Lewati ke konten utama

Pan­duan Ke­te­ram­pilan Kli­nis

La­tar Be­la­kang

Mem­per­o­leh pe­la­yanan ke­se­hatan yang ber­mutu me­ru­pa­kan hak se­tiap warga ne­gara yang ha­rus di­ha­dir­kan oleh ne­gara ber­da­sar­kan ama­nah Undang-​Undang Da­sar 1945. Da­lam rangka me­wu­jud­kan pe­la­yanan ke­se­hatan yang ber­mutu, se­lain sa­rana pra­sa­rana yang me­ma­dai fak­tor sum­ber daya ma­nu­sia ke­se­hatan me­ru­pa­kan fak­tor utama. Da­lam upaya meng­ha­dir­kan sum­ber daya ke­se­hatan yang ber­mutu, Pe­me­rin­tah ber­ko­or­di­nasi de­ngan or­ga­ni­sasi pro­fesi. Bagi dok­ter, or­ga­ni­sasi pro­fesi yang di­a­kui ada­lah Ikatan Dok­ter In­do­ne­sia (IDI) yang di da­lam­nya ter­da­pat se­jum­lah per­him­punan pro­fesi ber­da­sar­kan je­nis spe­si­a­li­sa­si­nya.

Pa­sal 24 ayat (1) Undang-​undang No­mor 36 Ta­hun 2009 ten­tang Ke­se­hatan me­nye­but­kan bahwa "Te­naga ke­se­hatan ha­rus me­me­nuhi ke­ten­tuan kode etik, stan­dar pro­fesi, hak peng­guna pe­la­yanan ke­se­hatan, stan­dar pe­la­yanan, dan stan­dar pro­se­dur ope­ra­si­o­nal". Da­lam Prak­tik ke­dok­teran, hal yang sama juga te­lah di­te­tap­kan da­lam Pa­sal 44 ayat (1) Undang-​undang No­mor 29 Ta­hun 2004 ten­tang Prak­tik Ke­dok­teran, bahwa "Dok­ter atau dok­ter gigi da­lam me­nye­leng­ga­ra­kan prak­tik ke­dok­teran wa­jib meng­i­kuti stan­dar pe­la­yanan ke­dok­teran atau ke­dok­teran gigi". Pen­je­lasan pa­sal ter­se­but me­ne­rang­kan bahwa stan­dar pe­la­yanan di­su­sun oleh or­ga­ni­sasi pro­fesi na­mun ha­rus di­te­tap­kan da­lam Per­a­turan Men­teri.

Stan­dar pe­la­yanan ke­dok­teran ha­rus juga meng­acu ke­pada stan­dar kom­pe­tensi yang di­su­sun oleh masing-​masing per­him­punan pro­fesi yang ter­da­pat di IDI. Stan­dar kom­pe­tensi dan stan­dar pe­la­yanan dok­ter di fa­si­li­tas pe­la­yanan ting­kat per­tama di­su­sun oleh Per­him­punan Dok­ter Pe­la­yanan Pri­mer (PDPP) yang ter­diri dari Per­him­punan Dok­ter Ke­lu­arga In­do­ne­sia (PDKI) dan Per­him­punan Dok­ter Umum In­do­ne­sia (PDUI). Di­ha­rap­kan se­lu­ruh pe­la­yanan ke­dok­teran di fa­si­li­tas ke­se­hatan pe­la­yanan ting­kat per­tama da­pat meng­acu ke­pada stan­dar ini, wa­lau­pun fak­tor ke­si­apan sum­ber daya ma­nu­sia, sa­rana pra­sa­rana, serta kon­disi di masing-​masing da­e­rah sa­ngat me­nen­tu­kan pe­ne­rapan stan­dar.

Tu­juan

Buku pan­duan ke­te­ram­pilan kli­nis dok­ter di fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan ting­kat per­tama ber­tu­juan un­tuk men­jadi acuan da­lam me­la­ku­kan ke­te­ram­pilan kli­nis yang ter­stan­dar se­suai kom­pe­tensi dok­ter, se­hingga ku­a­li­tas pe­la­yanan ke­dok­teran yang di­be­r­i­kan da­pat me­ning­kat.

