Lewati ke konten utama

Pe­ni­laian Sta­tus Gizi Anak

Ting­kat Ke­te­ram­pilan: 4A

Tu­juan pe­me­rik­saan: Me­la­ku­kan pe­ni­laian sta­tus gizi pada anak

Alat dan ba­han

  1. Sta­ture me­ter atau ne­o­na­tal sta­di­o­me­ter

  2. Me­teran kain

  3. Tim­bangan atau baby scale

  4. Pita LILA

  5. Ta­bel BB dan TB WHO se­suai je­nis ke­la­min dan usia anak

  6. Ta­bel LILA se­suai je­nis ke­la­min dan usia anak

  7. Kal­ku­la­tor Tek­nik Pe­me­rik­saan

  8. Je­las­kan ke­pada ibu pa­sien atau wali me­nge­nai je­nis dan pro­se­dur pe­me­rik­saan yang di­la­ku­kan.

  9. Ukur  pan­jang/tinggi  ba­dan  anak  de­ngan  meng­gu­na­kan

ne­o­na­tal sta­di­o­me­ter/ me­teran se­suai usia pa­sien. Apa­bila pe­me­riksa meng­gu­na­kan ne­o­na­tal sta­di­o­me­ter:

a) Ba­ring­kan anak di atas ne­o­na­tal sta­di­o­me­ter.

b) Minta orang tua atau asis­ten un­tuk me­me­gang ke­pala bayi agar ti­dak ber­ge­rak.

c) Ren­tang­kan kaki hingga lu­rus sem­purna.

d) Ukur pan­jang ba­dan di­mu­lai dari ujung kaki ke ke­pala.

e) La­ku­kan peng­u­kuran se­ba­nyak 3 kali dan di­am­bil rata-​rata un­tuk men­da­pat­kan ha­sil yang aku­rat.

Apa­bila pe­me­riksa meng­gu­na­kan me­teran:

a) Tem­pat­kan me­teran pada din­ding.

b) Minta pa­sien ber­diri te­gak de­ngan tu­mit me­nem­pel pada lan­tai dan pan­dangan lu­rus ke­de­pan.

c) Ukur tinggi ba­dan pa­sien dan mata pe­me­riksa ha­rus se­ja­jar atau le­bih tinggi dari tinggi ba­dan pa­sien, ke­mu­dian ca­tat ha­sil­nya.

  1. Pe­takan tinggi ba­dan pa­sien pada kurva tinggi ba­dan se­suai je­nis ke­la­min dan usia.

  2. Ukur ra­sio tinggi ba­dan me­nu­rut tinggi ba­dan ideal se­suai usia.

TB (%) = TB te­ru­kur saat itu x 100% U TB stan­dar se­suai usia

  1. Ukur be­rat ba­dan pa­sien meng­gu­na­kan tim­bangan/baby scale se­suai usia pa­sien.

Apa­bila pe­me­rik­saan meng­gu­na­kan baby scale:

a) Se­be­lum pa­sien di­tem­pat­kan di atas baby scale, le­tak­kan di tem­pat da­tar dan di­ka­lib­rasi di ti­tik nol.

b) Minta orang tua un­tuk me­le­pas ja­ket dan po­pok se­kali pa­kai pa­sien. Ide­al­nya pada pe­me­rik­saan ini, bayi ti­dak me­nge­na­kan pa­kaian.

c) Tem­pat­kan bayi di atas baby scale.

d) Ukur be­rat ba­dan bayi dan ca­tat ha­sil­nya.

Apa­bila pe­me­rik­saan di­la­ku­kan meng­gu­na­kan tim­bangan.

a) Minta pa­sien un­tuk me­nge­na­kan pa­kaian se­mi­ni­mal mung­kin de­ngan me­le­pas alas kaki, ja­ket atau tas yang da­pat mem­pe­nga­ruhi ha­sil peng­u­kuran.

b) Minta pa­sien naik ke atas tim­bangan. Po­sisi tu­buh ber­diri te­gak, pan­dangan lu­rus ke de­pan.

c) Ukur be­rat ba­dan anak dan ca­tat ha­sil­nya.

  1. Pe­takan be­rat ba­dan pa­sien pada kurva be­rat ba­dan se­suai je­nis ke­la­min dan usia.

  2. Ukur ra­sio be­rat ba­dan me­nu­rut tinggi ba­dan:

BB (%) = BB te­ru­kur saat itu x 100% TB BB stan­dar se­suai un­tuk TB te­ru­kur

  1. Ukur ling­kar le­ngan atas pa­sien de­ngan meng­gu­na­kan pita LILA.

Cara peng­u­kuran ya­itu:

a) Ten­tukan le­tak ak­ro­mion dan olec­ranon pada le­ngan yang ti­dak ak­tif da­lam po­sisi le­ngan dif­lek­si­kan

b) Un­tuk peng­u­kuran ini am­bil di­a­me­ter le­ngan ter­be­sar.

  1. Pe­takan LILA pa­sien ter­ha­dap umur pada ta­bel.

  2. Do­ku­men­tasi ha­rus men­ca­kup tang­gal ha­sil pe­me­rik­saan.

  3. In­ter­pre­ta­si­kan ha­sil yang di­da­pat­kan. Cara Meng­gu­na­kan Gra­fik Per­tum­buhan Who

  4. Ten­tukan umur, pan­jang ba­dan (anak di ba­wah 2 ta­hun)/tinggi ba­dan (anak di atas 2 ta­hun), dan be­rat ba­dan.

  5. Ten­tukan angka yang ber­ada pada ga­ris hori­son­tal/men­da­tar pada kurva. Ga­ris hori­son­tal pada be­be­rapa kurva per­tum­buhan WHO meng­gam­bar­kan umur dan pan­jang/tinggi ba­dan.

