Lewati ke konten utama

Pro­ses Kon­sul­tasi

a. Mem­buka Sesi Kon­sul­tasi

  1. Ba­ngun sam­bung rasa de­ngan cara me­nyapa, ber­sa­laman, mem­per­ke­nal­kan diri dan meng­kon­fir­masi iden­ti­tas dan karak­te­ris­tik pa­sien

  2. Je­las­kan tu­juan sesi, me­minta per­se­tu­juan pa­sien bila di­per­lu­kan

  3. Iden­ti­fi­kasi ma­sa­lah utama pa­sien atau hal yang ingin di­bi­ca­ra­kan pa­sien meng­gu­na­kan per­ta­nyaan pem­buka yang se­suai (mi­sal:”ada ma­sa­lah apa?” atau ”apa yang bisa saya bantu?” atau “ada ke­luhan apa?”)

  4. De­ngar­kan de­ngan pe­nuh per­ha­tian apa yang di­ka­ta­kan pa­sien tanpa me­mo­tong atau meng­a­rah­kan ja­waban pa­sien.

  5. Kon­fir­masi ma­sa­lah yang ada dan me­na­nya­kan ada­kah ma­sa­lah la­in­nya (mis: ”jadi ada sa­kit ke­pala dan capek-​ ca­pek, ada lagi yang lain?” atau “apa­kah ada per­u­bahan de­ngan be­rat ba­dan?”, dan lain-​lain)

b. Me­ngum­pul­kan In­for­masi

  1. Do­rong pa­sien men­ce­ri­ta­kan per­ja­lanan pe­nya­kit­nya mu­lai awal sam­pai saat ini meng­gu­na­kan kata-​katanya sen­diri (meng­gali apa yang me­nye­bab­kan ke­da­tang­an­nya hari ini)

  2. Gu­na­kan per­ta­nyaan ter­buka dan ter­tu­tup de­ngan te­pat, di­mu­lai de­ngan per­ta­nyaan ter­buka di­lan­jut­kan de­ngan per­ta­nyaan ter­tu­tup.

  3. De­ngar­kan pa­sien de­ngan pe­nuh per­ha­tian, mem­bi­ar­kan pa­sien me­nye­le­sai­kan per­ka­ta­an­nya tanpa di­in­te­rupsi, mem­be­ri­kan waktu bagi pa­sien un­tuk ber­pi­kir se­be­lum men­ja­wab, atau me­ne­rus­kan pem­bi­ca­raan se­te­lah jeda se­je­nak.

  4. Amati res­pon pa­sien se­cara ver­bal ma­u­pun non-​verbal (mis: men­do­rong pa­sien ber­bi­cara, mem­be­ri­kan ke­sem­patan ke­pada pa­sien un­tuk meng­a­tur apa yang akan di­u­ta­ra­kan, me­la­ku­kan re­fleksi isi, mem­buat in­ter­pre­tasi ba­hasa tu­buh, ucapan, eks­presi wa­jah)

  5. Kla­ri­fi­kasi kem­bali per­nya­taan pa­sien bila ku­rang je­las atau me­minta pen­je­lasan le­bih lan­jut (mi­sal­nya: ”bisa

di­je­las­kan apa yang di­mak­sud de­ngan ke­pala te­rasa

me­la­yang?”)

  1. Rang­kum pada akhir satu ba­gian kon­sul­tasi un­tuk me­mas­ti­kan bahwa peng­er­tian dok­ter sama de­ngan pa­sien se­be­lum pin­dah ke ba­gian ber­i­kut­nya; me­minta pa­sien me­ngo­reksi bila ada in­ter­pre­tasi yang ku­rang te­pat, atau me­minta pa­sien mem­be­ri­kan pen­je­lasan le­bih lan­jut.

Jika mem­baca, men­ca­tat atau meng­gu­na­kan kom­pu­ter, ti­dak meng­ganggu ja­lan­nya sesi kon­sul­tasi.

