Lewati ke konten utama

Per­se­tu­juan Tin­dakan Me­dik

Per­se­tu­juan Tin­dakan Me­dik ada­lah per­se­tu­juan yang di­be­r­i­kan oleh pa­sien atau ke­lu­arga ter­de­kat se­te­lah men­da­pat pen­je­lasan se­cara leng­kap me­nge­nai tin­dakan ke­dok­teran atau ke­dok­teran gigi baik pro­ses pre­ven­tif, di­ag­nos­tik, te­ra­peu­tik atau re­ha­bi­li­ta­tif yang akan di­la­ku­kan ter­ha­dap pa­sien.

Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A Tu­juan

Me­lak­sa­na­kan pro­ses per­se­tu­juan tin­dakan me­dik de­ngan baik Pro­ses

a. Mem­ba­ngun sam­bung rasa de­ngan cara me­nyapa, ber­sa­laman, mem­per­ke­nal­kan diri ke­pada pa­sien dan pa­sangan/ke­lu­ar­ga­nya.

b. Men­je­las­kan tu­juan per­te­muan

c. Me­na­nya­kan pada pa­sien dan pa­sangan/ke­lu­ar­ga­nya me­nge­nai hal-​hal yang te­lah di­ke­ta­hui me­nge­nai ma­sa­lah yang di­a­lami

d. Mem­be­ri­kan pen­je­lasan me­nge­nai:

  1. Tu­juan tin­dakan me­dis atau tata lak­sana yang di­a­ju­kan.

  2. Ri­siko dan man­faat dari tin­dakan me­dis atau tata lak­sana yang di­a­ju­kan ter­ma­suk ren­cana tin­dak lan­jut dan an­ti­si­pasi ke­mung­kinan ter­ja­di­nya hal-​hal di luar es­ti­masi.

  3. Al­ter­na­tif peng­o­batan (harga peng­o­batan atau tin­dakan ter­se­but, di­bi­a­yai oleh asu­ransi atau ti­dak, dll).

  4. Ri­siko dan man­faat dari tin­dakan me­dis atau tata lak­sana al­ter­na­tif yang di­a­ju­kan.

  5. Ri­siko dan man­faat bila ti­dak men­ja­lani atau men­ja­lani peng­o­batan atau tata lak­sana.

e. Pen­je­lasan ter­se­but ter­ma­suk alasan meng­apa akhir­nya di­pu­tus­kan un­tuk tin­dakan me­dis ter­se­but ter­ma­suk kom­pli­kasi yang mung­kin tim­bul apa­bila tin­dakan ti­dak di­la­ku­kan.

f. Me­mas­ti­kan bahwa pa­sien me­ma­hami pen­je­lasan yang di­be­r­i­kan dan meng­har­gai ke­pu­tusan yang di­pi­lih pa­sien dan pa­sangan/ke­lu­ar­ga­nya.

g. Me­minta tanda ta­ngan pa­sien atau pa­sangan/ke­lu­arga se­ba­gai tanda per­se­tu­juan atau pe­no­lakan ter­ha­dap tin­dakan me­dis.

h. Meng­u­cap­kan te­rima ka­sih.

Pen­je­lasan Ke­pen­tingan Per­se­tu­juan Tin­dakan Me­dis

a. Per­se­tu­juan yang di­be­r­i­kan pa­sien atau pa­sangan/ke­lu­arga yang ber­hak, di­la­ku­kan se­te­lah mem­per­o­leh in­for­masi leng­kap dan me­ma­hami tin­dakan me­dik atau tata lak­sana yang akan di­la­ku­kan.

b. In­for­med con­sent me­ru­pa­kan su­atu pro­ses.

c. In­for­med con­sent bu­kan ha­nya su­atu for­mu­lir atau se­lem­bar ker­tas, te­tapi bukti ja­minan in­for­med con­sent te­lah ter­jadi.

d. Se­cara hu­kum in­for­med con­sent ber­laku se­jak ta­hun 1981, PP No. 8 Ta­hun 1981

e. Me­ru­pa­kan di­a­log an­tara dok­ter de­ngan pa­sien dan pa­sangan/ke­lu­arga di­da­sari ke­ter­bu­kaan akal pi­kiran, de­ngan ben­tuk bi­ro­kra­ti­sasi pe­nan­da­ta­nganan for­mu­lir.

f. In­for­med con­sent ber­arti per­nya­taan ke­se­di­aan atau per­nya­taan pe­no­lakan se­te­lah men­da­pat in­for­masi se­cu­kup­nya se­hingga yang di­beri in­for­masi su­dah cu­kup meng­erti akan se­gala aki­bat dari tin­dakan yang akan di­la­ku­kan ter­ha­dap­nya se­be­lum ia meng­am­bil ke­pu­tusan.

g. Ber­pe­ran da­lam men­ce­gah kon­flik etik te­tapi ti­dak meng­a­tasi ma­sa­lah etik, tun­tutan, pada in­ti­nya ada­lah dok­ter ha­rus ber­buat yang ter­baik bagi pa­sien atau klien.

Re­fe­rensi

a. Ali, M. Sidi. I. P. S. Ko­mu­ni­kasi Efek­tif Dokter-​Pasien. Ja­karta: Kon­sil Ke­dok­teran In­do­ne­sia. 2006.

b. Ame­ri­can Me­di­cal As­so­ci­a­tion. 2013. http://www.ama-​assn.org. Di­ak­ses pada tang­gal 30 Juli 2013.