Lewati ke konten utama

STRA­TEGI KO­MU­NI­KASI, IN­FOR­MASI, DAN EDU­KASI

Stra­tegi ko­mu­ni­kasi yang efek­tif me­ru­pa­kan sa­lah satu kunci ke­ber­ha­silan da­lam pe­lak­sa­naan prog­ram Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis (PKG) Hari Ulang Ta­hun. Pen­de­katan di­la­ku­kan se­cara ter­in­teg­rasi dan ber­ba­sis pada iden­ti­fi­kasi per­ma­sa­lahan ko­mu­ni­kasi yang mun­cul dan pe­ma­haman ke­bu­tuhan ma­sya­ra­kat. Dari ka­jian yang di­la­ku­kan dan re­fe­rensi dari prog­ram ke­se­hatan pada umum­nya, di­te­mu­kan tantangan-​tantangan, an­tara lain ma­sya­ra­kat ma­sih ada yang be­lum me­nge­ta­hui ada­nya prog­ram ter­se­but, ma­sya­ra­kat me­rasa bahwa pe­me­rik­saan ke­se­hatan ma­hal, ma­sya­ra­kat ti­dak me­li­hat man­faat dan pen­ting­nya pe­me­rik­saan ke­se­hatan ka­rena me­rasa se­hat, ma­sya­ra­kat me­rasa cu­kup se­hat dan ti­dak perlu me­la­ku­kan pe­me­rik­saan ke­se­hatan, ma­sya­ra­kat me­rasa ce­mas atau ta­kut akan ha­sil pe­me­rik­saan.

Ko­mu­ni­kasi di­la­ku­kan de­ngan ber­ba­gai pen­de­katan atau me­tode se­perti ko­mu­ni­kasi massa, ko­mu­ni­kasi an­tar pri­badi dan ko­mu­ni­kasi per­u­bahan pe­ri­laku. Ko­mu­ni­kasi, in­for­masi dan edu­kasi yang di­la­ku­kan de­ngan pe­ne­tapan tu­juan yang te­pat, pe­me­taan kha­la­yak yang se­suai, pe­man­fa­atan ber­ba­gai sa­luran ko­mu­ni­kasi yang adap­tif, pem­bu­atan pe­san yang mu­dah di­pa­hami masing-​masing sa­saran hingga eva­lu­asi, se­hingga di­ha­rap­kan da­pat mem­be­ri­kan pe­ma­haman dan mampu meng­u­bah pe­ri­laku ma­sya­ra­kat.

Tu­juan

  1. Ma­sya­ra­kat meng­ak­ses la­yanan PKG Hari Ulang Ta­hun
  2. Ma­sya­ra­kat me­la­ku­kan tin­dak lan­jut ha­sil PKG Hari Ulang Ta­hun

Sa­saran Edu­kasi

  1. Sa­saran edu­kasi un­tuk pe­me­rik­saan ke­se­hatan bayi, ba­lita dan anak pra se­ko­lah ada­lah orang tua, wali, peng­a­suh, ka­kek/ne­nek, to­koh agama, to­koh ma­sya­ra­kat
  2. Sa­saran edu­kasi un­tuk pe­me­rik­saan ke­se­hatan de­wasa ada­lah te­man se­baya, orang tua, in­flu­en­cer, to­koh agama, to­koh ma­sya­ra­kat
  3. Sa­saran edu­kasi un­tuk pe­me­rik­saan ke­se­hatan lan­jut usia ada­lah cucu, anak, te­man, in­flu­en­cer, to­koh agama, to­koh ma­sya­ra­kat

Ke­gi­atan Ko­mu­ni­kasi Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis

Da­lam rangka me­ning­kat­kan pe­nye­bar­lu­asan in­for­masi dan edu­kasi ter­kait Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun, perlu di­la­ku­kan be­be­rapa ke­gi­atan se­ba­gai ber­i­kut:

Di­nas Ke­se­hatan Pro­vinsi dan Ka­bu­pa­ten/kota

Ke­gi­atan edu­kasi dan pe­nye­bar­lu­asan in­for­masi oleh Di­nas Ke­se­hatan Pro­vinsi/Ka­bu­pa­ten/Kota da­pat di­la­ku­kan me­la­lui kam­pa­nye, se­mi­nar/we­bi­nar, pe­nye­bar­lu­asan in­for­masi pada me­dia pe­nyi­aran, me­dia on­line atau me­dia massa, peng­ge­rakan ma­sya­ra­kat, ko­mu­ni­tas dan mitra se­perti pada Car Free Day, dan lain sebagainya.

Pus­kes­mas:

Ta­bel 8.2 Ke­gi­atan Ko­mu­ni­kasi In­for­masi dan Edu­kasi di Pus­kes­mas

Tem­patDes­kripsiKo­mu­ni­ka­torDu­rasiMe­todeMe­dia
Pus­kes­masEdu­kasi ke­pada pa­sien me­la­lui kon­se­ling di ma­sing - ma­sing klas­terDok­ter/ Bi­dan/ Pe­ra­wat2 - 5 me­nitTa­tap muka in­di­vidu, KAPFl­yer edu­kasi info PKG, kit edu­kasi
Edu­kasi ke­pada pa­sien, pen­dam­pin/ peng­a­suh di ru­ang tungguPe­tu­gas Pro­mosi Ke­se­hatan5 - 10 me­nitEdu­kasi ke­lom­pok, KAPFl­yer, bro­sur, vi­deo
Po­syanduKon­se­lingKa­der3 - 5 me­nitEdu­kasi ke­lom­pok, KAPFl­yer edu­kasi info PKG, kit edu­kasi
Pe­nyu­luhan ke­lom­pokPe­tu­gas ke­se­hatan pus­kes­mas15 - 30 me­nitEdu­kasi ke­lom­pok, KAPFl­yer, bro­sur, vi­deo
Ke­las IbuEdu­kasi pe­me­rik­saa n ke­se­hatan gra­tis Hari Ulang Ta­hun di­la­ku­kan me­la­lui Ke­las Ibu Ha­mil atau Ke­las Ibu Ba­litaBi­dan atau pe­tu­gas ke­se­hatan pus­kes­mas la­in­nya15 - 20 me­nitEdu­kasi ke­lom­pok, KAPFl­yer edu­kasi info PKG, kit edu­kasi
WAG Pus­kes­mas (WAG Ibu Pan­dai)Edu­kasi pe­me­rik­saa n ke­se­hatan ter­u­tama un­tuk sa­saran bayi, ba­lita dan anak pra se­ko­lahPe­tu­gas pus­kes­masru­tinEdu­kasi ke­lom­pok (on­line)Fl­yer edu­kasi info PKG, vi­deo

Sa­luran Ko­mu­ni­kasi

Pe­mi­lihan sa­luran ko­mu­ni­kasi sa­ngat pen­ting un­tuk men­jang­kau ber­ba­gai ke­lom­pok sa­saran Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun. Ber­i­kut be­be­rapa sa­luran ko­mu­ni­kasi yang da­pat di­gu­na­kan:

Me­dia massa kon­ven­si­o­nal

Edu­kasi ten­tang Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun da­pat di­la­ku­kan me­la­lui be­be­rapa pi­lihan sa­luran me­dia massa kon­ven­si­o­nal se­perti te­le­visi, ra­dio atau me­dia ce­tak (su­rat ka­bar). Pe­mi­lihan sa­luran ko­mu­ni­kasi ini di­se­su­ai­kan de­ngan kon­disi spe­si­fik lo­kal sum­ber daya yang di­mi­liki ma­sing - ma­sing wi­la­yah. Se­ba­gai con­toh, un­tuk da­e­rah de­ngan ak­ses in­ter­net ter­ba­tas, pe­man­fa­atan ra­dio se­ba­gai sa­luran in­for­masi akan le­bih efek­tif.