Saat me­la­ku­kan pe­me­rik­saan fi­sik men­je­las­kan pro­ses­nya dan me­minta izin. Ber­i­kan per­ha­tian khu­sus ter­ha­dap hal- hal sen­si­tif yang da­pat mem­buat pa­sien me­rasa malu atau me­nya­kit­kan pa­sien, ter­ma­suk pe­me­rik­saan fi­sik. Je­las­kan alasan per­ta­nyaan atau pe­me­rik­saan fi­sik yang mung­kin di­rasa ti­dak ma­suk akal.

c. Mem­be­ri­kan Pen­je­lasan & Ren­cana Tata Lak­sana

  1. Pas­ti­kan apa­kah

a) Pa­sien da­pat me­ne­rima ren­cana pe­na­ta­lak­sa­naan

b) Ke­kha­wa­tiran pa­sien te­lah ter­a­tasi

  1. Ne­go­si­a­si­kan ren­cana yang da­pat di­se­pa­kati ke­dua be­lah pi­hak:

a) In­for­ma­si­kan apa yang men­jadi pi­lihan ter­baik dari be­be­rapa pi­lihan yang ter­se­dia

b) Bantu pa­sien me­nen­tu­kan pi­lihan

  1. Je­las­kan se­cara de­til pi­lihan pe­na­ta­lak­sa­naan.

  2. Ber­i­kan ke­sem­patan dan do­rong pa­sien un­tuk ber­par­ti­si­pasi da­lam pe­ren­ca­naan tata lak­sana: me­minta pa­sien un­tuk meng­a­ju­kan per­ta­nyaan, me­minta kla­ri­fi­kasi serta me­nya­ta­kan ke­ra­gu­an­nya, dan dok­ter me­res­pon de­ngan te­pat.

  3. Pas­ti­kan pe­ma­haman pa­sien ter­ha­dap in­for­masi (atau pe­ren­ca­naan) yang di­be­r­i­kan: mi­sal­nya de­ngan me­minta pa­sien meng­u­langi de­ngan kata-​katanya sen­diri, me­la­ku­kan kla­ri­fi­kasi bila perlu.

  4. Ber­i­kan per­nya­taan dan ka­li­mat yang mu­dah di­meng­erti dan ring­kas; hin­dari peng­gu­naan is­ti­lah me­dis atau ber­i­kan  pen­je­lasan  is­ti­lah  ter­se­but  da­pat  de­ngan

meng­gu­na­kan me­tode vi­sual un­tuk me­nyam­pai­kan in­for­masi: di­a­gram, mo­del, in­for­masi dan pe­tun­juk ter­tu­lis.

  1. Ni­lai pe­nge­ta­huan awal pa­sien: ta­nya­kan apa yang su­dah di­ke­ta­hui pa­sien se­be­lum­nya pada awal pem­be­rian in­for­masi, ten­tukan sam­pai se­be­rapa jauh pa­sien meng­i­ngin­kan in­for­masi.

  2. Ber­i­kan pen­je­lasan pada waktu yang te­pat:

hin­dari mem­be­ri­kan sa­ran, in­for­masi, dan ha­rapan yang ter­lalu dini.

  1. Ber­i­kan in­for­masi yang te­ru­kur dan ter­struk­tur da­lam kalimat-​kalimat sing­kat yang da­pat di­meng­erti dan buat urutan yang lo­gis;

pas­ti­kan peng­er­tian pa­sien; gu­na­kan res­pon pa­sien se­ba­gai pan­duan un­tuk mem­be­ri­kan in­for­masi se­lan­jut­nya

d. Me­nu­tup Sesi  Kon­sul­tasi

  1. Tu­tup sesi de­ngan ucapan te­rima ka­sih de­ngan ber­sa­laman.

  2. Pas­ti­kan ter­a­khir kali apa­kah pa­sien se­tuju dan me­rasa nya­man de­ngan ren­cana yang te­lah di­su­sun, ta­nya­kan apa­kah ma­sih ada per­ta­nyaan atau hal-​hal lain yang ma­sih perlu di­dis­ku­si­kan. (Mis: ”ada per­ta­nyaan lagi atau ma­sih ada hal yang ingin di­dis­ku­si­kan?”).

An­ti­si­pasi: je­las­kan hal-​hal tak ter­duga yang mung­kin ter­jadi, apa yang ha­rus di­la­ku­kan jika ren­cana ti­dak ber­ja­lan se­ba­gai­mana mes­ti­nya, ka­pan dan ba­gai­mana men­cari ban­tuan de­ngan meng­hu­bungi .

  1. La­ku­kan per­jan­jian de­ngan pa­sien ten­tang lang­kah se­lan­jut­nya yang akan di­la­ku­kan baik oleh pa­sien ma­u­pun dok­ter

  2. Rang­kum sesi se­cara sing­kat dan kla­ri­fi­kasi ren­cana pe­na­ta­lak­sa­naan.