Lewati ke konten utama

Edu­kasi In­di­vidu Dan Ke­lom­pok

Edu­kasi ada­lah upaya un­tuk mem­be­ri­kan in­for­masi dan pe­ma­haman ke­pada pa­sien, ke­lu­arga dan ma­sya­ra­kat agar mem­pu­nyai pan­dangan, si­kap, dan pe­ri­laku yang le­bih se­hat.

a. Mem­buka sesi de­ngan me­nyapa pe­serta (mem­ba­ngun sam­bung rasa)

b. Mem­per­ke­nal­kan diri dan me­nyam­pai­kan tu­juan edu­kasi

c. Me­nyam­pai­kan waktu edu­kasi dan ka­pan per­ta­nyaan bo­leh di­a­ju­kan

d. Me­nyam­pai­kan ma­teri edu­kasi se­cara ring­kas, pa­dat, dan meng­gu­na­kan ba­hasa yang se­der­hana

e. Apa­bila di­per­lu­kan da­pat meng­gu­na­kan alat bantu dan me­dia yang se­suai tu­juan edu­kasi

f. Be­be­rapa kali me­nge­cek pe­ma­haman pe­serta

g. Mem­be­ri­kan ke­sem­patan ke­pada pe­serta un­tuk meng­a­ju­kan per­ta­nyaan

h. Me­nyam­pai­kan ke­sim­pulan & pe­nu­tup Se­ba­gai edu­ka­tor yang baik, di­ha­rap­kan:

a. Mampu men­ja­lin in­ter­aksi yang baik de­ngan pe­serta se­lama pro­ses ber­lang­sung

b. Pe­ngu­a­saan ma­teri de­ngan baik

c. Eks­presi wa­jah (se­nyum, kon­tak mata), ba­hasa tu­buh dan gerak-​gerik se­suai

d. Vo­lume dan In­to­nasi su­ara cu­kup

e. Peng­gu­naan ba­hasa yang se­suai de­ngan pe­serta