Me­dia di­gi­tal

Edu­kasi ten­tang Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun da­pat di­la­ku­kan me­la­lui me­dia so­sial, ap­li­kasi pe­san ata­u­pun si­tus web­site resmi yang da­pat di­per­caya. Pe­mi­lihan sa­luran edu­kasi di­se­su­ai­kan de­ngan karak­te­ris­tik au­di­ens, sum­ber daya dan tu­juan edu­kasi.

Me­dia Ber­ba­yar (Paid Me­dia)

Sa­luran ko­mu­ni­kasi yang me­li­bat­kan pem­ba­yaran un­tuk me­nam­pil­kan pe­san ke­pada au­di­ens un­tuk me­ning­kat­kan vi­si­bi­li­tas dan men­jang­kau au­di­ens yang le­bih luas atau le­bih ter­seg­men­tasi. Da­lam kon­teks prog­ram Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun, me­dia ber­ba­yar da­pat di­gu­na­kan un­tuk me­na­rik per­ha­tian ma­sya­ra­kat yang le­bih be­sar dan meng­a­rah­kan me­reka un­tuk ikut PKG ulang ta­hun. Con­toh­nya ada­lah ik­lan te­le­visi atau ra­dio, ik­lan di me­dia ce­tak, ik­lan di me­dia so­sial atau ik­lan ik­lan di me­dia luar ru­ang.

Ker­ja­sama de­ngan Me­dia (Ear­ned Me­dia)

Sa­luran ko­mu­ni­kasi yang di­per­o­leh tanpa pem­ba­yaran lang­sung, bi­a­sa­nya me­la­lui hu­bungan me­dia. Ben­tuk pro­mosi Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun da­pat di­la­ku­kan me­la­lui pub­li­kasi me­dia be­rupa wa­wan­cara dan ar­ti­kel be­rita, li­putan oleh jur­na­lis atau tes­ti­moni ma­sya­ra­kat khu­sus­nya yang te­lah me­la­ku­kan Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun

Me­dia yang se­bar­lu­as­kan (Sha­red Me­dia)

Sa­luran ko­mu­ni­kasi yang ber­fo­kus pada in­ter­aksi dan ko­la­bo­rasi de­ngan au­di­ens atau pi­hak lain. Hal ini di­la­ku­kan me­la­lui pe­nye­bar­lu­asan kon­ten Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun yang di­ba­gi­kan oleh ma­sya­ra­kat atau or­ga­ni­sasi me­la­lui me­dia so­sial dan plat­form la­in­nya. Un­tuk me­nye­bar­lu­as­kan in­for­masi, da­pat me­man­fa­at­kan plat­form me­dia so­sial resmi, baik mi­lik Ke­men­te­rian Ke­se­hatan, pe­me­rin­tah da­e­rah atau lin­tas Ke­men­te­rian/Lem­baga ter­kait un­tuk meng­am­pli­fi­kasi na­rasi tung­gal Prog­ram Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun.

Me­dia Mi­lik Sen­diri (Ow­ned Me­dia)

Pe­nye­bar­lu­asan in­for­masi ten­tang Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun da­pat di­la­ku­kan me­la­lui me­dia so­sial yang di­ke­lola dan di­mi­liki ma­sing - ma­sing pe­me­rin­tah da­e­rah (di­nas ke­se­hatan ata­u­pun pus­kes­mas). Se­ba­gai con­toh, pe­nye­bar­lu­asan in­for­masi ten­tang Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun da­pat di­la­ku­kan de­ngan me­man­fa­at­kan me­dia so­sial (In­sta­gram, Tik­tok, Fa­cebook, Yo­u­tube) pe­me­rin­tah da­e­rah atau di­nas ke­se­hatan atau pus­kes­mas.

