Lewati ke konten utama

Ke­gi­atan

Ke­gi­atan da­lam klas­ter pe­nang­gu­langan pe­nya­kit me­nu­lar meng­acu pada upaya

  1. pen­ce­gahan,
  2. ke­was­pa­daan dini, dan
  3. res­pon.

Ke­tiga upaya ter­se­but da­lam pe­lak­sa­na­an­nya di­in­teg­ra­si­kan de­ngan ke­gi­atan klas­ter sik­lus hi­dup (klas­ter 2 dan 3) di­du­kung de­ngan la­bo­ra­to­rium.

Pe­nye­li­dikan Epi­de­mi­o­logi

Un­tuk me­mu­tus mata ran­tai pe­nu­laran, maka perlu di­la­ku­kan Pe­nye­li­dikan Epi­de­mi­o­logi (PE) yang ber­tu­juan un­tuk meng­am­bil dan me­ngum­pul­kan data dan in­for­masi ke­se­hatan dari po­pu­lasi ren­tan yang mung­kin ter­tu­lar serta tempat-​tempat yang di­duga se­ba­gai sum­ber pe­nu­laran pe­nya­kit. Oleh ka­rena itu di­per­lu­kan ko­or­di­nasi dan ko­la­bo­rasi ber­ba­gai pi­hak un­tuk me­mas­ti­kan ada­nya pem­ba­gian pe­ran, pe­me­taan dan pem­ba­gian sum­ber daya.

Pe­tu­gas ke­se­hatan yang me­la­ku­kan pe­nye­li­dikan epi­de­mi­o­logi pe­nya­kit me­nu­lar ha­rus mem­per­ha­ti­kan prinsip-​prinsip pe­nu­laran pe­nya­kit an­tara lain:

  1. masa in­ku­basi pe­nya­kit,
  2. cara pe­nu­laran pe­nya­kit,
  3. ge­jala dan tanda, serta
  4. upaya pen­ce­gahan/ per­lin­dungan diri se­perti:
    • meng­gu­na­kan alat pe­lin­dung diri (APD),
    • meng­gu­na­kan re­pel­lent,
    • in­ter­vensi ke­se­hatan ling­kungan dan lain-​lain.

Tin­dak lan­jut

Tin­dak lan­jut ha­sil dari pe­nye­li­dikan epi­de­mi­o­logi oleh pe­tu­gas klas­ter 4 ya­itu ta­ta­lak­sana kli­nis ka­sus dan sus­pek serta pem­be­rian te­rapi pen­ce­gahan pe­nya­kit me­nu­lar di­ta­ngani oleh pe­tu­gas klas­ter sik­lus hi­dup se­suai de­ngan SOP dan PPK masing-​masing pe­nya­kit. Pe­lak­sa­na­an­nya da­pat me­li­bat­kan klas­ter 4.

Pen­ca­tatan dan Pe­la­poran

Klas­ter 4 wa­jib me­la­ku­kan pen­ca­tatan dan pe­la­poran ka­sus Pe­nya­kit Me­nu­lar dan upaya pe­nang­gu­lang­an­nya. Jika ada in­di­kasi ter­ja­di­nya KLB/wa­bah/KKM maka perlu se­gera di­la­ku­kan ve­ri­fi­kasi dan wa­jib me­nyam­pai­kan la­poran selambat-​lambatnya da­lam waktu 1x24 jam. Da­lam hal ti­dak ada in­di­kasi ter­ja­di­nya KLB/wa­bah maka te­tap di­la­por­kan se­suai SOP.

contoh

Di ba­wah ini ada­lah sa­lah satu con­toh yang meng­gam­bar­kan ten­tang tin­dak lan­jut yang di­lak­sa­na­kan klas­ter 4 saat di­te­mu­kan ka­sus TBC pada klas­ter sik­lus hi­dup. Skri­ning, pe­ne­gakan di­ag­no­sis yang di­tun­jang oleh pe­me­rik­saan la­bo­ra­to­rium hingga tata lak­sana se­suai SOP yang te­lah di­lak­sa­na­kan oleh klas­ter sik­lus hi­dup akan di­tin­dak­lan­juti klas­ter 4 de­ngan ke­gi­atan:

  1. Me­man­tau dan meng­a­na­li­sis data PWS ter­kait be­ban pe­nya­kit dan ca­kupan pe­la­yanan TBC.

  2. Me­ren­ca­na­kan dan me­lak­sa­na­kan tin­dak lan­jut yang di­per­lu­kan, ya­itu:

    1. Be­kerja sama de­ngan Pustu se­ba­gai ja­ringan di ting­kat desa:
      1. Me­lak­sa­na­kan in­ves­ti­gasi kon­tak ter­ha­dap kon­tak se­ru­mah dan kon­tak erat ber­sama ka­der Po­syandu se­tem­pat.
      2. Pe­man­tauan mi­num obat
      3. Pe­la­cakan ka­sus pu­tus obat
      4. Pe­man­tauan fak­tor ri­siko la­in­nya
      5. edu­kasi ter­kait in­for­masi da­sar ten­tang TBC (cara pe­nu­laran, cara pen­ce­gahan, peng­o­batan, dan lain-​lain)
      6. In­ves­ti­gasi dan atau in­ter­vensi ku­a­li­tas ling­kungan (ru­mah ting­gal, sa­rana sa­ni­tasi dan air mi­num, hy­gi­ene per­o­rangan).
    2. Kun­jungan ru­mah oleh nakes/ka­der
      1. Pe­ne­muan ka­sus ak­tif de­ngan in­ves­ti­gasi kon­tak
      2. Peng­a­wasan mi­num obat
      3. Pe­la­cakan ka­sus pu­tus obat
      4. Pe­man­tauan fak­tor ri­siko la­in­nya
      5. edu­kasi ter­kait in­for­masi da­sar ter­kait TBC (cara pe­nu­laran, cara pen­ce­gahan, peng­o­batan, dan lain-​lain)
  3. Me­la­ku­kan pen­ca­tatan dan pe­la­poran ha­sil ke­gi­atan

  4. Mo­ni­to­ring dan eva­lu­asi pe­lak­sa­naan ke­gi­atan