  6. Ten­tukan angka yang ber­ada pada ga­ris ver­ti­kal/lu­rus pada kurva. Ga­ris ver­ti­kal pada kurva per­tum­buhan WHO meng­gam­bar­kan pan­jang/be­rat ba­dan, umur, dan IMT.

  7. Hu­bung­kan angka pada ga­ris hori­son­tal de­ngan angka pada ga­ris ver­ti­kal hingga men­da­pat ti­tik temu (plot­ted point). Ti­tik temu ini me­ru­pa­kan gam­baran per­kem­bangan anak ber­da­sar­kan kurva per­tum­buhan WHO.

Cara Meng­in­ter­pre­ta­si­kan Kurva Per­tum­buhan Who

  1. Ga­ris 0 pada kurva per­tum­buhan WHO meng­gam­bar­kan me­dian, atau rata-​rata

  2. Ga­ris yang lain di­na­ma­kan ga­ris z-​score. Pada kurva per­tum­buhan WHO ga­ris ini di­beri angka po­si­tif (1, 2, 3) atau ne­ga­tif (-1, -2, -3). Ti­tik temu yang ber­ada jauh dari ga­ris me­dian meng­gam­bar­kan ma­sa­lah per­tum­buhan.

  3. Ti­tik temu yang ber­ada an­tara ga­ris z-​score -2 dan -3 di­ar­ti­kan di ba­wah -2.

  4. Ti­tik temu yang ber­ada an­tara ga­ris z-​score 2 dan 3 di­ar­ti­kan di atas 2.

  5. Un­tuk meng­in­ter­pre­ta­si­kan arti ti­tik temu ini pada kurva per­tum­buhan WHO da­pat meng­gu­na­kan ta­bel ber­i­kut ini.

Ta­bel 1. Kurva per­tum­buhan ber­da­sar­kan WHO

Ca­tatan:

  1. Anak da­lam ke­lom­pok ini ber­per­a­wakan tu­buh tinggi. Hal ini ma­sih ti­dak nor­mal. Sing­kir­kan ke­la­inan hor­mo­nal se­ba­gai pe­nye­bab per­a­wakan tinggi.

  2. Anak da­lam ke­lom­pok ini mung­kin me­mi­liki ma­sa­lah per­tum­buhan tapi le­bih baik jika di­u­kur meng­gu­na­kan per­ban­dingan be­rat ba­dan ter­ha­dap pan­jang/ tinggi atau IMT ter­ha­dap umur.

  3. Ti­tik plot yang ber­ada di atas angka 1 me­nun­juk­kan be­ri­siko gizi le­bih. Jika ma­kin meng­a­rah ke ga­ris Z-​skor 2 ri­siko gizi le­bih ma­kin me­ning­kat.

  4. Mung­kin un­tuk anak de­ngan per­a­wakan pen­dek atau sa­ngat pen­dek me­mi­liki gizi le­bih.

  5. Hal ini me­ru­juk pada gizi sa­ngat ku­rang da­lam mo­dul pe­la­tihan IMCI (In­teg­ra­ted Ma­na­ge­ment of Chil­dhood Ill­ness in-​service tra­i­ning. WHO, Ge­neva, 1997).

Ana­li­sis Ha­sil Pe­me­rik­saan Pe­me­rik­saan Tinggi Ba­dan

Tinggi ba­dan di­pe­takan pada kurva:

  1. Laki-​laki

Gra­fik 1. Pan­jang ba­dan dan usia pada 0-6 bu­lan

Gra­fik 2. Pan­jang ba­dan dan usia pada 6 bulan-​2 ta­hun

Gra­fik 3. Pan­jang ba­dan dan usia pada 0-2 ta­hun

Gra­fik 4. Pan­jang ba­dan dan usia pada 0-5 ta­hun

Gra­fik 5. Tinggi ba­dan dan usia pada 2-5 ta­hun

  1. Pe­rem­puan

Gra­fik 6. Pan­jang ba­dan dan usia pada 0-6 bu­lan

Gra­fik 7. Pan­jang ba­dan dan usia pada 6 bulan-​2 ta­hun

Gra­fik 8. Pan­jang ba­dan dan usia pada 0-2 ta­hun

Gra­fik 9. Pan­jang ba­dan dan usia pada 0-5 ta­hun

Gra­fik 10. Tinggi ba­dan dan usia pada 2-5 ta­hun

In­ter­pre­tasi ha­sil peng­u­kuran TB/TB se­suai usia (%):

a. 90-110% : baik/nor­mal

b. 70-89% : tinggi ku­rang

c. < 70% : tinngi sa­ngat ku­rang Pe­me­rik­saan Be­rat Ba­dan

Pe­ni­laian sta­tus gizi ber­da­sar­kan pre­sen­tase TB/BB:

a. > 120% : obe­si­tas

b. 110 - 120% : gizi le­bih

c. 90 – 110% : nor­mal

d. 70 – 90% : gizi ku­rang

e. 70% : gizi bu­ruk

Pe­ni­laian sta­tus gizi ber­da­sar­kan LILA

Ta­bel 2. Ling­kar le­ngan atas ber­da­sar­kan usia (pe­rem­puan)

Ta­bel 3. Ling­kar le­ngan atas ber­da­sar­kan usia (laki-​laki)

Re­fe­rensi

World He­alth Or­ga­ni­zation.

Ma­ton­dang cs, Wa­hi­di­yat I, Sas­tro­as­moro S. Di­ag­no­sis Fi­sis pada Anak. Ed 2. Ja­karta: Sa­gung Seto, 2000; p32-34.