Sa­luran ko­mu­ni­kasi ber­ba­sis ko­mu­ni­tas

Pe­nye­bar­lu­asan in­for­masi ten­tang Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis Hari Ulang Ta­hun juga da­pat di­la­ku­kan me­la­lui sa­luran ko­mu­ni­kasi ber­ba­sis ko­mu­ni­tas se­perti arisan RT/RW, ke­gi­atan ke­a­ga­maan, Dasa Wisma, Ka­rang Ta­runa, Ke­lom­pok Tani, ko­mu­ni­tas olah­raga dan lain sebagainya. Hal ini di­se­su­ai­kan de­ngan tu­juan ko­mu­ni­kasi, karak­te­ris­tik au­di­ens, sum­ber daya yang ada dan lain sebagainya.

Ta­hapan Edu­kasi Ke­se­hatan pada Pe­lak­sa­naan PKG Hari Ulang Ta­hun

Edu­kasi ke­se­hatan pada pe­lak­sa­naan Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis di­la­ku­kan oleh te­naga ke­se­hatan pe­lak­sana pe­me­rik­saan (dok­ter/pe­ra­wat/bi­dan/te­naga gizi/te­naga pro­mosi ke­se­hatan) da­lam tiga ta­hapan:

Se­be­lum pe­me­rik­saan

Edu­kasi yang di­la­ku­kan se­be­lum pe­me­rik­saan me­li­puti pen­je­lasan man­faat pe­me­rik­saan, alur pe­me­rik­saan dan per­se­tu­juan pe­me­rik­saa (in­for­med con­sent)

Saat pe­me­rik­saan

Edu­kasi yang di­la­ku­kan saat pe­me­rik­saan ada­lah me­nge­nai je­nis - je­nis pe­me­rik­saan, me­tode dan du­rasi pe­me­rik­saan

Se­te­lah pe­me­rik­saan

Edu­kasi yang di­la­ku­kan se­te­lah pe­me­rik­saan me­li­puti edu­kasi ha­sil pe­me­rik­saan dan upaya yang perlu di­la­ku­kan

Ben­tuk Ko­mu­ni­kasi

Ben­tuk ko­mu­ni­kasi un­tuk edu­kasi PKG Hari Ulang Ta­hun ha­rus da­pat di­sam­pai­kan de­ngan baik se­hingga pe­ne­rima edu­kasi/pa­sien/ma­sya­ra­kat me­ma­hami man­faat pe­me­rik­saan, alur pe­me­rik­saan, je­nis pe­me­rik­saan dan me­tode pe­me­rik­saan. Ben­tuk ko­mu­ni­kasi un­tuk edu­kasi pe­me­rik­saan ke­se­hatan da­pat di­la­ku­kan de­ngan ko­mu­ni­kasi pub­lik dan Ko­mu­ni­kasi An­tar Pri­badi (KAP) meng­gu­na­kan prin­sip se­ba­gai ber­i­kut :

Meng­in­for­ma­si­kan un­tuk mem­pe­nga­ruhi opini

Tu­juan ko­mu­ni­kasi pub­lik ada­lah un­tuk meng­in­for­ma­si­kan orang de­ngan bi­jak­sana. Ben­tuk ko­mu­ni­kasi pub­lik yang di­la­ku­kan akan mem­pe­nga­ruhi per­sepsi ma­sya­ra­kat serta me­ning­kat­kan pe­ma­haman pub­lik ma­sya­ra­kat.

Men­jang­kau kha­la­yak le­bih luas

Un­tuk men­jang­kau au­di­ens/ma­sya­ra­kat yang le­bih luas, ko­mu­ni­kasi pub­lik da­pat di­la­ku­kan de­ngan meng­gu­na­kan ber­ba­gai me­dia. Pe­man­fa­atan me­dia di­gi­tal (plat­form me­dia so­sial, me­dia massa on­line), me­dia elek­tro­nik (te­le­visi, ra­dio), me­dia luar ru­angan (span­duk, ba­liho), se­cara ber­sa­maan akan me­ning­kat­kan jang­kauan au­di­ens se­ka­li­gus se­ba­gai ben­tuk pe­ngu­atan pe­san.