Sa­saran

Sa­saran buku Pan­duan Ke­te­ram­pilan Kli­nik di fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan ting­kat per­tama ada­lah se­lu­ruh dok­ter yang mem­be­ri­kan pe­la­yanan ke­se­hatan di ting­kat per­tama. Fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan ti­dak ter­ba­tas pada fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan mi­lik Pe­me­rin­tah, Pe­me­rin­tah Da­e­rah, na­mun di­te­rap­kan juga pada fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan mi­lik swasta.

Ru­ang Ling­kup

Da­lam pe­ne­rapan Pan­duan Ke­te­ram­pilan Kli­nis dok­ter di fa­si­li­tas pe­la­yanan  ke­se­hatan  ting­kat  per­tama  se­ba­gai  ba­gian  dari  stan­dar pe­la­yanan, di­ha­rap­kan pe­ran serta ak­tif se­lu­ruh pe­mangku ke­bi­jakan ke­se­hatan un­tuk mem­bina dan meng­a­wasi pe­ne­rapan stan­dar pe­la­yanan yang baik guna me­wu­jud­kan mutu pe­la­yanan yang ter­baik bagi ma­sya­ra­kat. Ada­pun pe­mangku ke­bi­jakan ke­se­hatan yang ber­pe­ran da­lam pe­ne­rapan stan­dar pe­la­yanan ini ada­lah:

  1. Ke­men­te­rian Ke­se­hatan, se­ba­gai re­gu­la­tor di sek­tor ke­se­hatan. Me­nge­lu­ar­kan ke­bi­jakan na­si­o­nal dan per­a­turan ter­kait guna men­du­kung pe­ne­rapan pe­la­yanan se­suai stan­dar. Se­lain dari itu, de­ngan upaya pe­me­ra­taan fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan dan ku­a­li­tas pe­la­yanan, di­ha­rap­kan stan­dar ini da­pat di­te­rap­kan di se­lu­ruh In­do­ne­sia.

  2. Ikatan Dok­ter In­do­ne­sia, se­ba­gai satu-​satunya or­ga­ni­sasi pro­fesi dok­ter, ter­ma­suk di da­lam­nya pe­ranan IDI Ca­bang dan IDI Wi­la­yah, serta per­him­punan dok­ter la­yanan pri­mer dan spe­si­a­lis ter­kait. Pem­bi­naan dan peng­a­wasan da­lam as­pek pro­fesi ter­ma­suk di da­lam­nya stan­dar etik men­jadi ujung tom­bak pe­ne­rapan stan­dar yang ter­baik.

  3. Di­nas Ke­se­hatan Pro­vinsi ma­u­pun Di­nas Ke­se­hatan Ka­bu­pa­ten/Kota, se­ba­gai pe­nang­gung­ja­wab urusan ke­se­hatan pada ting­kat da­e­rah.

  4. Or­ga­ni­sasi pro­fesi ke­se­hatan la­in­nya se­perti Per­sa­tuan Dok­ter Gigi In­do­ne­sia (PDGI), Per­sa­tuan Pe­ra­wat Na­si­o­nal In­do­ne­sia (PPNI), Ikatan Bi­dan In­do­ne­sia (IBI), Ikatan Apo­te­ker In­do­ne­sia (IAI), Ikatan Ahli Ke­se­hatan Ma­sya­ra­kat In­do­ne­sia (IAKMI) serta or­ga­ni­sasi pro­fesi ke­se­hatan la­in­nya. Ke­ber­a­daan te­naga ke­se­hatan lain sa­ngat men­du­kung ter­wu­jud­nya pe­la­yanan ke­se­hatan ter­padu.

Si­ner­gi­si­tas se­lu­ruh sta­ke­h­ol­der ke­se­hatan men­jadi kunci ke­ber­ha­silan pe­ne­rapan Pan­duan Ke­te­ram­pilan Kli­nik Dok­ter di fa­si­li­tas pe­la­yanan ke­se­hatan ting­kat per­tama.