Lewati ke konten utama

Pe­ni­laian Ke­sa­daran

Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan pe­me­rik­saan: Me­la­ku­kan pe­ni­laian ke­sa­daran Alat dan ba­han: -

Tek­nik Pe­me­rik­saan

Pe­ni­laian Ke­sa­daran se­cara Ku­a­li­ta­tif A (Alert): pa­sien sa­dar

V (Ver­bal): pen­de­rita be­re­aksi ter­ha­dap rang­sang bu­nyi P (Pain): pen­de­rita be­re­aksi ter­ha­dap rang­sang nyeri

U (Un­res­pon­sive): pen­de­rita ti­dak be­re­aksi Pe­ni­laian Ke­sa­daran se­cara Ku­an­ti­ta­tif

La­ku­kan pe­ni­laian ke­sa­daran pa­sien se­cara ku­an­ti­ta­tif de­ngan meng­gu­na­kan skala koma glas­gow (GCS) yang ter­diri dari:

Eye (mata)

a. Ni­lai apa­kah pa­sien da­pat mem­buka mata se­cara spon­tan.

b. Bila mata pa­sien ter­tu­tup, pang­gil na­ma­nya dan minta ia mem­buka mata.

c. Bila pa­sien ti­dak me­res­pon, rang­sang de­ngan nyeri (da­pat di­la­ku­kan de­ngan me­ne­kan da­e­rah ster­num).

d. Ni­lai skor­nya.

Mo­ve­ment (ge­rakan)

a. Ber­i­kan pa­sien pe­rin­tah un­tuk meng­ang­kat ta­ngan atau ka­kinya.

b. Bila pa­sien ti­dak be­res­pon, gu­na­kan rang­sangan nyeri un­tuk me­ni­lai res­pon ge­rakan pa­sien.

c. Ni­lai skor­nya.

Ver­bal

a. Minta pa­sien me­nye­but­kan nama atau ke­ber­a­da­an­nya saat ini.

b. Bila pa­sien ti­dak me­res­pon, saat pe­me­iksa mem­be­rik­san rang­sangan nyeri, ni­lai res­pon ver­bal pa­sien.

c. Ni­lai skor­nya. Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan

Pe­ni­laian ting­kat ke­sa­daran de­ngan skala koma Glas­gow (GCS):

Eye (mata)

a. Mem­buka mata se­cara spon­tan tanpa rang­sangan :4
b. Mem­buka mata se­te­lah di­per­in­tah­kan :3
c. Mem­buka mata se­te­lah di­be­r­i­kan rang­sangan nyeri :2
d. Ti­dak mem­buka mata de­ngan rang­sangan nyeri :Mo­ve­ment (ge­rakan)1
e.Da­pat ber­ge­rak meng­i­kuti pe­rin­tah pe­me­riksa :6
f.Da­pat me­lo­ka­li­sir nyeri (men­de­kati arah rang­sangan):5
g.Me­la­ku­kan ge­rakan meng­hin­dar saat di­beri
rang­sangan nyeri :4
h.Fleksi ab­nor­mal le­ngan atau tung­kai saat di­beri
rang­sangan nyeri :3
i.Eks­tensi ab­nor­mal le­ngan atau tung­kai saat di­beri
rang­sangan nyeri (de­kor­ti­kasi) :2
j.Ti­dak ada res­pon mo­to­rik saat di­beri rang­sangan
nyeri :1

Bila ada per­be­daan an­tara ka­nan dan kiri, gu­na­kan skor ter­baik. Ver­bal

a. Da­pat men­ja­wab per­ta­nyaan pe­me­riksa de­ngan be­nar :5
b. Bi­ngung, mi­sal­nya ada­nya dis­o­ri­en­tasi waktu dan tem­pat :4
c. Ha­nya mampu me­nye­but­kan kata, se­perti “aduh” :3
d. Me­res­pon de­ngan erangan :2
e. Ti­dak ada res­pon ver­bal saat di­beri rang­sangan nyeri :1

Re­fe­rensi

a. Bi­ck­ley, LS & Szi­lagyi PG 2009, Ba­tes’ Gu­ide to Ph­y­si­cal Examination and His­tory Ta­king, 10th edn, Lip­pin­cott Wil­li­ams & Wil­kins, China.

b. Du­ij­n­ho­ven & Belle 2009, Skills in Me­di­cine: The Pul­mo­nary Examination.