Mem­ba­ngun Hu­bungan

Mem­ba­ngun hu­bungan da­lam ko­mu­ni­kasi dan edu­kasi da­pat di­la­ku­kan de­ngan mem­buka diri, mem­ba­ngun ke­per­ca­yaan, me­nun­juk­kan em­pati dan mem­be­ri­kan per­ha­tian ke­pada pa­sien/ma­sya­ra­kat.

Tek­nik mem­ba­ngun ke­ak­raban se­cara umum da­pat di­mu­lai de­ngan me­nyam­pai­kan sa­lam dan mem­per­ke­nal­kan diri. Se­lan­jut­nya me­nyam­pai­kan tu­juan pe­me­rik­saan dan mem­ba­ngun ke­ak­raban

Men­de­ngar­kan

Sa­ling men­de­ngar­kan an­tara pe­tu­gas ke­se­hatan dan pa­sien/ma­sya­ra­kat da­lam ko­mu­ni­kasi dan edu­kasi akan men­du­kung per­tu­karan in­for­masi yang je­las dan ter­buka. Prin­sip sa­ling men­de­ngar­kan ti­dak ha­nya me­ning­kat­kan efek­ti­vi­tas ko­mu­ni­kasi, te­tapi juga me­ngu­at­kan hu­bungan per­caya an­tara pe­tu­gas ke­se­hatan dan pa­sien/ma­sya­ra­kat, yang me­ru­pa­kan pon­dasi utama da­lam mem­be­ri­kan pe­la­yanan pe­me­rik­saan ke­se­hatan yang ber­ku­a­li­tas.

Prin­sip sa­ling men­de­ngar­kan ini akan sa­ngat pen­ting ke­tika me­nyam­pai­kan ma­teri edu­kasi agar pa­sien/ma­sya­ra­kat da­pat mem­be­ri­kan um­pan ba­lik ter­ha­dap dan pe­tu­gas da­pat me­mas­ti­kan ma­teri edu­kasi di­pa­hami de­ngan baik.

Me­ngunci ko­mit­men

Prin­sip kunci ko­mit­men da­lam ko­mu­ni­kasi an­tar pri­badi me­ru­juk pada te­kad dan de­di­kasi yang di­mi­liki da­lam mem­ba­ngun, me­me­li­hara, dan mem­per­kuat hu­bungan de­ngan orang lain.

Da­lam kon­teks pe­me­rik­saan ke­se­hatan, tek­nik yang da­pat di­la­ku­kan ada­lah meng­u­lang pe­san kunci, meng­uji de­ngan ke­ra­guan un­tuk me­ne­guh­kan ko­mit­men serta me­rin­ci­kan se­cara tek­nis pe­ri­laku yang di­ha­rap­kan.

Ko­mit­men ada­lah da­sar pen­ting da­lam men­cip­ta­kan hu­bungan yang sta­bil, sa­ling meng­hor­mati, dan ber­makna, ter­ma­suk an­tara pe­tu­gas ke­se­hatan dan pa­sien/ma­sya­ra­kat da­lam pe­lak­sa­naan pe­me­rik­saan ke­se­hatan.

