni­tor de­ngan pe­nim­bangan be­rat ba­dan se­tiap 3 hari.

Re­fe­rensi

Kli­eg­man, Behr­man, et al: Ne­l­son Textbook of Pe­di­at­rics, 18th Edi­tion. Phi­la­delp­hia: Sa­un­ders El­se­vier. 2008.

  1. Pungsi Vena Pada Anak Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan: mampu me­la­ku­kan peng­am­bilan da­rah di pem­bu­luh vena anak

Alat dan Ba­han

a. Spuit dis­po­si­ble 3 cc

b. Ta­bung plas­tik 1 ml un­tuk pe­me­rik­saan Hb

c. Tor­niquet (alat ikat pem­ben­dungan)

d. Mi­cro­tube (ta­bung mikro) 1 ml un­tuk me­nyim­pan se­rum

e. Ko­tak pen­di­ngin un­tuk mem­bawa da­rah dan se­rum

f. An­ti­ko­a­gu­lan EDTA

g. Ka­pas al­ko­hol 70%

h. Air be­bas ion dan la­rutan HNO3

Tek­nik Tin­dakan

a. Je­las­kan tin­dakan yang akan di­la­ku­kan dan pro­se­dur­nya

b. La­ku­kan cuci ta­ngan 7 lang­kah

c. Se­ba­ik­nya anak te­tap ber­ada di pang­kuan orang tu­a­nya atau minta anak un­tuk ti­dur di tem­pat ti­dur di­te­mani orang tu­a­nya

d. Ber­i­kan ma­inan atau ob­jek un­tuk meng­a­lih­kan per­ha­tian

e. Tem­pat­kan anak pada po­sisi ter­len­tang

f. Minta ope­ra­tor ber­diri di sa­lah satu sisi tem­pat ti­dur, men­sta­bil­kan le­ngan yang akan di­gu­na­kan un­tuk pungsi vena

g. Minta asis­ten ber­diri di­sisi tem­pat ti­dur yang lain, me­nun­duk me­le­wati tu­buh anak ba­gian atas un­tuk ber­fungsi se­ba­gai pe­na­han dan meng­gu­na­kan le­ngan yang pa­ling de­kat de­ngan ope­ra­tor un­tuk mem­bantu me­na­han pada pungsi vena

h. Ber­sih­kan ku­lit di­a­tas lo­kasi tu­suk de­ngan al­ko­hol 70% de­ngan cara ber­pu­tar dari da­lam ke­luar dan bi­ar­kan sam­pai ke­ring.

i. Lo­kasi pe­nu­sukan ha­rus be­bas dari luka dan be­kas luka/si­kat­rik.

j. Bila sisi yang akan di­am­bil da­rah ada in­fus, am­bil sisi se­be­lah­nya un­tuk di­am­bil da­rah

k. Da­rah di­am­bil dari vena me­di­ana cu­biti pada li­pat siku.

l. Spuit di­si­ap­kan de­ngan me­me­riksa ja­rum dan pe­nu­tup­nya.

m. Se­te­lah itu vena me­di­ana cu­biti di­tu­suk de­ngan po­sisi su­dut 45 de­ra­jat de­ngan ja­rum meng­ha­dap ke­a­tas.

n. Da­rah di­bi­ar­kan meng­a­lir ke­da­lam ja­rum ke­mu­dian ja­rum di­pu­tar meng­ha­dap ke­ba­wah.

o. Ke­mu­dian ja­rum di­ta­rik de­ngan te­tap me­ne­kan lu­bang pe­nu­sukan de­ngan ka­pas al­ko­hol (agar ti­dak sa­kit).

p. Tem­pat be­kas pe­nu­sukan di­te­kan de­ngan ka­pas al­ko­hol sam­pai ti­dak ke­luar da­rah lagi.

q. Se­te­lah itu be­kas tu­sukan di­tu­tup de­ngan ples­ter.

Ana­li­sis Tin­dakan/Per­ha­tian

a. Peng­am­bilan spe­si­men ti­dak bo­leh di­la­ku­kan pada vena-​vena yang me­le­bar (va­ri­ses).

b. Da­rah yang di­per­o­leh pada va­ri­ses ti­dak meng­gam­bar­kan bi­o­ki­mi­awi yang se­be­nar­nya ka­rena da­rah yang di­per­o­leh ada­lah da­rah yang meng­a­lami sta­sis.

Re­fe­rensi

Perry, Anne Gri­f­fin. 2005. Buku Saku Ke­te­ram­pilan Dan Pro­se­dur Da­sar. Edisi 5. Ja­karta: EGC.

  1. Fi­nger Prick

Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan Pe­me­rik­saan da­rah vena pe­ri­fer.

Alat dan Ba­han

a. Sa­rung ta­ngan

b. Alat pe­me­rik­saan ka­dar gula da­rah.

c. Ka­pas al­ko­hol.

d. Strip pe­me­rik­saan

Tek­nik Pe­me­rik­saan

a. Je­las­kan ke­pada pa­sien me­nge­nai pro­se­dur  yang akan di­la­ku­kan dan minta in­for­med con­sent pa­sien.

b. Si­ap­kan per­a­latan yang di­bu­tuh­kan.

c. Cuci ta­ngan se­be­lum me­la­ku­kan tin­dakan dan ke­na­kan sa­rung ta­ngan.

d. Pi­lih tem­pat peng­am­bilan sam­pel yang se­suai: ujung-​ujung jari pada sisi te­la­pak ta­ngan atau per­mu­kaan plan­tar la­te­ral atau me­dial tu­mit bayi.

e. Ber­sih­kan tem­pat pe­me­rik­saan de­ngan ka­pas al­ko­hol dan bi­ar­kan hingga ke­ring.

f. La­ku­kan pe­nu­sukan pada te­ngah ujung jari atau tu­mit bayi.

g. Lap te­tesan da­rah per­tama de­ngan meng­gu­na­kan kasa.

h. Bi­ar­kan se­te­tes ke­cil da­rah te­ben­tuk de­ngan mem­be­ri­kan pe­ne­kanan in­ter­mi­ten.

i. Sen­tuh­kan ujung strip pe­me­rik­saan pada te­tes da­rah hingga da­rah meng­isi se­lu­ruh ba­gian ka­pi­ler strip pe­me­rik­saan.

j. Bu­ang se­lu­ruh ba­han pe­me­rik­saan yang ter­kon­ta­mi­nasi pada kon­tai­ner yang se­suai. Bu­ang lan­cet pada kon­tai­ner un­tuk benda ta­jam.

k. Le­pas sa­rung ta­ngan dan cuci ta­ngan se­te­lah se­le­sai me­la­ku­kan pe­me­rik­saan.

Re­fe­rensi

Mun­den J. Per­fe­cting__cli­ni­cal__pro­cedu­res. Phi­la­delp­hia: Lip­pin­cott Wil­li­ams&Wil­kins, 2008.