Lewati ke konten utama

Sis­tem In­for­masi

Pus­kes­mas, Pustu, ke­gi­atan Po­syandu dan kun­jungan ru­mah meng­gu­na­kan sis­tem in­for­masi yang ter­stan­dar dan ter­in­teg­rasi ke Plat­form Satu Se­hat.

In­teg­rasi pe­la­yanan ke­se­hatan pri­mer perlu di­du­kung oleh Sis­tem In­for­masi yang mampu men­ja­min ke­ter­se­di­aan data dan in­for­masi pe­la­yanan Pus­kes­mas yang ter­in­teg­rasi de­ngan je­ja­ring­nya se­cara ce­pat, aku­rat, ter­kini, ber­ke­lan­jutan, dan da­pat di­per­tang­gung­ja­wab­kan.

Sis­tem in­for­masi ter­se­but me­ru­pa­kan ba­gian dari Sis­tem In­for­masi Ke­se­hatan yang me­li­puti re­kam me­dik, pen­ca­tatan dan pe­la­poran ke­gi­atan Pus­kes­mas dan ja­ring­an­nya, pen­ca­tatan dan pe­la­poran ke­u­angan Pus­kes­mas dan ja­ring­an­nya, la­poran je­ja­ring Pus­kes­mas di wi­la­yah ker­ja­nya, la­poran lin­tas sek­tor ter­kait, dan sur­vey la­pangan.

Sis­tem in­for­masi di­se­leng­ga­ra­kan se­cara elek­tro­nik ber­ba­sis web ma­u­pun mo­bile se­suai ke­ten­tuan yang ber­laku.

Dash­bo­ard si­tu­asi ke­se­hatan akan me­nam­pil­kan data ke­se­hatan pri­o­ri­tas yang ber­a­sal dari dari sis­tem in­for­masi yang di­gu­na­kan oleh Pus­kes­mas dan ja­ring­an­nya se­cara ter­padu.

Dash­bo­ard ter­se­but me­li­puti ca­kupan pe­la­yanan dan pola pe­nya­kit di wi­la­yah kerja Pus­kes­mas hingga ting­kat desa/ke­lu­rahan dan du­sun/RT/RW.

Pe­tu­gas di klas­ter 1 (Ma­na­je­men) ber­tang­gung ja­wab da­lam pe­nge­lo­laan sis­tem in­for­masi dan dash­bo­ard si­tu­asi ke­se­hatan.

Gam­bar 10. Ar­si­tek­tur Sis­tem Pen­ca­tatan Pe­la­yanan Ke­se­hatan Pri­mer

Da­lam im­ple­men­ta­si­nya di Pus­kes­mas, Pustu, ke­gi­atan Po­syandu dan kun­jungan ru­mah, maka pen­ca­tatan dan pe­la­poran akan meng­gu­na­kan sis­tem in­for­masi yang ter­stan­dar dan ter­in­teg­rasi ke Plat­form Satu Se­hat.

Sis­tem in­for­masi ter­se­but se­ba­gai ber­i­kut:

  1. La­yanan Da­lam Ge­dung (Pus­kes­mas, Pustu). Pen­ca­tatan la­yanan da­lam Ge­dung meng­gu­na­kan Sis­tem In­for­masi Pus­kes­mas (SIP/SIM­PUS) masing-​masing yang te­lah ada di Pus­kes­mas dan Pustu yang te­lah meng­i­kuti stan­dar in­te­ro­pe­ra­bi­li­tas plat­form Satu Se­hat.
  2. La­yanan Luar Ge­dung (Pus­kes­mas, Pustu, Ke­gi­atan Po­syandu, Kun­jungan Ru­mah). Pen­ca­tatan la­yanan luar ge­dung meng­gu­na­kan dua sis­tem in­for­masi ga­wai (mo­bile) yakni:
    1. Ap­li­kasi Se­hat In­do­ne­si­aKu (ASIK) oleh Te­naga Ke­se­hatan dan Ka­der Ke­se­hatan
    2. Ap­li­kasi Whats App (WA) oleh Ka­der

Apa­bila ada ap­li­kasi ber­ba­sis ga­wai (mo­bile) lain yang di­kem­bang­kan oleh pi­hak ke­tiga, maka da­pat di­gu­na­kan oleh Te­naga Ke­se­hatan atau Ka­der Ke­se­hatan apa­bila te­lah meng­i­kuti stan­dar in­te­ro­pe­ra­bi­li­tas Ke­men­te­rian Ke­se­hatan dan se­suai de­ngan ke­bu­tuhan prog­ram ILP.

Ha­sil pen­ca­tatan data dari Da­lam Ge­dung dan Luar Ge­dung yang ter­in­teg­rasi ke Plat­form Satu Se­hat da­pat di mo­ni­tor me­la­lui dash­bo­ard un­tuk pro­ses pe­man­tuan wi­la­yah se­tem­pat (PWS). Dash­bo­ard PWS mem­bantu Pus­kes­mas dan Pustu da­lam me­la­ku­kan in­ter­ven­si­in­ter­vensi Ke­se­hatan se­suai klas­ter la­yanan yang ada.

Ha­sil la­yanan di da­lam ge­dung dan luar ge­dung ber­ben­tuk re­kam me­dik elek­tro­nik, pro­mosi ke­se­hatan, no­ti­fi­kasi, lo­kasi fa­si­li­tas ke­se­hatan, dan prog­ram ke­se­hatan la­in­nya da­pat di per­o­leh ma­sya­ra­kat me­la­lui Ap­li­kasi Satu Se­hat Mo­bile.