Stra­tegi Ko­mu­ni­kasi Lan­jutan

Stra­tegi ko­mu­ni­kasi lan­jutan di­per­lu­kan un­tuk me­nya­sar ma­sya­ra­kat de­ngan kon­disi:

  1. Be­lum ber­ke­i­nginan me­la­ku­kan PKG Hari Ulang Ta­hun
  2. Ti­dak mau me­nin­dak­lan­juti ru­jukan ha­sil pe­me­rik­saan ke­se­hatan gra­tis

Stra­tegi ko­mu­ni­kasi lan­jutan da­pat di­te­rap­kan de­ngan cara :

  1. Pen­de­katan Per­so­nal

    1. Kon­se­ling: meng­a­da­kan sesi kon­se­ling agar pe­tu­gas pro­mosi ke­se­hatan pus­kes­mas da­pat men­de­ngar­kan ke­kha­wa­tiran dan per­ta­nyaan ma­sya­ra­kat se­cara lang­sung dan mem­be­ri­kan pen­je­lasan yang le­bih men­da­lam dan per­so­nal
    2. Dis­kusi Ke­lom­pok Ter­a­rah (DKT): di­la­ku­kan ke­pada ke­lom­pok ma­sya­ra­kat guna men­da­pat­kan te­muan ter­kait per­sepsi ma­sya­ra­kat ter­ha­dap pe­me­rik­saan ke­se­hatan gra­tis dan alasan yang men­da­sari un­tuk ti­dak me­la­ku­kan pe­me­rik­saan ke­se­hatan gra­tis
    3. Ce­rita Suk­ses: mem­ba­gi­kan ki­sah nyata ma­sya­ra­kat yang te­lah me­la­ku­kan Pe­me­rik­saan Ke­se­hatan Gra­tis dan man­faat yang me­reka ra­sa­kan, se­hingga ma­sya­ra­kat da­pat me­li­hat bukti nyata dan re­le­van
  2. Edu­kasi dan Pe­ning­katan Ke­sa­daran

    1. Edu­kasi ke­se­hatan me­la­lui Po­syandu, Ke­las Ibu Ha­mil dan Ke­las Ibu Ba­lita
    2. Edu­kasi Me­la­lui Ko­mu­ni­tas: meng­a­da­kan sesi edu­kasi di ko­mu­ni­tas, se­perti per­te­muan warga, tem­pat iba­dah, atau se­ko­lah, un­tuk mem­be­ri­kan in­for­masi me­nge­nai pen­ting­nya pe­me­rik­saan ke­se­hatan dan me­na­ngani mi­tos yang ada.
    3. Ma­teri Edu­ka­tif Kre­a­tif: Meng­gu­na­kan ber­ba­gai me­dia se­perti vi­deo pen­dek, in­fo­gra­fis, dan bro­sur yang mu­dah di­pa­hami un­tuk me­nyam­pai­kan in­for­masi ke­se­hatan de­ngan pen­de­katan bu­daya dan so­sial se­hingga le­bih re­le­van dan da­pat di­te­rima
  3. Li­te­rasi Di­gi­tal un­tuk Cegah-​Tangkal Ho­aks Ke­se­hatan

    Li­te­rasi di­gi­tal da­pat mem­be­ri­kan pe­nga­ruh be­sar da­lam pe­ngen­da­lian me­dia so­sial oleh ma­sya­ra­kat, se­hingga ma­sya­ra­kat da­pat le­bih me­ma­hami dan me­ngen­da­li­kan berita-​berita yang ber­e­dar. De­ngan be­gitu, ma­sya­ra­kat le­bih se­lek­tif da­lam me­ne­rima in­for­masi dan mampu meng­ha­dapi be­rita ho­aks ke­se­hatan, khu­sus­nya yang ter­kait pe­me­rik­saan ke­se­hatan agar ti­dak me­nim­bul­kan ke­re­sahan pub­lik.

  4. Pe­li­batan To­koh Ma­sya­ra­kat dan To­koh Agama

Du­kungan dari Pe­mim­pin Ko­mu­ni­tas: me­man­fa­at­kan pe­nga­ruh pe­mim­pin atau to­koh ma­sya­ra­kat atau to­koh agama yang dihor­mati un­tuk me­nyam­pai­kan pe­san pen­ting­nya pe­me­rik­saan ke­se­hatan.