Lewati ke konten utama

Ma­na­je­men Je­ja­ring dan In­teg­rasi Pe­la­yanan

Ker­ja­sama dan pem­bi­naan ke Pustu, FKTP lain, Po­syandu dan UKBM lain

Ma­na­je­men Je­ja­ring Pus­kes­mas

Da­lam rangka me­ning­kat­kan jang­kauan pe­la­yanan ke­pada se­lu­ruh ma­sya­ra­kat, Pus­kes­mas di­du­kung oleh sis­tem je­ja­ring di wi­la­yah­nya ya­itu:

  1. struk­tur je­ja­ring ber­ba­sis wi­la­yah ad­mi­nis­tra­tif;
  2. struk­tur je­ja­ring ber­ba­sis se­ko­lah;
  3. struk­tur je­ja­ring ber­ba­sis tem­pat kerja;
  4. struk­tur je­ja­ring sis­tem ru­jukan; dan
  5. struk­tur je­ja­ring lin­tas sek­tor

Ma­na­je­men sis­tem je­ja­ring Pus­kes­mas meng­i­kuti ma­na­je­men Pus­kes­mas dan ter­in­teg­rasi da­lam P1-P2-P3 Pus­kes­mas.

Ma­na­je­men sis­tem je­ja­ring Pus­kes­mas me­li­puti an­tara lain pe­nge­lo­laan in­teg­rasi pe­la­yanan Pus­kes­mas de­ngan Pustu dan Po­syandu serta je­ja­ring pe­la­yanan ke­se­hatan la­in­nya.

Pus­kes­mas ber­ke­wa­jiban

  1. Me­la­ku­kan pem­bi­naan tek­nis dan ad­mi­nis­trasi ter­ha­dap pe­la­yanan ke­se­hatan yang di­la­ku­kan oleh je­ja­ring
  2. Mem­ba­ngun ko­mit­men da­lam je­ja­ring pe­la­yanan ke­se­hatan, me­la­lui nota ke­se­pa­haman/Me­mo­ran­dum of Un­der­stan­ding/MoU atau Per­jan­jian Ker­ja­sama an­tara Pus­kes­mas dan je­ja­ring­nya yang di­fa­si­li­tasi oleh Di­nas Ke­se­hatan Ka­bu­pa­ten/Kota

Je­ja­ring Pus­kes­mas di­un­dang dan ha­dir da­lam lo­ka­karya mini pus­kes­mas

Pem­bi­naan tek­nis dan ad­mi­nis­trasi Pus­kes­mas ke­pada je­ja­ring di­lak­sa­na­kan me­laui 5 lang­kah ya­itu:

  1. pem­ben­tukan je­ja­ring pe­la­yanan ke­se­hatan;
  2. iden­ti­fi­kasi per­ma­sa­lahan pri­o­ri­tas;
  3. me­nyu­sun Ren­cana Tin­dak Lan­jut (RTL);
  4. im­ple­men­tasi in­teg­rasi ke da­lam pe­la­yanan ke­se­hatan; dan
  5. mo­ni­to­ring dan eva­lu­asi.

Ma­na­je­men in­teg­rasi pe­la­yanan

In­teg­rasi Pe­la­yanan di Pus­kes­mas, Pustu dan Po­syandu men­ca­kup pe­ren­ca­naan, pe­lak­sa­naan dan eva­lu­asi an­tara lain da­lam hal:

  1. Pe­me­nuhan sum­ber daya: sa­rana, pra­sa­rana, per­a­latan, obat dan BMHP, SDM, pen­da­naan (Din­kes, Pus­kes­mas, Pem­des, Dana Desa)
  2. Pe­me­nuhan kom­pe­tensi te­naga ke­se­hatan (Din­kes)
  3. Ma­na­je­men ka­der (Pem­des, TP-​PKK, Pus­kes­mas, Din­kes)
  4. Pe­nye­di­aan SOP pe­la­yanan dan ru­jukan (Pu­sat, Din­kes, Pus­kes­mas)
  5. Pe­lak­sa­naan pe­la­yanan se­suai stan­dar (Pus­kes­mas, Po­syandu, Pustu)
  6. Pen­ca­tatan dan pe­la­poran ke­gi­atan (Pus­kes­mas, Po­syandu, Pustu)
  7. Kerja sama dan pem­ba­gian pe­ran de­ngan sta­ke­h­ol­der ter­kait (Din­kes, Pus­kes­mas)

Gam­bar 9. Sis­tem Je­ja­ring Pe­la­yanan Ke­se­hatan Pri­mer